Comscore Tracker

10 Film Indonesia Arahan Sutradara Upi, Terbaru Sri Asih!

Upi andal sebagai sutradara perempuan dengan topik cadas

Perkenalkan, namanya Upi, lengkapnya Sartri Dania Sulfiati. Sutradara perempuan yang jago bikin film Indonesia dengan tema yang berkaitan dengan laki-laki, perkelahian, dan mafia ini sedang menunggu proyek besar, Sri Asih. Rumornya, film kedua dari Jagat Sinema Bumilangit ini bakal tayang tahun ini, nih.

Upi memang dekat dengan tema aksi. Jadi tidak kaget bila Upi dipercaya mampu mengadaptasi Sri Asih dari komik klasik Indonesia buatan RA. Kosasih. 

Selain Sri Asih, sudah banyak film Indonesia yang Upi arahkan dan semuanya memiliki predikat bagus. Disambut positif netizen, berikut rekomendasi film terbaiknya. 

1. 30 Hari Mencari Cinta (2004)

https://www.youtube.com/embed/ab9LL48USIU

30 Hari Mencari Cinta adalah film debut Upi duduk di bangku sutradara. Di sini, Upi tidak hanya mengarahkan pemain tapi juga turut serta menulis skenario.

30 Hari Mencari Cinta berkisah tentang tiga sahabat karib yang diperankan Dinna Olivia, Nirina Zubir, dan Maria Agnes dalam mencari pasangan hari selama sebulan. Di film ini, Sheila On 7 mengisi soundtrack dan menyumbang satu album berisi 10 tembang.

2. Realita, Cinta dan Rock'n Roll (2006)

https://www.youtube.com/embed/vtbvfU8T4sw

Dua tahun kemudian, karya Upi selanjutnya adalah Realita, Cinta dan Rock'n Roll. Film ini sempat diklaim berhasil dobrak industri perfilman Indonesia karena duet Vino-Herjunot Ali dan tema sensitif tentang ayah Ipang yang diperankan Vino G. Bastian.

Meski begitu, banyak kritikus film memberikan tanggapan yang positif pada film kedua Upi. Terlebih karena Upi selalu bisa mengulik karakter yang diangkat tentang bagaimana menyikapi dunia, cinta dan realitanya.

3. Radit dan Jani (2008)

10 Film Indonesia Arahan Sutradara Upi, Terbaru Sri Asih!cuplikan film Radit dan Jani (fareastfilm.com)

Radit dan Jani adalah film romansa yang berbeda dan unik ketimbang film cinta lainnya. Upi mengangkat pasangan bucin bernama Radit yang diperankan Vino G. Bastian dan Anjani yang diperankan Fahrani.

Mereka berdua nekat menikah di usia muda dengan latar belakang yang jauh dari kehidupan mapan. Tentu ini ditentang keluarga Anjani. Apalagi Radit adalah pengguna obat-obatan terlarang. Keluarga muda ini semakin tertekan saat tahu Anjani hamil. Radit berusaha keras menyanggupi dan menafkahi, layaknya calon bapak, agar anaknya nanti bisa mendapat masa depan yang cerah.

Radit dan Jani sukses mendapatkan penghargaan dari Indonesian Movie Awards, Festival Film Bandung, dan Festival Film Indonesia.

4. Serigala Terakhir (2009)

https://www.youtube.com/embed/wOmqwRUsVhI

Serigala Terakhir adalah film dengan tema mafia yang masih mendapat perhatian dari penggemar film Indonesia hingga kini. Tidak terhitung berapa seringnya Serigala Terakhir tayang di TV nasional meski rilisnya sudah sejak tahun 2009.

Serigala Terakhir kaya akan aktor bertalenta serta memesona, sebut saja seperti Vino G. Bastian, Al Fathir Muchtar, Reza Pahlevi, Abimana Aryasatya, Dion Wiyoko, Dallas Pratama, dan Ali Syakieb. Mereka memainkan peran mafia dari dunia hitam yang tak jauh dari kriminal. Tentu di dalam film ini dekat pula dengan aksi perkelahian dan persaingan.

5. Red Cobex (2010)

https://www.youtube.com/embed/jUTFR4VfwoE

Bila Serigala Terakhir adalah aksi para pria, Red Cobex adalah aksi para perempuan. Digawangi Tika Panggabean, Indy Barends, Aida Nurmala, Sarah Sechan dan Cut Mini, mereka menumpas kejahatan.

Kemampuan Upi mengarahkan ibu-ibu ini bermain film aksi membuahkan hasil. Red Cobex sukses mendapatkan nominasi di Piala Citra FFI 2010 untuk Pemeran Utama Pria, Skenario, dan Penyunting Gambar.

Baca Juga: Perankan Pahlawan Super Sri Asih, 10 Gaya Pevita Pearce Ketika Workout

6. Belenggu (2012)

https://www.youtube.com/embed/hskF1NXiUPA

Jika biasanya Upi membuat film aksi, kali ini dia bereksperimen dengan genre horor. Judulnya Belenggu. Dimainkan Abimana Aryasatya, Laudya Cynthia Bella, Imelda Therinne, dan Verdi Solaiman, mereka totalitas membawakan peran dengan setting yang mencekam.

Belenggu tayang perdana di Bucheon International Fantastic Film Festival 2012. Apakah kamu sudah sempat nonton film horor ini?

7. My Stupid Boss (2016)

https://www.youtube.com/embed/FuC8H8eXZFU

Tantangan lain datang ke Upi saat dia disodori novel My Stupid Boss oleh produser. Upi menerima proyek tersebut dan segera mengubah dalam bentuk skenario, selain dia juga menjadi sutradaranya. Bagaimana hasilnya?

My Stupid Boss sukses membuat image Reza Rahadian yang berkarisma menjadi bos super menyebalkan. Karena itu, My Stupid Boss berhasil mendapatkan nominasi dalam 6 kategori pada Festival Film Indonesia 2016 dan memenangkan 3 diantaranya meliputi Pemeran Utama Pria Terbaik (Reza Rahadian), Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Alex Abbad), dan Penyunting Gambar Terbaik (Wawan I. Wibowo).

8. My Generation (2017)

https://www.youtube.com/embed/Y6-Lj7BdzK8

My Generation adalah film drama remaja yang dibintangi Bryan Langelo, Arya Vasco, Alexandra Kosasie, dan Luthesa. Karena genrenya remaja, Upi melakukan riset selama dua tahun demi mengetahui kebiasaan yang dilakukan anak muda zaman sekarang.

Karena riset ini, Upi menambahkan konflik dan dialog yang khas dengan apa yang dialami remaja saat ini. Misalnya dialog campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang dibawakan keempat bintang baru dalam film ini.

9. My Stupid Boss 2 (2019)

https://www.youtube.com/embed/aM-HV2GI2qw

Film komedi My Stupid Boss hadir kembali. Masih dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, kali ini topiknya adalah mencari karyawan baru. Secara, siapa, sih, yang bisa nyaman di kantor dengan tipe orang seperti Boss Man?

Syuting di tiga provinsi yang berbeda yakni di Vietnam, Upi membawakan cerita dengan campuran komedi saat Boss Man mencari karyawan yang tentu akan digaji dengan harga murah.

10. Sri Asih (2022)

Sri Asih pernah dijadwalkan akan tayang pada tahun 2020. Namun karena pandemik COVID-19, niat tersebut diurungkan. Hingga saat ini, belum ada teaser atau kabar kelanjutan dari Sri Asih. 

Terakhir dikabarkan, Sri Asih akan turut menghadirkan Pevita Pearce yang sempat tampil di Gundala.

Ternyata banyak, ya, karya sutradara Upi! Era milenium hingga sekarang, ia masih dipercaya untuk mengarahkan film Indonesia. Gak tanggung-tanggung, hasilnya selalu tuai respon positif, lho. 

Baca Juga: 9 Potret Kece Upi, Sutradara Sri Asih yang Ternyata Seorang ARMY

Ira Kurniasari Photo Verified Writer Ira Kurniasari

nulis buat healing ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya