Comscore Tracker

5 Film India yang Mengangkat Tema Korupsi, Sudah Pernah Nonton? 

Bikin penonton termotivasi untuk memerangi korupsi

Film merupakan salah satu media terbesar untuk mengekspresikan atau menyampaikan pesan kepada banyak orang. Sejak perkembangan sinema, film-film pun mengangkat berbagai macam topik, termasuk peristiwa nyata dan isu-isu sosial.

Salah satu negara yang hasil produksi filmnya menarik perhatian dunia adalah India. Sebagai film yang menarik perhatian dunia, perusahaan produksi film India pun mengambil langkah maju untuk membuat film yang berbicara tentang memerangi korupsi. Berikut setidaknya lima film India dengan tema korupsi yang bisa kamu tonton. 

1. 'Gabbar is Back' (2015)

5 Film India yang Mengangkat Tema Korupsi, Sudah Pernah Nonton? cuplikan adegan film Gabbar is Back (dok. Viacom 18 Motion/Gabbar is Back)

Diproduksi oleh Sanjay Leela Banshali dan disutradarai oleh Krish, Gabbar Is Back adalah salah satu film Bollywood paling sukses yang mengangkat tema korupsi. Film yang dibintangi oleh Akshay Kumar dan Shruti Haasan ini berpusat pada kisah para profesional medis, politisi dan berbagai cabang administrasi yang terlibat di dalamnya.

Gabbar yang diperankan oleh Akshay Kumar merupakan pemimpin kelompok sebuah organisasi rahasia yang anti dengan korupsi. Kelompok tersebut memberantas korupsi dengan cara yang cukup ekstrim, bahkan sampai berani membunuh jika pelaku korupsi memiliki catatan korupsi yang besar.

Gabbar is Back juga akan memberikan gambaran kelamnya dunia kedokteran di India, yang menjadikan pasien layaknya sumber pundi-pundi uang yang bisa diperas. Film ini bahkan mendapat kemarahan dari asosiasi medis tetapi diterima oleh penonton dengan baik.

2. 'Satyagraha' (2013)

https://www.youtube.com/embed/1KXwGcZI13k

Satyagraha adalah film dengan tema politik yang disutradarai oleh Prakash Jha. Film ini dibintangi oleh pemain berbakat, diantaranya Amitabh Bachchan, Ajay Devgan, Kareena Kapoor, Amrita Rao, Arjun Rampal, Manoj Bajpayee, Mitato Jagtap Varadkar, Jagat Singh dan Vipin Sharma.

Permasalahan dimulai saat seorang ayah bernama Dwarka Anand (Amitabh Bachchan) harus kehilangan seorang anaknya. Ia kemudian masuk penjara setelah menyerang koruptor yang tidak mewujudkan janjinya untuk memberikan kompensasi terhadap kematian anaknya. 

Mengetahui hal ini, Manav (Ajay Devgan) yang merupakan teman dari anaknya mengatur kampanye dari media sosial hingga meminta bantuan wartawan agar bisa membebaskan Dwarka. Keadaan semakin memanas saat para masyarakat ikut bergabung. Hal ini pun membuat semua elit politik semakin panik.

3. 'Gangajaal' (2003)

https://www.youtube.com/embed/cf5mD-Q05_8

Gangaajal adalah film garapan sutradara Prakash Jha lainnya yang juga dibintangi oleh Ajay Devgan. Ajay Devgan di film ini berperan sebagai seorang polisi pemberani, yang memiliki ideologi dan prinsipnya sendiri.

Gangajaal berkisah tentang perjuangan seorang polisi melawan preman lokal di daerah baru tempat dia ditempatkan. Film ini juga berhasil mengangkat permasalahan di India tentang nepotisme dan korupsi, terutama di lembaga aparat keamanan dan pemerintahan. 

4. 'An Insignificant Man' (2016)

https://www.youtube.com/embed/Vq646VcT72I

An Insignificant Man disutradarai oleh Khushboo Ranka dan Vinay Shukla. Film ini adalah film dokumenter sosial-politik yang didasarkan pada munculnya protes anti-korupsi di India juga tentang pembentukan dan naiknya kekuasaan Partai Aam Aadmi. 

Dikemas dengan diskusi, perdebatan dan banyak konflik, An Insignificant Man menjadi film dokumenter yang menarik untuk ditonton. Film ini sebelumnya berjudul Proposition for a Revolution kemudian pembuatnya mengubah judul untuk membuat koneksi dengan penonton.

5. 'Ungli' (2014)

https://www.youtube.com/embed/Nl1UPQbIQ4s

Ungli diproduksi oleh Darma Productions dan digarap oleh sutradara Rensil D'Silva. Film ini mengisahkan tentang sekelompok orang yang menyebut diri mereka sebagai 'geng Ungli'. Geng Ungli terdiri dari Abhay (Randeep Hooda), Maya (Kangana Ranaut), Kalim (Angad Bedi), dan Gautam (Neil Bhoopalam). 

Geng Ungli memiliki tujuan untuk memberantas korupsi dengan memberikan pelajaran moral pada mereka dengan cara yang tidak biasa. Ditengah itu semua, muncul Nikhil Abhyankar (Emraan Hashmi) yang membantu geng Ungli. 

Geng Ungli pun menjadi kelompok buronan para polisi. Meskipun begitu, mereka mendapatkan rasa hormat, kasih sayang, dan kekaguman baik dari media maupun masyarakat umum.

Nah, itu dia lima film India yang mengangkat tema korupsi. Kamu sudah pernah nonton yang mana saja, nih? 

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya