Comscore Tracker

5 Lagu Kapal Udara, Band Folk Asal Makassar yang Enak Didengar

Cobalah untuk mendengarkan musiknya

Dengan beranggotakan 4 orang yakni Muhammad Ayat, Saleh Hariwibowo, Mardhan Maing dan Bobby Pramusdi, salah satu band asal Makassar ini dengan genre pop dan folk ini memiliki sejumlah lagu yang dijamin bisa membuatmu tenang sejenak dengan alunan musiknya yang menenangkan.

Band yang terbentuk di tahun 2015 ini juga telah menggelar berbagai tour ke berbagai daerah di Indonesia seperti Bali dan Yogyakarta serta sering menjadi langganan pengisi musik di berbagai event mahasiswa, komunitas literasi, maupun pemerintah. 

Menariknya, setiap gambar yang digunakan sebagai ilustrasi, pasti menceritakan tentang keadaan sehari-hari manusia yang tidak lepas dari kehidupan sosial dan alam. Karakter yang digunakan juga mengandung unsur alam dengan warna yang sesuai dengan tema.

Nah, kamu bisa mencoba mendengarkan 5 lagu Kapal Udara berikut ini yang merupakan album dari Seru Dari Hulu. Dijamin kamu akan ketagihan mendengarnya. Tenangkan dirimu lalu gunakan earphone atau headset untuk larut menikmati musiknya.

1. Menanam

https://www.youtube.com/embed/HcNnOxHo_Tg

Dengan menggunakan gambar manusia yang sedang menanam, beberapa tumbuhan, miniatur rumah, burung dan matahari sebagai ilustrasi, tentunya sudah bisa ditebak lagu ini menggambarkan tentang hubungan alam dengan manusia.

Lagu ini menceritakan tentang alam yang merupakan sahabat terbaik manusia, dalam menggantungkan kehidupannya. Bukan hanya alam dalam artian harafiah yakni geografis, tetapi juga tekad untuk senantiasa menumbuhkan harapan di dalam hati.

2. Merantau

https://www.youtube.com/embed/-Iz9YrNJrQ0

Lagu ini cocok dengan kondisi sosial masyarakat Sulawesi Selatan yang sering bepergian keluar daerahnya untuk bersekolah mengejar cita-cita atau mencari pekerjaan. Bagi masyarakat  Sulawesi Selatan, membahagiakan orangtua merupakan bukti penghormatan dari anak.

Lagu ini bercerita dengan menggunakan pendengar sebagai pelaku utama, yang akan pergi jauh suatu hari sebelum usia tua datang. Tentunya rasa rindu akan senantiasa datang dan cara untuk mengobatinya adalah bernyanyi tentang kampung halaman.

Selain itu, lagu ini menggambarkan perasaan si perantau yang setelah sekian lama pergi meninggalkan kampung halamannya kini sudah bisa bersua kembali dan memecahkan celengan rindu bersama orang yang dicintainya.

 

Baca Juga: 7 Lagu di Playlist Indielokal Ini Bikin Senjamu Lebih Berwarna 

3. Menari

https://www.youtube.com/embed/xJfwDxqhPZQ

Diawali dengan petikan gitar akustik, lagu ini lebih cocok disebut abstrak dalam menggambarkan pesan yang dimaksud karena liriknya tidak bercerita secara luas dan eksplisit seperti lagu pada umumnya.

Lagu ini seperti puisi yang dikombinasikan dengan musik karena liriknya menggambarkan perasaan yang sedang bahagia dengan larut dalam tarian menepis sunyi. Pokoknya, lagu ini cocok banget didengarkan saat bersantai apalagi di alam bebas.

4. Menyambut

https://www.youtube.com/embed/88Bgb3g7YlU

Dengan menggunakan bahasa puisi yang penuh retorika, lagu ini menggambarkan acara penyambutan kepada seseorang yang dihormati setelah sekian lama pergi di tanah rantau. Berbagai harapan tertuang dalam lagu ini yang ditujukan kepada tuannya.

Bagi penulis sendiri, bagian yang sangat epik dari lagu ini adalah saat penyanyi berpuisi tentang harapan rakyat jelata agar tuannya berbelas kasihan kepadanya agar melancarkan segala urusannya dan melindungi dari mara bahaya.

5. Melaut

https://www.youtube.com/embed/oRWkoRolb_U

Gambar yang dipakai sebagai ilustrasi lagu ini sangat cocok dengan judul serta lirik lagunya yang menggambarkan bagaimana kedekatan si nelayan tradisional dengan ikan tangkapannya serta malam hari yang penuh bulan dan bintang.

Nah bagaimana menurutmu? amu pasti akan ketagihan memutarnya tanpa merasa bosan sama sekali. Dari kelima lagu di atas, mana yang menjadi favoritmu ? Yuk, share di kolom komentar.

Baca Juga: Dipenuhi Musisi Indie, 6 Kota Ini Tempat Tepat Bagi Pecinta Musik

Irvin Pabane Photo Community Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You