Comscore Tracker

Jangan Buang Waktu, Ikut 5 Komunitas Jakarta Ini Bikin Kamu Makin Produktif

Apa komunitasmu nih?
Jangan Buang Waktu, Ikut 5 Komunitas Jakarta Ini Bikin Kamu Makin Produktif

“Eat, sleep, repeat!” Pasti kamu udah gak asing lagi nih sama kalimat ini kan guys? Mungkin bagi kamu keren, tapi coba deh kamu pikirin lagi apa sih manfaatnya cuma makan-tidur dan itu terus berulang? Bosen, bikin kamu jadi ansos alias anti sosial, dan juga kamu jadi gak punya temen.

Daripada cuma gitu-gitu aja, coba deh kamu gabung ke 5 klub atau komunitas berikut ini. Bikin kamu jadi makin produktif. Berikut IDN Times berikan informasinya ya!

1. Kedubes Bekasi

Jangan Buang Waktu, Ikut 5 Komunitas Jakarta Ini Bikin Kamu Makin Produktifinstagram.com/kedubesbekasi

Anak Bekasi mana suaranya? Kita perlu bangga nih, beberapa tahun terakhir kota Bekasi jadi trending topic di kalangan masyarakat. Tapi kamu tau gak kalau sekarang kota yang terletak di bagian Timur Jakarta ini punya Kedutaan Besar?

Kedubes ini merupakan sebuah wadah bagi para komunitas anak muda di Bekasi yang kreatif dan pengen melestarikan seni dan budaya. Uniknya, untuk menjadi salah satu bagian komunitas ini, kamu bakalan punya paspornya lho. Seru kan?

2. Sikat Sikut

Jangan Buang Waktu, Ikut 5 Komunitas Jakarta Ini Bikin Kamu Makin Produktifinstagram.com/sikat.sikut

Nah, kalau kalian tinggal di Bogor ada sebuah komunitas yang bisa kalian ikutin ini. Di sana ada sebuah komunitas baru yang terdiri dari orang-orang kreatif Bogor yang punya ketertarikan dari berbagai macam subkultur, mulai dari videografi dan film, fotografi, musik, visual art, hingga extreme sport. Masing-masing subkultur tersebut sebenarnya ada komunitasnya sendiri-sendiri, namun beberapa komunitas tersebut kini memiliki satu wadah bernama Sikat Sikut.

Belum lama ini, komunitas Sikat Sikut mengadakan workshop yang terbuka untuk anak muda Bogor yang ingin bereksplorasi meningkatkan skill-nya. Di workshop tersebut ada beberapa kelas, yakni videografi, fotografi, dan visual art. Peserta yang hadir pun bisa memilih kelas sesuai dengan ketertarikannya lho.

Oh iya, karena kreativitasnya yang keren, Sikat Sikut juga mendapat booth khusus lho di acara Soundsations 100 Kota 1 Bahasa di Bogor. Mereka mamerin karya uniknya, salah satunya adalah ‘Angkot Bogor’ yang langsung mencuri perhatian di sana!

3. Doodle Art Depok, Depok Art District, Depok Letter

Jangan Buang Waktu, Ikut 5 Komunitas Jakarta Ini Bikin Kamu Makin Produktifinstagram.com/_tigarasi_

Buat kamu yang suka visual art dan berdomisili di Depok, kamu bisa bergabung dengan komunitas kreatif yang ada di sana. Depok sendiri punya beberapa komunitas seni visual, tiga di antaranya adalah Doodle Art Depok, Depok Art District, serta Depok Letter.

Meski sama-sama berhubungan dengan seni visual, masing-masing komunitas ini punya spesialisasinya masing-masing lho. Tentu kamu udah bisa nebak ya kalo Doodle Art Depok berfokus pada doodle, Depok Art District berfokus pada seni graffiti, serta Depok Letter untuk seni menulis huruf atau lettering. Ketiganya juga kerap berkolaborasi lho. Salah satu karya kolaborasi mereka pernah dipamerkan di Soundsations 100 Kota 1 Bahasa di Bumi Wiyata, Depok, 18 April 2018 lalu. Tertarik ikutan?

4. Artheraphy Movement

Jangan Buang Waktu, Ikut 5 Komunitas Jakarta Ini Bikin Kamu Makin Produktifinstagram.com/creativecornerid

Jangan bisanya cuma coret-coret di tempat umum, mending kamu salurin deh bareng temen-temen di Artheraphy Movement. Apa sih itu? Sebuah komunitas art street lokal asal Bekasi. Walau dulu pada awalnya kerap diremehkan, mereka gak nyerah gitu aja, akhirnya mereka memilih untuk berekspresi untuk meningkatkan keahlian dan karya mereka. Ssst, ini udah ada dari tahun 2007 lho.

Jangan Buang Waktu, Ikut 5 Komunitas Jakarta Ini Bikin Kamu Makin Produktifinstagram.com/stagehunter

Emang deh, kamu gak bisa ngeremehin hasil karya para seniman. Suatu hal kalo dilakuin dengan tekun pasti berbuah hasil. Mereka gak peduli dengan orang-orang yang memandang remeh komunitasnya. Kita harus contoh mereka nih guys. Buat orang yang tadinya nganggep kita remeh, nggak usah terlalu ditanggapi, bilang aja “nanti juga lo paham bahasa kita!”.

Buktinya, sekarang komunitas ini udah melanglang buana lho, bahkan sampai ke event Soundsations 100 Kota 1 Bahasa lewat karya grafitti mereka. Siapa bilang seni dan musik gak bisa menyatu? Tuh buktinya Artheraphy Movement bisa nunjukkin.

Kalau kamu setuju, harusnya kamu dateng ke roadshow musik Soundsations 100 Kota 1 Bahasa ini guys. Ini bakal diadakan di 100 titik di berbagai kota di Indonesia lewat satu bahasa. Buat kamu yang gak mau ngelewatin keseruannya, kamu bisa langsung dateng ke Soundsations 100 Kota 1 Bahasa edisi Jakarta berikutnya. Yuk cek info lengkapnya di sini!

5. Earhouse Songwriting Club

Jangan Buang Waktu, Ikut 5 Komunitas Jakarta Ini Bikin Kamu Makin Produktifinstagram.com/earhouse

Kamu tentu udah gak asing sama Endah ‘N Rhesa ‘kan? Duo folk suami istri ini juga membuat sebuah komunitas bernama Earhouse Songwriting Club. Nah sesuai judulnya, komunitas ini pas banget buat kamu yang suka atau ingin belajar untuk menulis sebuah lagu.

Berbasis di Tangerang, komunitas ini sering mengadakan diskusi mengenai bagaimana cara mendapatkan ide, metode, cara latihan, serta saling berbagi pengalaman mengenai menulis lagu. Diskusi bareng ahlinya lho guys!

Makin produktif kan kamu sekarang? Dari pada gitu-gitu doang, mending langsung gabung di komunitas lokal di daerahmu. They’re officially inviting you to join, guys!

Line IDN Times

Topic:

Just For You