Comscore Tracker

Ear Catching, 5 Lagu B-side KPop Ini Lebih Populer dari Title Tracknya

Lagu-lagu legendaris semua nih!

Dalam sebuah album tentu ada yang menjadi title track dan ada yang menjadi b-side track. Biasanya, title track dipilih karena menjadi lagu yang dianggap paling cocok mewakili b-side track, sehingga keberadaannya akan lebih populer dibandingkan dengan lagu lain.

Tapi, bagaimana jadinya apabila b-side track album KPop tersebut justru lebih populer dibandingkan lagu utamanya?

1. Dope – BTS

https://www.youtube.com/embed/BVwAVbKYYeM

ARMY yang masih baru mungkin akan mengira bahwa Dope merupakan title track. Padahal, lagu utama yang sesungguhnya adalah I NEED U, lho! Kedua lagu ini terdapat di dalam album The Most Beautiful Momen In Life Part 1 yang dirilis pada tahun 2015.

Dope jauh lebih populer dibandingkan I NEED U, terbukti MV-nya yang dipenuhi koreografi kuat sudah ditonton lebih dari 549 kali sedangkan MV I NEED U hanya memiliki viewers setengahnya yaitu, 200 juta.

2. Hero – MONSTA X

https://www.youtube.com/embed/FZ9lJ5ctd0s

Hero termasuk lagu yang mengantarkan MONSTA X pada kepopuleran di ranah hiburan KPop. Tak disangka, lagu ini hanyalah lagu b-side dari album Rush!

Title track yang sebenarnya adalah Rush, namun nampaknya pencinta KPop lebih tertarik pada gaya musik lagu Hero. Terhitung hingga kini, MV Hero sudah ditonton lebih dari 99 juta kali.

Baca Juga: 11 Mini MV B-side Track Ini Jadi Alasan Comeback NCT 127 Wajib Dinanti

3. I Like It – CLC

https://www.youtube.com/embed/VJ2u7pIyV9I

Pemilihan lagu Where Are You untuk menjadi title track album CLC yang bertajuk FREE’SM sepertinya kurang menarik minat pecinta musik. Terbukti, lagu bergenre ballad tersebut sukses digeser oleh lagu b-side di album yang sama yaitu I Like It.

Hal ini kemungkinan besar dikarenakan I Like It memiliki style yang lebih playful sehingga pendengarnya akan merasa lebih bersemangat.

4. Déjà-Boo – Jonghyun

https://www.youtube.com/embed/TcvDR5xz97g

Mendiang Jonghyun SHINee memang tidak perlu diragukan lagi bakatnya dalam bermusik, termasuk untuk hal composing. Idol yang sempat mengisi posisi vokalis utama itu pernah merilis album solo berjudul Base dengan single utama bertajuk Crazy.

Namun, alih-alih mendapat kepopuleran lewat lagu utama, Jonghyun justru lebih dilirik dengan lagu b-sidenya yang berjudul Déjà-Boo. Lagu ini dia bawakan dengan menggaet musisi lain yaitu Zion. T.

5. On Rainy Days – BEAST

https://www.youtube.com/embed/Tmp0g230b0w

Satu lagi lagu b-side yang melegenda karena lebih populer dibandingkan lagu utama adalah On Rainy Days dari BEAST atau yang kini bernama HIGHLIGHT.

Lagu ini menempati peringkat TOP 10 dalam penjualan single digital terbaik, sedangkan Fiction yang merupakan title track justru harus puas di peringkat ke-19.

Bagaimana nih menurutmu? Kelima lagu tersebut memang benar-benar keren kan sampai bisa meraih kepopuleran melebihi lead single-nya?

Baca Juga: 8 Lagu KPop yang "Nyinyir" Mantan, Tertarik Dengar?

Jeon JK Photo Verified Writer Jeon JK

Cat lovers~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya