Comscore Tracker

Ada Young Lex, 5 MV Artis Ini Dianggap Plagiat dari MV Idol Korea 

Bagaimana menurutmu? #IDNTimesHype

Dalam dunia kreatif seperti musik dan sinematografi, orisinalitas sebuah karya sangatlah penting dan terkadang menjadi isu yang sensitif. Sehingga plagiat adalah hal yang sangat dihindari dan dianggap tidak menghargai karya orang lain. 

Belakangan ini ramai beberapa isu di mana ada beberapa musisi yang tersandung isu plagiat MV atau Music Video yang dianggap menjiplak dari MV KPop. MV dari musisi siapa saja? kita cek bersama yuk

1. Young Lex 'The Last King' vs Lay EXO 'Lit'

https://www.youtube.com/embed/j4qVhOaRBSY

Young Lex merilis single 'The Last King' pada 8 Maret 2021 dan segera menjadi trending dan buah bibir para penggemar KPop terutama EXO setelah para fans menemukan beberapa kesamaan dengan lagu 'Lit' milik Lay EXO yang rilis tahun 2020 lalu. Beberapa elemen video musik seperti latar, visual naga, koreografi, dan kostum ditemukan sangat mirip. Begitu pula dengan rap dan musiknya. Hal ini membuat banyak penggemar KPop melaporkan 'The Last King' kepada agensi Lay atas tuduhan plagiat.

2. MV Cover Mew Suppasit 'Afterglow' vs MV Cover Jaehyun NCT 'I Like Me Better'

https://www.youtube.com/embed/xEKlhTV2HYI

Beberapa waktu lalu penggemar KPop internasional juga digegerkan dengan kasus dugaan plagiat dari MV Cover Mew Suppasit, aktor dan penyanyi asal Thailand yang berjudul 'Afterglow'. Penggemar menemukan adanya kesamaan konsep dan adegan dalam video milik Mew dengan MV Cover dari Jaehyun NCT berjudul 'I Like Me Better' yang rilis pada tahun 2019 silam. Pihak Mew sendiri sudah meminta maaf secara resmi dan menghapus video musik tersebut.

Baca Juga: Dituding Plagiat, 9 Kemiripan MV Young Lex 'Raja Terakhir' dan Lay EXO

3. Via Vallen 'Kasih Dengarkanlah Aku' vs IU 'Above The Time'

https://www.youtube.com/embed/R3Fwdnij49o

Akhir tahun 2020 lalu, penggemar juga dihebohkan dengan video musik milik Via Vallen yang berjudul 'Kasih Dengarkanlah Aku' yang dinilai menjiplak video musik dari IU yang berjudul 'Above The Time'. Via Vallen sendiri mengaku bahwa ia tidak tahu sama sekali bahwa konsep videonya mirip dengan IU dan segera meminta maaf kepada penggemar Kpop. Video musik 'Kasih Dengarkanlah Aku' pun akhirnya diganti dengan versi baru oleh Via Vallen.

4. Ayu Ting Ting 'Sik Asik' vs 2NE1 'I Am The Best'

https://www.youtube.com/embed/j7_lSP8Vc3o

Ayu Ting Ting juga pernah dituduh plagiat karena video musik 'Sik Asik' miliknya memiliki beberapa latar yang sama dengan video musik dari 2NE1 yang berjudul 'I Am The Best' pada tahun 2012 lalu. Beberapa kostum, makeup, hingga style rambut juga terlihat mirip dengan gaya para personel 2NE1. 

5. Cherrybelle 'Dilema' vs SNSD 'Gee'

https://www.youtube.com/embed/U7mPqycQ0tQ

Cherrybelle sering disebut sebagai SNSD versi Indonesia. Debut dengan lagu 'Dilema' pada tahun 2011 lalu, banyak fans yang menemukan kesamaan konsep dengan lagu 'Gee' milik SNSD yang rilis duluan di tahun 2009. Outfit Cherrybelle yang mengenakan celana warna-warni juga dianggap sangat mirip dengan outift yang dikenakan oleh member SNSD.

Plagiat tentu merupakan hal yang tidak terpuji dan melanggar hukum. Buat kamu yang berkarya di bidang kreatif, jaga selalu integritas dan orisinalitas karyamu ya!

Baca Juga: Lagi Viral, 10 Adegan Video Klip Via Vallen yang Mirip IU

Nadya Lizka Photo Verified Writer Nadya Lizka

Gadis yang mencoba memotret setiap momen dengan goresan penanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya