Comscore Tracker

7 Film dan Series Wajib Tonton sebelum Doctor Strange 2 Tayang

Supaya makin paham dengan jalan ceritanya, nih!

Marvel Studios akhirnya merilis trailer dari film Doctor Strange in the Multiverse of Madness pada 14 Februari 2022 lalu, setelah sebelumnya merilis video spoiler pada akhir penayangan film Spider-Man: No Way Home. Video berdurasi 2 menit tersebut menunjukkan beberapa cuplikan yang dapat memberi bayangan pada para penggemar Marvel tentang apa yang akan terjadi di film kedua dari Doctor Strange ini.

Marvel dikenal dengan filmnya yang memiliki alur cerita saling berkesinambungan. Doctor Strange in the Multiverse of Madness tentu tidak luput dari deretan film yang memiliki hubungan dengan film-film sebelumnya di Marvel Cinematic Universe. Nah, agar kamu gak kebingungan saat nonton film Doctor Strange 2, pastikan kamu nonton film dan series Marvel berikut terlebih dahulu. Yuk, simak daftarnya!

1. Doctor Strange (2016) 

https://www.youtube.com/embed/Lt-U_t2pUHI

Film Doctor Strange pertama yang dirilis pada tahun 2016 ini tentu harus masuk watchlist pertama kamu kalau mau nonton Multiverse of Madness.

Dirilis pada 4 November 2016, film Doctor Strange menceritakan tentang kisah awal mula Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) menemukan Kamar-Taj sebagai solusi dari penderitaan yang ia alami setelah mengalami kecelakaan berat yang membuatnya kehilangan kemampuan sebagai seorang dokter bedah. Setelah ia akhirnya mendapatkan kekuatan magis dan menjadi penyihir, Strange pun diharuskan memilih antara kembali ke kehidupan aslinya atau meninggalkan segalanya untuk menjadi seorang pahlawan.

Selain Benedict Cumberbatch, film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris papan atas lain seperti Tilda Swinton (The Ancient One), Rachel McAdams (Christine Palmer), Benedict Wong (Wong), dan lain sebagainya. Pastikan kamu nonton film ini dulu sebelum Doctor Strange 2 tayang di layar lebar!

2. Avengers: Infinity War (2018) 

https://www.youtube.com/embed/6ZfuNTqbHE8

Doctor Strange yang merupakan anggota dari grup pahlawan super Avengers, tentu tidak luput perannya dari film-film Avengers yang telah tayang sebelumnya. Penampilan perdana Doctor Strange di film Avengers pertamanya, Avengers: Infinity War, tidak bisa ditinggalkan begitu saja jika kamu ingin mengerti dengan hal-hal yang akan terjadi di film berikutnya.

Film yang disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo ini menceritakan tentang pertarungan terbesar sepanjang sejarah oleh pasukan pahlawan bumi melawan musuh terganas mereka, Thanos, yang bertujuan untuk mencari keenam Infinity Stones demi mencapai keseimbangan di alam semesta. Doctor Strange sebagai penyihir yang dipercaya oleh pendahulunya sebagai pahlawan yang dapat melindungi Bumi pun tidak luput dari pertarungan tersebut hingga harus terdampar di luar angkasa demi melindungi Infinity Stones yang ia miliki.

Avengers: Infinity War mengumpulkan berbagai tokoh dari film-film Avengers sebelumnya yang juga tidak kalah keren, seperti Iron Man (Robert Downey Jr.), Captain America (Chris Evans), Thor (Chris Hemsworth), Hulk/Bruce Banner (Mark Ruffalo), dan Natasha Romanoff (Scarlett Johanson). Jika kamu mau tahu tentang pertempuran besar yang terjadi sebelum dunia diserang ancaman multisemesta, maka wajib hukumnya kamu nonton film ini terlebih dahulu!

3. Avengers: Endgame (2019) 

https://www.youtube.com/embed/TcMBFSGVi1c

Melanjutkan kejadian dari film Avengers: Infinity War, kekalahan yang diterima oleh para pahlawan meninggalkan duka yang berat di seluruh alam semesta. Tidak tinggal diam, pahlawan yang tersisa pun berusaha keras untuk mengembalikan keadaan seperti sediakala dengan membawa kembali pahlawan-pahlawan lain yang menghilang karena jentikan jari Thanos di film sebelumnya.

Doctor Strange sebagai penyihir terkuat di Bumi pun kembali menunjukkan aksinya di film Avengers: Endgame. Dengan kekuatan magisnya, Doctor Strange pun turut andil dalam usaha mengalahkan Thanos yang kembali memijakkan kaki di bumi setelah mengetahui ada usaha mengembalikan alam semesta seperti sediakala oleh para Avengers.

Merupakan film lanjutan dari Avengers: Infinity War, Avengers: Endgame menunjukkan pertarungan yang tidak kalah seru dan menegangkan. Film yang dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama Marvel ini pun berhasil menduduki peringkat kedua di daftar film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Jangan sampai kamu ketinggalan untuk nonton, ya!

4. WandaVision (2021) 

https://www.youtube.com/embed/sj9J2ecsSpo

Berbicara tentang Doctor Strange in the Multiverse of Madness, tentu tidak luput dari tokoh penting lain yang akan muncul di film, yaitu Wanda Maximoff alias Scarlet Witch.

Wanda yang juga merupakan pahlawan dengan kekuatan magis diceritakan mendapat gelar Scarlet Witch di series pertama Marvel yang tayang eksklusif di Disney+ tersebut. Bersama Paul Bettany yang berperan sebagai Vision, suami dari Wanda Maximoff, Elizabeth Olsen memberikan penampilan terbaiknya saat membintangi series WandaVision yang memiliki genre komedi situasi. Di series ini kita akan diperlihatkan tentang keadaan Wanda setelah kejadian di Endgame selesai, meninggalkannya dalam kesedihan yang mendalam karena merasa terpuruk dengan kesendiriannya.

Memiliki sembilan episode, series WandaVision juga dibintangi oleh aktor papan atas lain seperti Kathryn Hahn (Agatha Harkness), Kat Dennings (Darcy Lewis), Teyonah Parris (Monica Rambeau), dan lain-lain. Pastikan kamu nonton semua episodenya, ya!

Baca Juga: 10 Momen Ngaco Warganet Temukan Easter Egg di Trailer Doctor Strange 2

5. Loki (2021) 

https://www.youtube.com/embed/nW948Va-l10

Mengikuti WandaVision, Loki merupakan series kedua yang dirilis oleh Marvel Studios melalui Disney+. Series yang juga menyinggung tentang keberadaan multisemesta ini tentu jadi tontonan wajib juga buat kamu yang ingin mengerti konsep dari multisemesta.

Tayang perdana pada 9 Juni 2021, series Loki menceritakan tentang perjalanan Loki dari linimasa tahun 2012 yang diperlihatkan kabur menggunakan Tesseract di film Avengers: Endgame. Karena ulahnya yang mengacaukan linimasa, Loki pun ditangkap sebuah organisasi bernama TVA yang bertugas untuk menjaga keseimbangan antar linimasa yang ada.

Dibintangi oleh Tom Hiddleston (sebagai Loki), aksinya di series ini pun ditemani oleh Loki versi perempuan yang diperankan oleh Sophia di Martino (Sylvie). Series ini hanya memiliki 6 episode, jadi jangan lupa sempatkan diri untuk menontonnya, ya!

6. What If...? (2021) 

https://www.youtube.com/embed/x9D0uUKJ5KI

Jika melihat pada trailer Doctor Strange 2 yang telah dirilis, banyak beredar analisa di antara para penggemar Marvel bahwa salah satu semesta yang muncul pada film tersebut adalah semesta animasi, yaitu yang ditampilkan pada series What if...?

Series What If...?, sesuai judulnya, merupakan series animasi yang menunjukkan kemungkinan-kemungkinan lain dari semesta utama Marvel Cinematic Universe. Sembilan episode yang dimilikinya menampilkan berbagai kisah yang dapat terjadi jika salah satu variabel dari kejadian yang sudah ada diganti. Doctor Strange mengambil peran besar pada episode keempat, di mana di episode tersebut diceritakan Christine Palmer, kekasih Doctor Strange, meninggal karena kecelakaan dan Doctor Strange ingin melakukan apa pun yang ia bisa untuk dapat menghidupkan kekasihnya kembali.

Kemunculan karakter dari series What If...? sendiri sudah ditunjukkan dengan jelas pada trailer film Doctor Strange 2, yaitu Evil Strange atau Doctor Strange versi jahat yang telah mempelajari ilmu sihir gelap dengan tujuan mengembalikan kekasihnya yang telah meninggal. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk nonton series ini terlebih dahulu agar kamu gak bingung saat karakternya muncul dalam film.

7. Spider-Man: No Way Home (2021) 

https://www.youtube.com/embed/JfVOs4VSpmA

Terakhir dan yang paling penting, kisah yang terjadi di film ketiga dari Spider-Man versi Tom Holland juga menjadi salah satu latar belakang terjadinya perpecahan multisemesta yang akan diulik di film Multiverse of Madness.

Di film yang dirilis pada 17 Desember 2021 lalu ini, Doctor Strange berperan sebagai salah satu pahlawan yang mendampingi Peter Parker a.k.a Spider-Man dalam menghadapi permasalahan yang ia punya. Ketika identitas Spider-Man diungkap dan seluruh dunia tahu siapa dalang di balik kostum Spider-Man yang dianggap membuat kerusuhan, Peter Parker yang gelisah pun meminta bantuan Doctor Strange untuk membuat seluruh dunia lupa tentang Spider-Man. Alhasil, Doctor Strange pun merapal mantra yang rupanya malah menciptakan kekacauan baru di alam semesta.

Kisah yang berawal dari film Spider-Man: No Way Home ini pun berbuntut pada permasalahan multisemesta yang nantinya akan dihadapi Doctor Strange di film keduanya. Karena itu, kamu perlu untuk nonton film yang satu ini sebelum menyaksikan petualangan selanjutnya di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Sebelum Doctor Strange 2 tayang di bioskop bulan Mei 2022 nanti, masih banyak waktu yang bisa kamu gunakan untuk menonton film-film yang akan menunjang pengetahuan kamu saat nonton filmnya nanti. Jangan lupa ditonton, ya!

Baca Juga: Doctor Strange 2 Rilis Trailer, Ini 6 Jadwal Tayang Film MCU Phase 4

Zakiyatul Hurroh Kamiliya Photo Writer Zakiyatul Hurroh Kamiliya

An aspiring writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya