Comscore Tracker

Siap Comeback, Ini 7 Lagu BTS yang Berhasil Tembus Billboard Hot 100

Siap untuk #BTSHot100 lagi?

Kepopuleran BTS di kancah internasional sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari kemenangan di American Music Awards hingga lagunya merajai berbagai tangga lagu. Salah satunya Billboard Hot 100.

Sebelumnya, hanya ada beberapa musisi KPop yang lagunya pernah menembus chart Billboard Hot 100 seperti PSY, Wonder Girls, dan CL. Kabar lagu BTS yang berhasil masuk chart bergengsi tersebut tentu menjadi pencapaian luar biasa bagi BTS, seluruh tim produksi, juga ARMY.

Sementara itu, peringkat Billboard Hot 100 didasarkan pada perhitungan jumlah layanan streaming, penjualan pengunduhan lagu, dan pemutaran di radio. Nah, sebelum album baru rilis pada 21 Februari mendatang, simak dulu yuk lagu-lagu BTS yang pernah tembus chart Billboard Hot 100. Berikut rangkumannya!

1. DNA

https://www.youtube.com/embed/MBdVXkSdhwU

Mimpi BTS tembus Billboard Hot 100 akhirnya terwujud berkat debutnya lagu DNA di peringkat ke-85. Kala itu, tagar #BTSHot100 langsung menjadi trending topic dunia di Twitter.

Menurut catatan Billboard, di Amerika Serikat sendiri DNA sudah diputar sebanyak 5,3 juta kali pada pekan pertama rilis via situs streaming. Sementara itu, jumlah pengunduhan lagunya mencapai 14 ribu. Lagu andalan di mini album kelima, Love Yourself: Her ini mengisahkan tentang cinta pada pandangan pertama.

Lalu pada 14 Oktober 2017, lagu ini pun berhasil naik peringkat dan bertengger di urutan ke-67. Sementara musik videonya hingga kini telah ditonton lebih dari 923 juta kali di YouTube.

2. MIC Drop (Steve Aoki Remix) feat. Desiigner

https://www.youtube.com/embed/vMRxHpcKjEY

MIC Drop menjadi bagian dari track list album Love Yourself: Answer. Versi remix-nya yang berkolaborasi dengan Steve Aoki dan Desiigner berhasil menduduki peringkat ke-28 pada 16 Desember 2017.

Dilansir dari Nielsen Music, di Amerika Serikat sendiri MIC Drop Remix Ver. telah diputar sebanyak 9,8 juta kali via situs streaming. Sementara jumlah pengundungan lagunya mencapai 45 ribu. Hal tersebut membuat MIC Drop Remix Ver. menempati urutan ke-4 di chart Digital Song Sales.

Kata sang leader, RM, lagu MIC Drop sendiri terinspirasi dari Barac Obama yang pernah menjatuhkan mikrofonnya di penghujung acara sebuah perjamuan makan malam di Gedung Putih. Sementara itu, liriknya memang begitu mengguncang dan percaya diri. MIC Drop adalah bagaimana BTS menyikapi para hatters.

3. Fake Love

https://www.youtube.com/embed/7C2z4GqqS5E

Fake Love merupakan lagu andalan dari full length album ketiga, Love Yourself: Tear. Pada 2 Juni 2018, Fake Love menjadi lagu Billboard non-Inggris ke-17 yang berhasil nangkring di urutan ke-10 chart Billboard Hot 100.

Hal itu pula membuat BTS memiliki lagu pertama yang meraih posisi puncak di chart Digital Song Sales, dengan penjualan sebanyak 29 ribu unduhan di minggu pertama. Fake Love sendiri ditulis oleh Bang Si Hyuk, RM, dan Pdogg. Seperti judulnya, lagu ini mengisahkan bagaimana seseorang yang berada dalam cinta palsu.

4. IDOL feat. Nicky Minaj

https://www.youtube.com/embed/K1scjjbfNsk

Kembali lagi muncul di Billboard Hot 100, kali ini adalah lagu andalan dari mini album keenam, Love Yourself: Answer. Pada 8 September 2019, IDOL berhasil menempati posisi ke-11. Dilansir dari Billboard, lagu tersebut berhasil menduduki puncak chart Digital Song Sales setelah pada minggu pertama rilis via situs streaming jumlah pengunduhannya mencapai 43 ribu.

Lagu tersebut bahkan diberi sertifikasi emas oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA). Tidak ketinggalan, musik video IDOL sendiri hingga kini telah ditonton lebih dari 618 juta kali di YouTube, sementara versi featuring Nicky Minaj ditonton lebih dari 92 juta kali.

5. Boy With Luv feat. Halsey

https://www.youtube.com/embed/XsX3ATc3FbA

BTS mematahkan rekor Billboard Hot 100 mereka sendiri, dari sebelumnya Fake Love pada urutan ke-10, Boy With Luv berhasil mengejar di urutan ke-8 pada 27 April 2019.

Prestasi tittle track dari mini album keenam, Map of The Soul: Persona tersebut membuat BTS menjadi idol group KPop pertama yang meraih peringkat Billboard Hot 100 tertinggi. Billboard juga mewartakan, lagu Boy With Luv telah mendapat sertifikasi platinum dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA).

Tidak mau ketinggalan, musik videonya pun turut memecahkan rekor musik video yang paling banyak ditonton selama 24 jam yaitu lebih dari 74,6 juta kali di hari pertama rilis. Melodinya yang asik memang membuat pendengarnya ketagihan. Boy With Luv merupakan lagu yang sarat akan kebahagiaan dan cinta, bahwa hal-hal kecil dalam kehidupan bisa membawa suka cita.

Baca Juga: Genap Berusia 26 Tahun, Ini 6 Prestasi Terkeren yang Diraih J-Hope BTS

6. Make It Right feat. Lauv

https://www.youtube.com/embed/eXBu09fwe3I

Make It Right merupakan lagu b-side dalam album Map of the Soul: Persona yang diproduseri oleh Ed Sheeran dan rilis pada April tahun lalu. Lagu tersebut juga berhasil masuk chart Billboard Hot 100 di posisi ke-95.

Lalu pada 18 Oktober 2019, versi kolaborasinya dengan Lauv pun rilis dan berhasil menduduki peringkat ke-76 di chart Billboard Hot 100 pada 2 November 2019.

Make It Right memang menyimpan makna yang dalam bagi BTS dan ARMY. Lagu tersebut menggambarkan cinta seseorang untuk ia yang telah mempercayai kita dari awal, ketika masih melalui perjuangan yang sulit.

7. Black Swan

https://www.youtube.com/embed/vGbuUFRdYqU

Black Swan masuk dalam track list album comeback BTS mendatang, Map of the Soul: 7.

Black Swan rilis pada 17 Januari lalu, merupakan merupakan bentuk eksplorasi diri BTS sebagai seniman. Musik video yang menampilkan MN Dance Company asal Slovenia ini terinspirasi dari Martha Graham, seorang penari dan koreografer modern legendaris Amerika. Pada pembuka musik videonya, tertulis pernyataan Martha yaitu, "Seorang penari meninggal dua kali. Salah satunya adalah ketika mereka berhenti menari. Kematian ini lebih menyakitkan."

Lagunya yang kelam namun memiliki melodi hits dan unik membuat Black Swan berhasil menduduki peringkat ke-56 pada 1 Februari lalu.

Nah, itu lah lagu BTS yang berhasil menembus chart Billboard Hot 100. Sudah siap untuk kembali #BTSHot100 lagi?

Baca Juga: 9 Potret Menawan BTS dengan Konsep Berbeda di Album Map Of The Soul:7

Langgeng Irma Photo Verified Writer Langgeng Irma

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya