Comscore Tracker

5 Fakta Internet Ini Pasti Bikin Kamu Melongo Deh 

Nggak nyangka ternyata begini ya aslinya?

Karena begitu pentingnya peran internet bagi kehidupan kita terutama untuk para milenial, kalau bisa dimasukkan ke dalam kebutuhan primer, selain sandang, pangan, papan, mungkin internet bisa jadi kebutuhan primer lainnya di era digital seperti sekarang ini.

Nggak heran sih, karena banyak banget hal-hal yang berkaitan sama kehidupan kita sehari-hari yang dipermudah dengan adanya internet. Eits, tapi, dengan segala kemudahan dari internet yang kita terima hari ini, sebenarnya kita sudah benaar-benar paham belum sih sama seluk beluk internet? Kali ini IDN Times akan bahas beberapa fakta tentang internet, penasaran? Cek ulasannya berikut ini.

1. Sekitar 49,2% pengguna internet di Indonesia adalah milenial

5 Fakta Internet Ini Pasti Bikin Kamu Melongo Deh Shutterstock/GaudiLab


Walaupun internet memang sudah digunakan oleh semua orang dengan berbagai latar belakang bahkan generasi, tetapi tahukah kamu kalau kalau generasi milenial menempati urutan pertama sebagai generasi pertama yang menggunakan internet paling banyak di Indonesia? Bahkan angkanya menembus 49,2% lho, hampir setengahnya dari seluruh pengguna internet di Indonesia. Pantas saja banyak startup di bidang digital yang berangkat dari anak-anak muda!

2. Rata-rata penggunaan media sosial mencapai 3 jam 26 menit sehari

5 Fakta Internet Ini Pasti Bikin Kamu Melongo Deh Shutterstock/Kaspars Grinvalds

Kalau udah bahas tentang internet rasanya kurang lengkap kalau kita nggak bahas juga tentang media sosial. Indonesia sebagai salah satu negara yang paling aktif menggunakan media sosial ternyata memang nggak bisa dipungkiri lagi. Menurut We Are Social pada surveinya yang dikeluarkan tahun 2019, rata-rata penggunaan media sosial di Indonesia bahkan mencapai 3 jam 26 menit seharinya. Lama juga ya, kalau kamu berapa lama buka media sosial dalam sehari?

3. YouTube jadi medsos paling banyak diakses di Indonesia

5 Fakta Internet Ini Pasti Bikin Kamu Melongo Deh Shutterstock/Alex Ruhl

Coba sebutkan media sosial apa saja yang kamu install di smartphone? Ngaku deh, pasti lebih dari satu kan? Tapi, kamu tahu nggak sih sebenarnya apa media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia? Jawabannya adalah YouTube. Pengguna dari platform berbasis video ini diakses 88% pengguna media sosial di Indonesia loh menurut survei yang dikeluarkan We Are Social di tahun 2019 ini. Share ke kita dong channel Youtube favorit kamu!

4. Layanan music streaming yang mulai memikat netizen

5 Fakta Internet Ini Pasti Bikin Kamu Melongo Deh Shutterstock/Eugenio Marongiu

Udah nggak asing dong dengan Joox, Spotify, Apple Music, dan platform lainnya untuk mengakses musik paling update sampai musik di zaman dulu dari berbagai macam genre? Nah, tahun ini, layanan music streaming semakin mendapatkan hatinya nih di kalangan netizen Indonesia. Buktinya di tahun 2019 ini, menurut We Are Social, penggunanya bahkan bisa menghabiskan 1 jam 22 menit dalam sehari. Lumayan lama juga ya, guys!

5. Akses ke e-commerce saat mengadakan promo meningkat hingga 2,5x lipat

5 Fakta Internet Ini Pasti Bikin Kamu Melongo Deh Shutterstock/Dmytro Zinkevych

Karena banyak yang beralih ke dunia digital, dunia perdagangan juga nggak mau ketinggalan nih. Dari sinilah akhirnya muncul deh e-commerce yang memungkin kamu untuk melakukan jual beli suatu barang di platform di Internet. Di Indonesia sendiri, bahkan orang yang mencari produk di platform jual beli menurut We Are Social di tahun 2019 ini bisa mencapai 31% loh. Tandanya, akses untuk melakukan pembelian secara daring ini memang sangat diminati, guys.

Apalagi saat sebuah e-commerce sedang mengadakan promo spesial, contohya seperti Lazada yang baru saja menyelenggarakan Lazada Super Party dalam rangka perayaan ulang tahun Lazada yang ke-7. Bahkan Lazada berhasil secara resmi mencetak gol sebanyak 318 juta kunjungan selama perayaan ulang tahun mereka. Angka ini juga menunjukkan bahwa Lazada mengalami 2,5x peningkatan pengguna aplikasi dibanding hari ulang tahun sebelumnya.

Nggak hanya sampai di situ, Lazada juga menjadi aplikasi e-commerce pertama yang sukses menarik lebih dari 12 juta penonton di seluruh Asia Tenggara lewat Lazada Super Party yang menampilkan Dua Lipa. Pengguna aplikasi ini terus memuncak dengan ekstravaganza belanja selama 24 jam. Keren kan rekornya? Kamu sempat ikutan ekstravaganza belanja nggak, guys?

Nah, itu tadi beberapa fakta yang harus kamu tahu tentang internet yang selama ini kita gunakan. Asal jangan sampai jadi ‘ansos’ ya guys, karena internet!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya