Comscore Tracker

5 Lagu KPop Ini Dirilis untuk Fans Sebelum Resmi Disband, Sedih!

Fans masih berharap mereka bersatu kembali!

Disband atau bubar merupakan salah satu hal yang paling menyedihkan bagi para penggemar musik KPop. Ada berbagai hal yang membuat sebuah grup memilih bubar, salah satunya adalah kontrak. Ketika kontrak mereka dengan agensinya berakhir, ada yang lebih memilih untuk tidak melanjutkan kontrak dan menjalani karier masing-masing di agensi yang berbeda-beda.

Tidak hanya merilis pernyataan bubar secara resmi saja, namun sebelum bubar 5 grup ini merilis lagu dan music video sebagai persembahan terakhir bagi para penggemarnya. Hal ini tentu menunjukkan bahwa komunikasi antar setiap member terjalin baik dan bubar memang sudah menjadi keputusan bersama mereka. 

Semua lagunya memiliki lirik yang maknanya sedih namun seakan menyiratkan berbagai harapan agar suatu saat dapat bertemu kembali. Para penggemar pun tentu tetap akan menanti jika suatu saat mereka dapat bersatu kembali dan merilis lagu baru. Yuk, cek daftarnya dibawah ini, dan mari baper bersama-sama!

1. SISTAR - Lonely

https://www.youtube.com/embed/KbXV2R_Yd1E

Girl group yang terkenal dengan hits-hits spesial musim panas yang beranggotakan Hyolyn, Soyou, Bora dan Dasom ini memilih bubar pada tahun 2017. Debut pada tahun 2010, SISTAR merilis berbagai lagu yang berhasil menjadi hits dan memuncaki berbagai tangga lagu. Selama masa kariernya, mereka juga telah berhasil membawa pulang berbagai piala kemenangan baik di acara musik mingguan maupun di acara award tahunan.

Sebelum resmi bubar, mereka merilis sebuah lagu bertajuk Lonely dengan formasi lengkap 4 member. Penggemar pun menemukan bahwa banyak teori-teori tersembunyi yang menceritakan perjalanan karier SISTAR pada music video lagu mereka ini. Lirik serta nuansa lagunya pun memang sangat menyiratkan sebuah perpisahan.

Meski sudah bubar dan sekarang menjalani karier masing-masing, namun ke-empat member SISTAR masih tetap menjalin komunikasi yang baik. Hal ini terlihat dari interaksi aktif mereka di media sosial. Mereka juga sering bertemu untuk merayakan ulang tahun member atau untuk sekadar makan-makan.

Semoga suatu saat mereka dapat bersatu dan merilis lagu baru bersama-sama lagi ya!

2. 2NE1 - Goodbye

https://www.youtube.com/embed/wEkLHC7l25w

Seperti judulnya, lagu 2NE1 ini seakan menyiratkan suatu perpisahan. Music video-nya yang hitam putih pun membuat suasana lagu ini semakin sedih dan mencekam. Meskipun di lagu ini Minzy tidak ikut berpartisipasi, namun CL, Dara dan Park Bom tetap mempersembahkan suara mereka yang sangat khas.

Selama masa kariernya, 2NE1 juga boleh dibilang sebagai girl group yang sangat sukses. Lagu-lagu mereka selalu berhasil menduduki peringkat pertama di berbagai acara musik, dan mereka juga berhasil membawa pulang kemenangan dari berbagai acara musik mingguan dan award tahunan. Konsep mereka yang sangat unik dan swag menjadi ciri khas mereka yang membuat mereka banyak dikenal di berbagai negara.

Baru baru ini Park Bom berhasil mengobati kerinduan hati para penggemar dengan merilis lagu Spring bersama dengan Dara. Dari banyak MV reaction di YouTube, tak sedikit penggemar yang terlihat menitikkan air mata dan terharu dengan kolaborasi Park Bom dan Dara ini. Wah, semoga saja mereka berempat dapat bersatu kembali dan merilis lagu baru ya.

Baca Juga: Meski Bubar, 5 Bukti Member SISTAR Tetap Jalin Hubungan yang Baik!

3. WANNA ONE - Spring Breeze

https://www.youtube.com/embed/FD2mik4V5EE

Dibentuk dari program survival Produce 101 season 2, Wanna One berhasil menjadi boy group yang memiliki penggemar dan fanbase yang sangat besar. Bahkan selama masa kariernya yang terbilang singkat mereka telah berhasil menyelenggarakan konser bukan hanya di Korea Selatan tapi juga di berbagai negara termasuk Indonesia.

Lagu Spring Breeze yang satu ini memiliki lirik yang berisikan ucapan terima kasih atas pertemuan yang sangat indah yang telah mereka alami, bukan hanya dengan penggemar namun juga momen kebersamaan antar semua member. Music video-nya pun menunjukkan kedekatan dan momen kebersamaan setiap member. Duh, jangan jadi baper ya teman-teman Wannable!

4. I.O.I - Downpour

https://www.youtube.com/embed/kbdW2LaKlnw

11 cewek cantik dengan berbagai karakter dan talent dipertemukan melalui sebuah ajang survival Produce 101. Selama masa kariernya, I.O.I pun terbilang sangat sukses dengan lagu-lagu mereka yang berhasil memuncaki berbagai tangga lagu. Mereka pun berhasil membawa pulang penghargaan rookie atau pendatang baru terbaik sebelum akhirnya mereka resmi bubar.

Lagu Downpour ini pun menjadi lagu selamat tinggal bukan hanya kepada penggemar tapi juga kepada mereka sendiri sebagai member I.O.I. Lirik lagu ini benar-benar menggambarkan perasaan takut seseorang untuk berpisah. Namun tetap berharap bahwa semua perpisahan ini hanya ibarat hujan deras yang sebentar, yang akan segera berhenti.

Saat membawakan lagu ini di konser terakhir mereka, para member pun terlihat tak kuasa menahan air mata mereka. Para penggemar pun tentu tak kalah sedih melihat mereka harus bubar dan kembali ke agensi mereka masing-masing. Semoga suatu saat mereka dapat bersatu kembali dan merilis lagu bersama-sama ya.

5. WONDER GIRLS - Remember

https://www.youtube.com/embed/6vSfHg9CcxQ

Siapa sih yang gak kenal dengan Wonder Girls? Girl grup yang berasal dari agensi JYP ini merupakan salah satu grup yang membuat KPop semakin dikenal luas di berbagai negara. Lagu mereka yang berjudul Nobody pun sukses menjadi hits di berbagai negara saat itu.

10 tahun berkarier, mereka akhirnya memilih untuk bubar dan menjalani karier masing-masing. Lagu mereka yang berjudul Remember ini pun dipilih untuk menjadi persembahan terakhir kepada penggemar sebelum mereka resmi bubar.

Music video untuk lagu ini sendiri berisikan cuplikan-cuplikan singkat perjalanan karier mereka semenjak debut sampai akhirnya bubar. Dan lirik lagunya sendiri seakan berpesan supaya penggemar maupun member Wonder Girls sendiri tidak saling melupakan jika suatu saat sudah terpisah jarak yang jauh.

Itulah tadi 5 lagu dan music video yang dirilis resmi oleh grup KPop sebagai persembahan untuk penggemar mereka sebelum mereka akhirnya bubar. Sebagai penggemar tentu kita harus menghargai keputusan mereka dan tetap mendukung karier mereka. Ada lagu lain gak ya yang memang dipersembahkan oleh grup KPop sebelum mereka resmi bubar? Kalau ada, boleh tambahin di kolom komentar ya.

Baca Juga: Kegiatan 11 Member Wanna One Usai Bubar, Ada Apa dengan Kang Daniel?

Leo Simatupang Photo Verified Writer Leo Simatupang

ORA ET LABORA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya