Comscore Tracker

Selain Bird Box, 7 Film Bertema Post-Apocalyptic Ini Wajib Kamu Tonton

Apa jadinya kalau dunia berakhir seperti dalam film?

Kamu yang penggemar film fiksi ilmiah mungkin sudah cukup familiar dengan tema satu ini. Film post-apocalyptic umumnya menceritakan kehidupan setelah kejadian besar yang memporak-porandakan peradaban. Kejadian besar ini bisa bermacam-macam seperti wabah penyakit, perang nuklir, hingga bencana alam. 

Film post-apocalyptic terus populer karena sering bikin penikmat film penasaran bagaimana para tokoh tetap bertahan hidup melewati bencana yang amat besar itu. Kengerian dan rasa deg-degan juga jadi sensasi yang dirindukan sendiri oleh para pecinta film.

Sebut saja film Bird Box yang baru-baru ini viral karena Bird Box Challenge. Film ini termasuk film post-apocalyptic dengan sentuhan horor yang bikin penontonnya merinding. Selain Bird Box, ada juga film lain bertema post-apocalyptic yang sayang dilewatkan seperti berikut ini!

1. I Am Legend

https://www.youtube.com/embed/dtKMEAXyPkg

Film yang diangkat dari novel I Am Legend karya Richard Matheson ini bercerita tentang Robert Neville (Will Smith), seorang virologist pasukan tentara Amerika. Di 2009, sebuah penelitian tentang virus yang ditujukan untuk mengobati kanker malah berakhir tragis. Virus tersebut bermutasi, menjangkiti manusia, dan mengubahnya menjadi Darkseeker, makhluk ganas yang sangat menyukai kegelapan. 

Tiga tahun kemudian, Robert Neville yang imun terhadap virus tersebut harus hidup dalam isolasi. Di siang hari Robert ditemani anjingnya yang bernama Sam bertahan hidup dengan berburu makanan dan mencari penyintas lain. Sedangkan di malam hari, ia kembali ke rumahnya yang dibangun seperti benteng untuk berlindung.

Film yang disutradari Francis Lawrence ini sukses menembus box office dan meraih $585 juta dari hasil penayangannya di tahun 2007 lalu. Film ini menyuguhkan CGI yang cukup canggih di masanya. Adegan-adegan seru dengan plot cerita yang solid membuat kamu sulit duduk tenang selama menonton. 

2. Oblivion

https://www.youtube.com/embed/XmIIgE7eSak

Oblivion berlatar bumi di tahun 2077. Tom Cruise berperan sebagai Jack Harper, seorang teknisi yang tinggal di bumi setelah bumi mengalami kerusakan akibat perang dengan alien. Ia harus menyelesaikan sebuah misi agar bisa bergabung dengan manusia bumi yang tinggal di Titan, bulan Planet Saturnus. 

Di tengah misinya ia bertemu dengan seorang wanita cantik yang tertidur dalam sebuah spacecraft (diperankan oleh Olga Kurylenko). Wanita yang bernama Julia tersebut ternyata adalah istrinya di masa lalu. Jack pun menyelidiki kebenaran dibalik misinya dan harus terlibat dalam pertarungan yang mempertaruhkan nyawanya, Julia, dan manusia lain yang tersisa di bumi. 

Meskipun plot ceritanya mendapat sambutan yang bervariasi, visual effect dan aksi Tom Cruise di film ini mendapat banyak pujian. Film ini menyajikan plot yang sulit diprediksi, dan twist di akhir film yang rumit. Penggemar film post-apocalyptic dan Tom Cruise tentu tidak boleh melewatkan film satu ini.

3. Mad Max : Fury Road

https://www.youtube.com/embed/hEJnMQG9ev8

Mad Max : Fury Road melanjutkan kesuksesan film Mad Max sebelumnya. Di masa depan, bumi menjadi gersang karena sulitnya mendapat bahan bakar dan air. Max Rockatansky (Tom Hardy) bekerja sama dengan Imperator Furiosa (Charlize Theron) untuk melarikan diri dari Immortan Joe (Hugh Keays-Byrne), seorang pemimpin kejam yang menguasai Wasteland.

Selain Tom Hardy dan Charlize Theron, film ini juga dibintangi oleh Nicholas Hoults, Rosie Huntington-Whiteley, Riley Keough, Zoë Kravitz, Abbey Lee, and Courtney Eaton. Film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik di tahun 2015 dan mendapat total 10 nominasi Academy Award karena plot, penampilan aktor, visual, kostum dan musiknya yang dirangkai apik.

4. Cargo

https://www.youtube.com/embed/W5QJW0M5pik

Cargo adalah film drama thriller post-apocalyptic yang dirilis oleh Netflix di tahun 2017 lalu. Film ini disutradarai oleh Ben Howling dan dibintangi oleh Martin Freeman, Anthony Hayes, Susie Porter dan Caren Pistorius.  

Film ini bercerita tentang serangan virus yang dapat mengubah manusia menjadi zombie dalam waktu 48 jam. Satu keluarga (Andy, Kay dan Rosie) berhasil bertahan hidup dan tinggal dalam sebuah rumah perahu di pinggiran kota. Mereka harus mencari makanan dan bertahan hidup dari serangan zombie. 

Tidak seperti film zombie pada umumnya yang bergenre horor, Cargo menampilkan sisi kemanusiaan dan kekeluargaan yang penuh makna. Akting Martin Freeman khususnya, mendapat pujian dari kritikus karena penampilannya yang sukses mengaduk-aduk emosi penonton.  

Baca Juga: Menang Golden Globe, Yuk Tonton 7 Film Terlaris Christian Bale

5. A Quiet Place

https://www.youtube.com/embed/WR7cc5t7tv8

Keluarga Abbott harus bertahan hidup dari serangan monster tak dikenal. Monster ini buta dan memiliki pendengaran yang sangat sensitif dan kulit yang sangat kuat dan sulit ditembus. Saat bersama-sama mengumpulkan makanan di hutan, Beau yang berusia empat tahun tidak senjaga membunyikan mainan pesawat yang menarik perhatian monster-monster di sekeliling mereka. 

Film ini dibintangi oleh John Krasinki yang merangkap sebagai sutradara dan penulis skenario. Selain John Krasinki, fil ini juga menampilkan Emily Blunt dan aktingnya yang brilian. Meskipun mendapat review yang beragam, film ini cocok untuk kamu yang hobi menikmati film horor. 

6. Mortal Engines

https://www.youtube.com/embed/IRsFc2gguEg

Mortal Engines yang belum lama rilis di tahun 2018 lalu bercerita tentang bumi ratusan tahun setelah hancur akibat bencana alam. Di saat itu, peradaban manusia dibangun di atas kota yang terbuat dari mesin yang bisa bergerak dan saling memangsa satu sama lain.

Hester Shaw (Hera Hilmar) adalah seorang wanita yang bertekad untuk menghancurkan London, kota predator yang memangsa kota-kota kecil lainnya. Perjuangannya tersebut dibantu oleh Tom Natsworthy (Robert Sheehan) seorang mantan penghuni London, dan Anna Fang (Jihae) seorang buron. 

Film ini diproduseri oleh Peter Jackson, yang terkenal dengan karyanya The Lord of The Rings dan The Hobbit. Meskipun didukung visual effect yang paripurna, film ini gagal meraih kesuksesan box office. Kalau kamu penggemar film post-apocalyptic yang dibumbui fantasi dan petualangan, film ini tetap cocok masuk dalam daftar wajib nontonmu. 

7. Bird Box

https://www.youtube.com/embed/o2AsIXSh2xo

Birs Box bercerita tentang Malorie (Sandra Bullock) dan anaknya harus bertahan dari serangan monster yang mampu menjelma jadi ketakutan terbesar mereka. Untuk bisa selamat, mereka harus menempuh perjalanan melalui hutan dan sungai dengan mata tertutup. 

Film horor post-apocalyptic ini baru saja dirilis Bulan Desember 2018 lalu. Dalam satu minggu pertama penayangan, film ini berhasil menjaring 26 juta penonton, jumlah yang fantastis. Film yang diproduksi dan dirilis melalui Netflix ini pun segera jadi viral dan menginspirasi Bird Box Challenge di media sosial.

Itu dia Bird Box dan 7 film bertema post-apocalyptic yang bisa kamu masukkan dalam daftar filmmu. Kisahnya seru, mendebarkan, dan bikin kamu penasaran dengan dunia di masa depan. Sudah nonton belum?

Baca Juga: Netflix Peringatkan Bahayanya 'Bird Box Challenge' yang Sedang Viral

Lina Photo Verified Writer Lina

"A mind needs books like a sword needs a whetstone," said Tyrion Lannister

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya