Comscore Tracker

7 Film dan Serial yang Dilarang Tayang, Alasannya Banyol

#IDNTimesHype Malaysia pernah melarang Power Rangers, lho!

Film atau serial TV memang kerap kali mengandung elemen yang melanggar peraturan di suatu negara. Unsur-unsur seperti pornografi, kekerasan, rasisme atau hal serius lainnya dapat menjadi alasan sebuah karya sinema dilarang untuk tayang. 

Namun apa jadinya jika alasan di balik pelarangan tersebut kurang masuk akal? Nah, hal tersebut dialami oleh tujuh film di daftar ini. Film apa saja dan mengapa? Mari langsung meluncur ke daftarnya berikut ini.

1. Mighty Morphin Power Rangers

https://www.youtube.com/embed/P1H4PgSThac

Serial terkenal anak 90an, Mighty Morphin Power Rangers pernah dilarang di Malaysia. Bukan karena menampilkan kekerasan yang mungkin saja bisa ditiru oleh anak-anak. Namun negara tersebut melarang Mighty Morphin Power Rangers karena judulnya.

Kata morphin yang ada pada judul serial tersebut dianggap mirip dengan salah satu nama obat terlarang. Namun seperti dikabarkan CNN, akhirnya pemerintah Malaysia membolehkan serial tersebut tayang, tetapi dengan catatan judulnya diubah menjadi hanya Power Rangers.

2. The Simpsons Movie

https://www.youtube.com/embed/XPG0MqIcby8

Kira-kira kenapa The Simpsons Movie dilarang? Apa karena terlalu vulgar atau komedi yang menyinggung? Semuanya salah, film ini dilarang di Myanmar karena menampilkan kombinasi warna kuning dan merah. Kombinasi warna tersebut dianggap bentuk dukungan pada kelompok oposisi.

3. 2012

https://www.youtube.com/embed/rvI66Xaj9-o

Film tentang bencana alam besar berjudul 2012 dilarang di Korea Utara. Alasannya? Tahun 2012 dianggap akan jadi tahun keberuntungan karena bertepatan dengan ulang tahun ke-100 dari pendiri negara tersebut.

Jadi, film yang menggambarkan kehancuran dunia yang terjadi di tahun tersebut harus dilarang peredarannya. Bahkan, pemerintah setempat akan menghukum warganya yang ketahuan menonton bajakannya.

Baca Juga: Disensor di Malaysia! Ini Kumpulan Gambar Titan Pakai Celana 

4. Goldfinger 

https://www.youtube.com/embed/MA65V-oLKa8

Goldfinger adalah salah satu judul dari franchise James Bond dan merupakan film ketiga dari seri tersebut. Israel melarang film ini tayang di negaranya, karena Gert Frobe yang memerankan tokoh penjahat di film tersebut adalah anggota Nazi.

Dilansir History, diketahui Frobe bergabung ke Nazi akibat dihukum karena menyebarkan pamflet propaganda anti-Nazi dan dia juga menyelamatkan perempuan Yahudi ketika menjadi tentara Nazi. Larangan pun dicabut dua bulan kemudian.

5. Power Rangers Ninja Storm

https://www.youtube.com/embed/3D_id7KFopc

Balik lagi ke salah satu judul franchise Power Rangers, yaitu Power Rangers Ninja Storm. Serial ini di-banned di Korea Selatan dengan alasan yang sedikit aneh. Korea Selatan memang dikenal skeptis dengan masuknya kebudayaan tetangga Asia-nya, terutama Jepang. Serial ini dilarang karena menampilkan kebudayaan Jepang, yaitu ninja.

6. Ghostbusters

https://www.youtube.com/embed/w3ugHP-yZXw

China adalah negara yang melarang film Ghostbusters. Lembaga sensor setempat beranggapan film tersebut mempromosikan kultus atau takhayul.

Negeri komunis tersebut menganggap hantu jahat sebagai representasi dari pemerintahan yang korup. Anggapan tersebut lahir karena banyak literatur dan cerita rakyat di China yang menggunakan metafora tersebut.

7. Back to the Future

https://www.youtube.com/embed/qvsgGtivCgs

Walaupun tidak menampilkan hantu, tetapi China juga melarang film Back to the Future. Kini alasannya berbeda, mereka melarang film ini karena menampilkan karakter yang mengubah masa lalu. 

Selain hantu, China juga tidak suka dengan konsep menjelajah waktu. Walau pun saat menonton kita pasti tahu itu fiktif, mereka tetap beranggapan cerita tentang penjelajah waktu dapat menimbulkan interpretasi berbeda terhadap sejarah. 

Ketujuh film di atas memang tetap bisa kamu nikmati, namun sayangnya, di beberapa negara, deretan film tersebut tak bisa ditonton oleh masyarakatnya. Kira-kira, kamu setuju gak dengan alasan mengapa film di atas dilarang tayang?

Baca Juga: 5 Kontroversi Lil Nas X yang Mengejutkan, Terbaru Foto Kehamilan!

Luthfi Alimughni Photo Verified Writer Luthfi Alimughni

Pecinta film yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya