Comscore Tracker

Ulang Tahun Januari, 5 Aktor Terbaru yang Perankan Sherlock Holmes

Aktor mana yang jadi favorit Sherlockian?

Siapa yang tidak kenal dengan sosok detektif fiksi yang mencuri perhatian dari abad ke abad? Ya, dialah Sherlock Holmes.

Karakter ciptaan Sir Arthur Conan Doyle ini telah dipublikasi sejak tahun 1887. Berprofesi sebagai konsultan detektif, ia seringkali dimintai tolong oleh anggota kepolisian setempat. Petualangan Sherlock sebagian besar ditulis dari sudut pandang teman satu apartemen yang juga partner-nya, dr. John Watson.

Hingga tahun 1990 saja terhitung lebih dari 25.000 orang telah memerankan karakter Sherlock Holmes ini baik dalam drama panggung, serial televisi, bahkan film. Cerita kepintaran dan kecerdasan Sherlock pun bagai tak lekang oleh waktu. Hingga abad 21 kini pun kisahnya masih saja diadaptasi dalam berbagai bentuk. Siapa saja aktor terbaru memerankan sosok yang baru saja berulang tahun 6 Januari lalu ini?

1. Benedict Cumberbatch 

Ulang Tahun Januari, 5 Aktor Terbaru yang Perankan Sherlock HolmesBenedict Cumberbatch dalam Sherlock BBC (Dok.BBC/Sherlock)

Kisah Sherlock Holmes diadaptasi ke dalam serial televisi dari tanah lahirnya sendiri. Benedict Cumberbacth didapuk memerankan tokoh utama bersama Martin Freeman sebagai dr. Watson. Disiarkan oleh BBC, serial ini pertama tayang pada tahun 2010 untuk season 1. Setiap season terdiri dari 3 episode dengan total 4 season dan 1
cerita spesial.

Sherlock yang diperankan Benedict Cumberbatch sangatlah ikonik. Cerdas tak terbantahkan, sombong, ahli bela diri, dan juga lihai memainkan biola. Sosok Sherlock begitu melekat dengan dirinya apalagi dengan logat dan atmosfir british yang kental dengan penyesuaian penggunaan teknologi abad 21. Tak heran jika Sherlock BBC ini dihujani dengan berbagai penghargaan.

2. Jonny Lee Miller 

Ulang Tahun Januari, 5 Aktor Terbaru yang Perankan Sherlock HolmesJonny Lee Miller dalam Elementary (Dok.CBS/Elementary)

Amerika mendapatasi kisah detektif terkenal tersebut ke dalam serial televisi berjudul Elementary. Sherlock Holmes diperankan oleh Jonny Lee Miller. Uniknya, dalam seri yang pertama tayang akhir 2012 lalu ini, karakter dr. John Watson diganti dengan pemeran wanita dengan nanam dr. Jaon Watson. Lucy Liu menjadi aktris yang beruntung untuk memerankannya. Bahkan karakter James Moriarty, musuh bebuyutan Sherlock juga diganti menjadi perempuan dan diplesetkan namanya menjadi Jamie Moriarty.

Mengawali cerita dengan sedikit berbeda, Sherlock dalam versi ini dikisahkan baru saja selesai menjalani rehabilitasi penggunaan obat terlarang dan pindah ke Amerika mengikuti sang ayah yang kaya raya. Serial yang tayang lewat saluran TV CBS ini memiliki total episode sejumlah 154. Musim ke-7 yang merupakan musim terakhir tayang pada 23 Mei 2019 dan tamat pada 15 Agustus di tahun yang sama.

3. Igor Petrenko 

Ulang Tahun Januari, 5 Aktor Terbaru yang Perankan Sherlock HolmesIgor Petrenko di Sherlok Kholms (Dok.Russia1/Sherlok Kholms)

Pada tahun 2013, Rusia mengadaptasi kisah Sherlock dalam serial berjudul Sherlok Kholms yang terdiri dari 8 episode. Igor Petrenko tepilih memerankan Sherlock yang dalam ceritanya masih berusia 27 tahun, berbeda dengan kedua kisah Sherlcok sebelumnya, ya? Hal lain yang berbeda yakni usia Sherlock dan dr. John Watson yang terpaut jauh. Sosok partner Sherlock ini diperankan oleh Andrei Panin. Ini merupakan karakter terakhir yang diperankannya sebelum meninggal.

Holmes yang diceritakan merupakan seorang yang canggung, tegang, dan anak muda yang kutu buku. Bahkan dalam kisah versi Rusia ini, permainan biola Sheerlock terdengar kurang menyenangkan dan tidak bisa bela diri. Namun, dr. Watson yang mengetahui kegeniusan Sherlock pun setia mendampinginya dan menulis kisah bakat detektifnya tersebut.

Baca Juga: Ada Sherlock Jr, 13 Film Bisu yang Bisa Kamu Nikmati di Akhir Pekan  

4. Dean Fujioka 

Ulang Tahun Januari, 5 Aktor Terbaru yang Perankan Sherlock HolmesDean Fujioka di Sherlock Untold Stories(Dok.FujiTV/Sherlock)

Dari negeri sakura, Dean Fujioka dipercaya perankan Sherlock dengan nama Shishio Homare. Ia dipasangan dengan Takanori Iwata yang merupakan anggota grup EXILE dan Sandaime J Soul Brothers sebagai dr. John Watson dengan nama Junichi Wakamiya. Duo tampan ini pun menjadi salah satu duo terfavorit drama Jepang. Mengusung judul Sherlock: Untold Stories, drama yang tayang akhir tahun 2019 lalu ini menyuguhkan cerita berbeda namun masih kental dengan sifat khas masing-masing karakter. Pun halnya dengan suasana yang telah diadaptasi ke zaman modern Jepang.

Aura Sherlock yang dipancarkan Dean mirip dengan Sherlock BBC yang diperankan Benedict. Suara aktor beristri orang Indonesia ini disumbangkan untuk mengisi soundtrack dramanya. Terdiri dari 11 episode mendapat episode spesial, Dean dan Iwata akan kembali hadir dalam film Sherlock The Hound of Baskerville yang kabarnya akan tayang tahun 2022 ini. Kita tunggu tanggal mainnya!

5. Maksim Matveyev 

Ulang Tahun Januari, 5 Aktor Terbaru yang Perankan Sherlock HolmesMaksim Sherlock in Russia (Dok.Start.ru/Sherlock in Russia)

Rusia kembali menyuguhkan kisah Sherlock Holmes di negaranya. Dengan judul Sherlock in Russia atau Sherlock: The Russian Chronicles, diceritakan bahwa Sherlock meninggalkan dr. Watson di Inggris demi mengejar pembunuh berantai Jack The Ripper di Sain Petersburg. Sebagai partner, ia bertemu dr. Kartsev yang menolongnya.

Bapak dua anak, Maksim Aleksndrovich Matveyev dipercaya perankan karakter legendaris ini. Ia merupakan aktor yang dinobat sebagai Honored Artist of The Russian Federation pada tahun 2018 lalu. Sherlock versi ini tayang perdana di Rusia pada tahun 2020.

Meski karakter fiksi, hari lahir Sherlock diperingatkan pada 6 Januari. Kamu Sherlockian bisa saksikan semua adaptasi terbaru detektif hebat ini yang diperankan oleh kelima aktor di atas di bulan lahirnya Sherlock, loh! Meski sudah didapatasi berkali-kali, kisah Sherlock selalu menarik untuk disimak. Versi siapa yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Film Misteri Pembunuhan yang Bikin Mikir Keras Selain Sherlock 

Malmal Amalia Photo Verified Writer Malmal Amalia

everything is not a giving, it is a blessing https://malmalredholic.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya