Comscore Tracker

Bongkar Misteri di Balik Kematian, 6 Drama Jepang Bertema Forensik

Kisah misteri selalu menarik untuk disimak #IDNTimesHype

Mencari tahu kebenaran di balik sebuah peristiwa memang selalu menilik rasa penasaran umat manusia yang memang dilahirkan dengan kemampuan berpikir.

Dunia forensik pun dapat membongkar hal-hal yang tersembunyi. Sebab tidak ada tindakan yang tidak meninggalkan jejak dalam ilmu forensik.

Ilmu forensik yang luas sering kali digunakan dalam berbagai kasus termasuk kasus kematian. Dalam kasus kematian sendiri, tim forensik akan melibatkan dokter forensik untuk melakukan autopsi pada mayat. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kebenaran peristiwa yang sebelumnya terjadi pada mayat tersebut.

Keenam drama Jepang berikut mengupas dunia kedokteran forensik dengan cerita yang seru dan menantang. Drama apa saja itu?

1. The Voices (2009) 

Bongkar Misteri di Balik Kematian, 6 Drama Jepang Bertema ForensikVoice (asianwiki.com)

Drama The Voices atau Voice tayang pada tahun 2009 lalu. Drama ini berpusat pada kelima tokoh utama yang masih merupakan mahasiswa kedokteran forensik. Mereka ditugaskan untuk menguak misteri di balik suara kematian.

Awalnya, Daiki tidak tertarik dengan bidang forensik. Ia berusaha untuk mendapatkan spesialis bedah jantung karena menurutnya ilmu kedokteran tidak akan berguna jika jantung telah berhenti berdetak.

Kisah Daiki menjadi mahasiswa kedokteran forensik untuk menguah berbagai misteri di balik kematian dimulai bersama keempat rekannya.

Selain karena kisahnya yang dibumbui dengan kisah persahabatan dan humor di tengah darah dan organ yang berserakan, drama ini melibatkan artis-artis terkenal, seperti Eita, Ikuta Toma, hingga Ishiraha Satomi. Tidak heran, Voice mendapatkan rating yang tinggi.

2. The Hipocratic Oath (2016) 

Bongkar Misteri di Balik Kematian, 6 Drama Jepang Bertema Forensikdrama The Hippocratic Oath (wiki.d-addicts.com)

Drama berepisode singkat milik WOWOW ini dibintangi oleh aktris yang sama dengan pemeran Paradise Kiss, Keiko Kitagawa. Ibu satu anak ini memerankan tokoh dokter, berbeda dari karakter yang biasa ia perankan.

Tsugano Makoto sedang menempuh pendidikan kedokteran departemen forensik atas rekomendasi dokter Tsukuba. Ia pun merasakan aura aneh di ruang kelas Profesor Tojiro Kosaki tersebut.

Makoto pun mendapat permintaan otopsi dari keluarga tersangka meski polisi menganggap otopsi tidak perlu dilakukan. Pertarungan antara kepentingan pribadi manusia dan pihak forensik yang memegang sumpah kedokteran dipertontonkan.

Umum diketahui bahwa Sumpah Hipokrates merupakan sumpah yang diucapkan saat pelantikan dokter secara resmi. Sumpah ini sendiri berkaitan dengan rahasia kedokteran. Drama ini sendiri diadaptasi dar novel berjudul sama.

3. Asagao: Forensic Doctor 

Bongkar Misteri di Balik Kematian, 6 Drama Jepang Bertema ForensikAsagao (asianwiki.com)

Asagao Maki merupakan seorang dokter spesialis forensik yang juga bekerja sebagai dosen di Fakultas Kedokteran di Kanagawa. Ia merupakan anak piatu setelah kematian ibunya saat gempa tahun 2011.

Mayat sang ibu pun belum ditemukan hingga kini. Ayahnya merupakan seorang detektif terkemuka di kepolisian begitu pula suaminya. Karakternya yang diperankan aktris papan atas, Juri Ueno ini dikisahkan telah memiliki seorang putri yang menginginkan kehadiran adik.

Tidak menampilkan aura mengecam seperti kisah forensik pada umunya, drama yang memiliki 2 musim ini tayang pada 2019 dan 2020. Asago juga memberikan kesan kehangatan dalam keluarga yang ditunjukkan oleh keluarga sang tokoh utama.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Jepang Tentang Perjodohan, Bikin Baper

4. Unnatural (2018) 

Bongkar Misteri di Balik Kematian, 6 Drama Jepang Bertema ForensikUnnatural (asianwiki.com)

Unnatural mengisahkan tentang kehidupan orang-orang yang bekerja di laboratorium forensik swasta bernama Unnatural Death Investigation. Tokoh utama diperankan oleh aktris terkenal, Satomi Ishihara sebagai Mikoto Misumi yang merupakan seorang dokter patologi forensik.

Tim ini terdiri dari 2 dokter forensik, 1 orang manager, 1 orang analis forensik, dan 1 orang mahasiwa magang. Mereka melakukan otopsi dan penyelidikan pada mayat yang terlibat kasus kriminal berdasarkan permintaan pihak berwajib.

Drama ini bisa kamu nikmati secara legal di sejumlah situs streaming. Meski membongkar kebenaran di balik kematian, Unnatural mengusung kisah yang menyentuh di balik setiap kasusnya.

5. Trace (2019) 

Bongkar Misteri di Balik Kematian, 6 Drama Jepang Bertema ForensikTrace (asianwiki.com)

Masih ingat dengan Haruto dalam 1 Litre of Tears?  Ryo Nishikido yang kini telah memiliki agensi sendiri tersebut menjadi pemeran utama dalam drama TraceTrace diadaptasi dari manga berjudul Trace: Kasouken hoi Kenkyuin no Tsuiso yang terbit pada tahun 2016.

Reiji Mano merupakan seorang analis laboratorium forensik handal yang bekerja di bawah Kepolisian Metropolitan Tokyo. Sifatnya juga kurang bersahabat. Mano sangat membenci pers yang selalu haus akan skandal.

Sembari mengurus kasus yang ada, Reiji Mano mencari kebenaran dibalik kasus yang menimpanya saat kecil.

6. Sign (2019) 

Bongkar Misteri di Balik Kematian, 6 Drama Jepang Bertema ForensikSign (asianwiki.com)

Yuzuki Takashi yang diperankan aktor senior Omori Nao merupakan seornag dokter forensik handal namun kata-katanya kasar. Ia memiliki keadilan yang tinggi untuk memngungkap kebenaran.

Meski laboratorium forensik dalam keadaan kritis dimana mereka sedang kekurangan tenaga dan dana, Omori Nao serta tim terus saja menguak kebenaran di balik berbagai kasus. Kebenaran yang ada pun mengarah pada kebenaran lain yang ternyata dirancang oleh pihak berkuasa.

Kisah misteri selalu menjadi cerita menarik untuk diikuti. Pencarian kebenaran dengan ilmu forensik yang berbasis ilmiah membuat drama-drama ini begitu aktual. Forensik pun menjadi bidang yang kian seru untuk dikupas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Jepang Bergenre Thriller Di Netflix, Mendebarkan!

Malmal Amalia Photo Verified Writer Malmal Amalia

everything is not a giving, it is a blessing https://malmalredholic.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya