Comscore Tracker

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film Hollywood

Ada Alec Baldwin yang tak sengaja menembak kru hingga tewas

Nasib nahas menimpa Halyna Hutchins, sinematografer untuk film terbaru Rust, tewas karena tidak sengaja tertembak oleh Alec Baldwin saat sedang bekerja di lokasi syuting. Wanita berusia 42 tahun itu tertembak di bagian dada dan tewas saat di perjalanan menuju rumah sakit pada insiden yang terjadi hari Kamis (21/10) di Santa Fe, New Mexico. 

Insiden ini juga melukai sang sutradara, Joel Souza, yang berdiri tepat di belakang Hutchins. Ia diperbolehkan pulang setelah menerima perawatan pada bahunya yang terluka. 

Ini bukan pertama kalinya seorang aktor atau kru terluka parah saat menjalani syuting. Nyatanya, banyak insiden fatal yang terjadi oleh para aktor dan kru saat di balik layar. Beberapa di antaranya bahkan melakukan aksi yang menantang maut dengan menggunakan alat peraga berbahaya hingga berakhir nahas. Berikut ini adalah deretan tragedi mengenaskan yang pernah terjadi di balik layar film Hollywood. 

1. Brandon Lee tertembak mati di lokasi syuting The Crow pada tahun 1994 

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film HollywoodBrandon Lee di film The Crow (1994) (instagram.com/brandonleebrasil)

Anak dari legenda ahli bela diri Bruce Lee, yakni Brandon Lee, kehilangan nyawanya di usia 28 tahun saat ia sedang syuting untuk film The Crow (1994). Dalam adegan tersebut, karakternya diatur untuk berjalan menuju ke apartemennya dan mencari tunangannya yang diserang sebelum seorang penyusup menembakkan pistol ke arahnya.

Senjata yang digunakan saat itu adalah revolver dari Smith & Wesson asli dan telah diisi oleh peluru tiruan yang dibuat dengan meniru peluru asli. Namun, saat sedang melakukan adegan tersebut, peluru keluar dari revolver yang digunakan aktor lain dan menembak perut Brandon Lee.

Hal ini terjadi karena amunisi palsu hanya dikosongkan oleh mesiu, tetapi masih meninggalkan proyektil peluru yang terpasang di amunisi, sehingga memicu ledakan kecil dan mendorong peluru keluar dari senapan. Brandon Lee dilarikan ke rumah sakit, namun meninggal dunia setelah enam jam dioperasi.

2. Vic Morrow beserta dua aktor cilik tewas terpenggal karena ledakan helikopter ketika syuting film The Twilight Zone: The Movie tahun 1982 

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film HollywoodInsiden jatuhnya helikopter saat syuting The Twilight Zone: The Movie. (instagram.com/playseriesplaypelis)

Insiden tragis yang terjadi di lokasi syuting film The Twilight Zone: The Movie (1983) merenggut nyawa aktor Vic Morrow dan dua aktor cilik yakni, Myca Dinh Lee yang berusia tujuh tahun dan Renee Shin Yi Chen, berusia enam tahun.

Ketiganya sedang menjalani syuting adegan di mana karakter yang diperankan Morrow kembali ke Vietnam untuk melindungi dua anak itu, tetapi sebuah bencana terjadi ketika helikopter yang terbang di atas mereka terlempar ke tanah dan meledak selama adegan pengejaran.

Ledakan tersebut membuat ekor helikopter terpental dan memenggal kepala Morrow dan Lee yang saat itu jatuh ke tanah. Sementara Chen tergelincir dan hancur oleh badan helikopter tersebut.  

Baca Juga: 10 Aktris Hollywood yang Bermain di Film Marvel, Siapa Favoritmu?

3. Jon-Erik Hexum yang tak sengaja menembak kepalanya sendiri dengan peluru kosong saat syuting serial TV Cover Up pada tahun 1984 

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film HollywoodJon-Erik Hexum (youtube.com/The Strange Ending)

Saat syuting episode ketujuh serial TV Cover Up (1984), Jon-Erik Hexum tertembak mati oleh peluru kosong pada pistol yang digunakannya. Saat itu, ia berperan sebagai agen CIA yang menyamar sebagai sebagai model pria dan diberi pistol dengan peluru kosong.

Pengambilan gambar yang tertunda membuat Hexum kesal kemudian ia bermain-main dengan senjata api yang dipegangnya selama waktu istirahatnya, sembari menirukan permainan Russian roulette. Hexum mengisi senjatanya dengan peluru kosong, memutar sarangnya, meletakkan moncong pistol di pelipisnya, lalu menembaknya.

Efek dari tembakkan peluru kosong itu menghancurkan otaknya dan menyebabkan pendarahan hebat. Hexum dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi darurat. Ia meninggal dunia lima hari kemudian karena lukanya yang cukup parah. 

4. Asisten kamera tertabrak kereta di lokasi syuting Midnight Rider pada tahun 2014  

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film Hollywoodcuplikan detik-detik terakhir tewasnya Sarah Jones di lokasi syuting Midnight Rider (youtube.com/Variety)

Sarah Jones yang merupakan asisten kamera tewas saat melakukan rekaman untuk film Midnight Rider (2014), sementara tujuh kru lainnya terluka parah setelah menyelamatkan diri.

Kala itu, para kru tengah menyiapkan set di rel kereta api. Sutradara film Midnight Rider, Randall Miller sudah diberi tahu bahwa ada dua kereta yang melintas di rel tersebut setiap harinya. Setelah dua kereta berlalu, kru kembali menyiapkan set di atas rel. Kejadian tak terduga pun terjadi, kereta ketiga muncul dan membuat para kru berlari untuk menyelamatkan diri.

Nahas, Sarah Jones yang tak sempat menyelamatkan diri tewas karena tersambar kereta. Sementara itu, Randall Miller diputuskan bersalah oleh pengadilan karena kasus pembunuhan terhadap Sarah Jones, dan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.

5. Stuntwoman Joi ‘SJ’ Harris tewas di tempat saat mengendarai sepeda motor di lokasi syuting Deadpool 2  

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film HollywoodJoi 'SJ' Harris (instagram.com/sj24_sidewayz)

Joi ‘SJ’ Harris harus kehilangan nyawanya saat menjadi stuntwoman untuk pertama kalinya di film Deadpool 2 (2018). Kala itu, ia menggantikan peran Domino yang diperankan oleh Zazie Beetz.

Selama menjalani syuting, Harris yang merupakan mantan pembalap, kehilangan kontrol akan motor yang dikendarainya hingga akhirnya menabrak jendela berkaca di Shaw Tower, yang berlokasi di Vancouver, Kanada. Insiden ini diperparah dengan Harris yang tidak mengenakan helm, karena memang dikisahkan bahwa Domino tidak mengenakan helm pada adegan tersebut. Kematiannya memberikan luka yang mendalam bagi para kru dan pemain.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Don Lee Soal Gilgamesh hingga Aktor Korea di Hollywood

6. Salah satu anggota kru tewas saat syuting film Resident Evil: The Final Chapter pada tahun 2017  

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film Hollywoodcuplikan film Resident Evil: The Final Chapter (2017) (youtube.com/Sony Pictures Entertainment)

Ricardo Cornelius yang merupakan anggota kru film Resident Evil: The Final Chapter (2017), harus meregang nyawa di lokasi syuting tempat ia bekerja setelah sebuah mobil tanpa pengaman meluncur lalu menabraknya.

Cornelius sempat dibawa ke rumah sakit, namun akhirnya meninggal dunia karena lukanya yang terlalu parah. Sementara itu, Jovovich Olivia yang merupakan pemeran pengganti di film tersebut juga berakhir nahas dan harus kehilangan lengan kirinya karena terluka parah saat sedang melakukan aksi di sepeda motor.

7. Stuntman film The Dark Knight tewas saat melakukan adegan yang melibatkan Batmobile 

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film HollywoodBatmobile (instagram.com/dcfamily)

Seorang stuntman bernama Conway Wickliffe tewas saat sedang bertugas untuk adegan film The Dark Knight (2008), di mana ia harus bersandar ke luar jendela mobil Nissan 4x4 yang sedang berjalan untuk mengejar adegan ketika Batmobile meledak. Mobil yang disandarinya tidak berputar seperti yang semestinya hingga akhirnya menabrak pohon.

Pengemudi mobil berhasil menyelamatkan diri, sementara Wickliffe yang juga pernah melakukan aksi di film Batman Begins (2005), meninggal di tempat kejadian setelah menderita cedera yang parah.

8. Pilot di filmTop Gun tewas saat pesawatnya jatuh ke Samudera Pasifik

Berakhir Nahas, 8 Tragedi Mengenaskan di Balik Layar Film Hollywoodcuplikan film Top Gun (1986) (instagram.com/thetopgunexperience)

Top Gun (1986) menjadi film penerbangan ikonik yang dibintangi oleh Tom Cruise. Film ini memiliki sejarah tragis di balik layarnya. Art Scholl yang merupakan seorang pilot stunt terkenal, tewas saat pembuatan film ini. Pria itu melakukan manuver pada pesawatnya dengan berputar terbalik, namun ia tidak mampu mempertahankan ketinggiannya.

Puing-puing pesawat berhasil ditemukan, namun tubuh Scholl dinyatakan hilang di Samudera Pasifik dan tidak pernah ditemukan.  

Itulah sederet tragedi mengenaskan yang pernah terjadi di lokasi syuting film Hollywood. Di balik kerennya plot dan sinematografi film Hollywood, nyatanya banyak film yang memiliki sejarah kecelakaan tragis yang menewaskan kru, pemeran pengganti, hingga pemeran utama. 

Baca Juga: 5 Film Populer Ma Dong Seok, Debut Hollywood di Eternals

Marcelina Francesca Photo Verified Writer Marcelina Francesca

The girl who loves writing and fangirling.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya