Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film Indonesia Bergenre Gore, Sadis Banget!

Efek tegang dan seram mebuat cerita jadi lebih utuh

Film dengan genre gore belum banyak dikenal di industri perfilman Indonesia. Pasalnya, genre film yang satu ini menyajikan banyak adegan sadis, penuh dengan darah. Biasanya, jenis film ini sering dipadukan dengan berbagai genre lainnya, seperti horor dan thriller. Selain menambahkan efek tegang dan seram, perpaduan dari genre tersebut juga akan memperutuh jalannya cerita.

Meskipun tidak banyak dikenal, di Indonesia juga terdapat beberapa film bergenre gore yang dipadukan dengan genre horror. Biar gak penasaran, di bawah ini ada tujuh rekomendasi film gore terbaik Indonesia buat kamu yang berani adu nyali.

1. Kala (2007) 

https://www.youtube.com/embed/mR4jkjXUOPg

Film yang membawa unsur gore terlama ini merupakan film kedua yang disutradarai oleh Joko Anwar. Dengan eksperimen yang berani, Joko menampilkan tontonan yang tidak biasa di dunia film Indonesia tahun 2007.

Mengusung genre fantasi noir, film eksperimental ini menggunakan sistem pengambilan gambar secara sinematografi dengan cerita mengenai perburuan harta yang dibalut dalam ramalan Jayabaya. Berlatar di negeri antah-berantah, adegan-adegan menyeramkan dihadirkan dari pembunuhan yang berasal dari sebuah kutukan.

2. Rumah Dara (2009) 

https://www.youtube.com/embed/gh9bmTwo9-I

Film yang dirilis tahun 2009 ini memang sudah terkenal sebagai film horor gore Indonesia nomor satu. Berkisah tentang sebuah keluarga pemakan manusia, film besutan The Mo Brothers ini berhasil membuat penonton ketakutan dan ngeri di sepanjang adegan.

Film yang memenangkan beberapa penghargaan di berbagai festival film internasional ini, berlatar di sebuah restoran yang menyajikan daging manusia sebagai bahan utamanya. Karena hal tersebut, film ini juga menjadi film pertama yang dicekal di Malaysia dengan alasan banyaknya adegan psikopat dan sadis yang muncul.

3. Pintu Terlarang (2009) 

https://www.youtube.com/embed/t3XZAUNgNzQ

Rilis di tahun yang sama dengan film sebelumnya, Pintu Terlarang merupakan film yang mengambil genre gore thriller. Melalui besutan sutradara Joko Anwar, film yang diadaptasi dari novel tulisan Sekar Ayu Asmara ini berhasil menyuguhkan materi baru dalam perfilman Indonesia pada masa itu.

Berkisah tentang seorang pematung sukses yang tidak mempunyai anak bernama Gambir, adegan demi adegan dalam film ini tampil dengan berdarah-darah dan penuh misteri. Seperti ketika patung-patung perempuan hamil buatan Gambir yang terlihat sangat hidup kerana adanya janin hasil aborsi di setiap perutnya.

Sepanjang film memberikan sensasi mencekam yang berbeda serta menampilkan berbagai adegan sadis. Pokoknya kamu wajib banget nonton film ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Thriller Tahun 2000-an, Tegangnya Maksimal!

4. Modus Anomali (2012) 

https://www.youtube.com/embed/GvrRwqEv2sI

Masih dalam besutan sutradara yang sama, Joko Anwar, film yang dirilis tahun 2012 ini mengangkat cerita psikopat sebagai bahan utamanya. Permainan utama dalam film ini berasal dari pembataian sebuah keluarga yang tengah berlibur di suatu hutan.

Adrenalin penonton akan semakin dipacu dengan adanya adegan-adegan sadis yang terlihat sangat nyata. Sinematografinya patut diacungi jempol, film yang mengusung genre psychological thriller ini mampu membikin penonton bingung dengan twist cerita yang penuh misteri dan tak terduga.

5. Killers (2014) 

https://www.youtube.com/embed/km-U2csTy3Q

Film Indonesia yang menampilkan genre gore selanjutnya adalah Killers. Dirilis tahun 2014, adegan gore yang disuguhkan dalam film yang tayang melalui kerja sama dengan rumah produksi Jepang ini termasuk brutal, lho.

Disutradarai oleh The Mo Brothers, film ini berkisah tentang seorang eksekutif muda dari Jepang yang mempunyai jiwa psikopat bernama Nomura Shuhei. Dalam film ini, Nomura digambarkan mempunyai obsesi membunuh, mendokumentasikan, dan mengunggah hasil pembunuhannya ke internet.

Dengan dukungan karakter yang bertampang sadis dan tidak kenal ampun, adegan menyeramkan di film ini terasa sangat nyata. Karena itu, film ini menjadi salah satu deretan film jagal terbaik di Indonesia.

6. Marlina si Pembunuh dalam 4 Babak (2017) 

https://www.youtube.com/embed/Ikgy2Xukwng

Marlina si Pembunuh dalam 4 Babak dirilis tahun 2017. Film ini berani menghadirkan tema sensitif terkait berbagai fenomena sosial yang terjadi. Mengambil latar di Sumba, berkisah mengenai sosok Marlina, seorang janda yang menuntut keadilan atas pemerkosaan dirinyanya.

Film ini menyuguhkan gambaran sosok perempuan di daerah pedalaman, di mana penonton akan disajikan realitas mengenai susahnya kaum perempuan untuk mendapatkan keadilan. Mulai dari pencarian hak-hak atas tubuh dan diri mereka sendiri, dan kesenjangan sosial di Indonesia.

Selain menghadirkan cerita yang kuat, film yang digarap oleh Mouly Surya dan ditulis oleh Garin Nugroho ini juga menampilkan adegan sadis dengan begitu brutal. Sebut saja adegan pemenggalan kepala pelaku pemerkosaan Marlina yang ditampilkan dengan sadis.

7. Sebelum Iblis Menjemput (2018) 

https://www.youtube.com/embed/WyOdg8psCxI

Mengangkat genre horor gore, film yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto ini menghadirkan sosok hantu yang sadis sekaligus menakutkan. Dengan dibintangi oleh dua aktris favorit, Chelsea Islan, dan Pevita Pearce, film ini bercerita mengenai masa lalu kelam dari pemeran utama.

Adegan demi adegan menampilkan misteri dari masa lalu tokoh tersebut. Mulai dari kematian ibundanya yang misterius hingga ayahnya yang secara tiba-tiba menderita penyakit aneh. Lebih parahnya, ternyata terdapat rahasia yang menyebabkan nasibnya sangat mengerikan.

Gak kalah dari film produksi Hollywood, Indonesia sebenarnya punya banyak film terbaik yang kualitasnya di atas rata-rata. Jadi, sudah putuskan mau menonton film yang mana dulu?

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya