Comscore Tracker

5 Lirik Lagu Indie Lokal Ini Syarat akan Makna, Pas Buatmu Merenung!

Berhentilah sejenak, sudah benarkah langkah kita?

Tahun 2019 sepertinya menjadi panggung emas bagi musik-musik indie. Musik indie semakin digandrungi oleh banyak penikmat terutama kaum millenial .

Biasanya kita hanya terpaut pada kata mellow dalam lirik atau gembira karena komposisi instrumen musik karya musisi indie tanpa kita sadari banyak pesan kritis yang disampaikan bagi kita untuk merenungi banyak nilai dalam hidup kita, antara lain:

  • Politik dan kenegaraan

  • Kehidupan sosial bermasyarakat

  • Rutinitas dan Passion

  • Siklus hidup

  • Cinta dan sebagainya

Berikut beberapa lagu indie dan musisinya yang memiliki pesan kritis dan dalam pada karyanya yang akan membuat kita merenungi setiap jalan yang akan atau telah kita tapaki dalam hidup kita.

1. Pesan kritis terhadap kondisi politik tanah air (Iksan Skuter - Partai Anjing)

https://www.youtube.com/embed/g-I9kWJm7x4

Beberapa orang mungkin masih asing dengan musisi indie yang satu ini, tapi bagi penikmat musik dengan lirik satir nan cerdas nama Iksan Skuter sudah menjadi musisi pilihan untuk mengisi kebutuhan akan pesan cerdas penuh kritiknya.

Berikut sepenggal lirik Iksan Skuter - Partai Anjing :

Aku punya ide bikin partai baru
Namanya partai anjing
Logo gambar partai garis segilima
Tengahnya gambar anjing
Punya program kerja korupsi terang-terangan
Yang tak mau korupsi jangan masuk partai kami

Kita diberi paparan cerdas mengenai mayoritas ritme kerja partai yang masih belum bisa mengakomodir suara rakyat diatas suara dan kepentingan partai.

Iksan Skuter melalui lagunya menjaga semangat legenda Iwan Fals guna mengingatkan kita sebagai rakyat Indonesia untuk selalu peduli dan menjaga keberlangsungan negara ini melalui kepedulian dan pengawasan atas setiap langkah kinerja wakil rakyat. Sampai kapankah anjing-anjing itu terus ada dan menjadi duri dalam daging di negeri ini?

2. Masyarakat saat ini yang sempit dalam berpikir dan penuh prasangka (Iksan Skuter - Bingung)

https://www.youtube.com/embed/tm-Kcswxvqw

Masih dengan Iksan skuter, outlook gahar, tegas namun sederhana tak bisa mendeskripsikan dirinya akan membuat karya ciptaannya sesederhana penampilannya.

Lagu "Bingung" memberi gambaran akan mirisnya kehidupan saat ini. Semakin majunya teknologi tak sejalan dengan semakin majunya persatuan dan keharmonisan dalam kekeluargaan sebagai nilai luhur bangsa.

Berikut sepenggal lirik Partai Anjing by Iksan Skuter :

kiri dikira komunis
kanan dicap kapitalis
keras dikatai fasis
tengah dinilai tak ideologis
muka klimis katanya necis
jenggotan dikatai teroris
bersurban dibilang kearab-araban bercelana lepis dibully kebarat-baratan diam dianggap fasis
lantang katanya supersif
bertani dianggap kuno
jadi pegawai distempel mental ndog memilih jadi kere salah

Melalui lagunnya bang Iksan ingin menyampaikan bahwa kita harus mulai concern  terhadap hal - hal yang mungkin terlihat sepele tapi perlahan menggerus nilai - nilai persatuan kebangsaan kita. Mari buanglah prasangka, jangan pedulikan opini buruk yang memecah belah serta berhentilah merasa paling benar.

Selama engkau masih memanusiakan manusia dan menghargai sesama sekalipun jalan hidup (dalam konteks positif) itu berbeda-beda. Apakah masih ada prasangka yang menjadi batas tak kasat mata di tengah persaudaraan kita?

Baca Juga: 5 Genre Musik Indie yang Sedang Naik Daun di Kalangan Anak Muda

3. Kejenuhan akan rutinitas semu dan mulai bergerak maju (Fourtwnty - Zona Nyaman)

https://www.youtube.com/embed/OnfYLBNvrPw

Band Indie yang beranggotakan Ari Lesmana, Nuwi dan Roots memberikan pesan mendalam dalam lagunya yang berjudul "Zona Nyaman". Lagu yang masuk dalam album kedua dari band ini menggugah hati dan pikiran kita yang selama ini terjebak dalam rutinitas semu yang kita jalani karena tidak sesuai dengan jati diri atau passion kita yang sesungguhnya.

Berikut penggalan lirik lagu dari Fourtwnty - Zona nyaman

Pagi ke pagi ku terjebak di dalam ambisi
Seperti orang-orang berdasi yang gila materi
Rasa bosan membukakan jalan mencari peran
Keluarlah dari zona nyaman

Zona nyaman sering kali menjadi momok pergumulan dalam batin kita. Banyak sekali ketakutan untuk kita keluar dari kepalsuan yang sudah kita jalani hanya untuk mengisi perut, tapi bukan yang sebenarnya membuat kita benar - benar bahagia. Apakah kamu sudah benar - benar bahagia dengan kondisimu sekarang?

4. Perjumpaan, perpisahan dan kenangan persahabatan (Endank Soekamti - Sampai Jumpa)

https://www.youtube.com/embed/6OMQsYDbbnI

Siapa sih yang ga kenal sama Endank Soekamti? Musisi bergenre pop-punk ini selalu bisa memberi kegembiraan di dalam setiap karyanya.

Namun dalam lagu terbarunya yang berjudul "Sampai Jumpa", grup band ini ingin menyampaikan pesan mendalam tak hanya soal hanya tentang persahabatan.

Berikut lirik lagu Endank Soekamti - Sampai Jumpa :

datang akan pergi
lewat kan berlalu
ada kan tiada bertemu akan berpisah
awal kan berakhir
terbit kan tenggelam
pasang akan surut bertemu akan berpisah
Hey!
sampai jumpa di lain hari
untuk kita bertemu lagi
ku relakan dirimu pergi
meskipun
ku tak siap untuk merindu
ku tak siap tanpa dirimu
ku harap terbaik untukmu

Suka atau tidak suka di setiap pertemuan akan ada perpisahan, hal merupakan 2 bagian hidup yang tak bisa dipisahkan. Siap atau tidak siap, suka atau tidak suka?  Hidup akan terus berjalan sebagaimana mestinya.

Kita memang tidak tahu kapan waktu perpisahan itu tiba, berbuat baiklah sepenuh hatimu bagi orang sekitarmu selagi masih ada waktu bersama. Karena jika waktu perpisahan itu tiba, hanya kenangan yang bisa membuat kita merasa dekat sekalipun terpisah jarak yang jauh. Sudahkah kamu mempersiapkannya?

5. Perjuangan sia-sia memeluk luka yang dianggap cinta (Amigdala - Tuhan Sebut Sia-Sia)

https://www.youtube.com/embed/syJtnH5m3_Q

Cinta? Siapa yang tidak tahu kata itu. Namun sebatas tahu tanpa mengenal betul komposisi dan konsep dasar dari cinta itu sangatlah naif. Sejatinya cinta itu perjuangan dua orang bersama-sama merajut mimpi yang mereka sepakati di awal untuk dibina bersama, namun apa jadinya bila salah satu telah lupa akan nilai awal yang mereka jaga dan bina? 

Sementara yang satu masih terperangkap dalam rasa ingin berjuang, sementara secara logika hal tersebut adalah kesia-siaan yang tak perlu dipertahankan. Berikut lirik Amigdala - Tuhan Sebut Sia-Sia

Aku.
Dingin.
Dan kau makin semarak menuang cuka di atas luka.
Aku mendakimu jauh sampai patah kaki.
Sedang kau mati suri berdendang sendiri.
Aku mendakimu jauh sampai patah kaki.
Sedang kau mati suri berdendang sendiri.
Sejak itu Tuhan sebut kita sia-sia.
Sejak itu Tuhan sebut kita sia-sia.

Luka yang tanpa sadar kita genggam dengan halusinasi harap semu akan cinta yang kembali membaik, sedang Tuhan yang sering kita jadikan tempat mengadu dalam doa telah memberi pesan dalam tanda yang ingin Ia sampaikan lembut bahwa semua ini sia-sia.

Bilamana Tuhan sudah berpesan itu semua sia-sia dalam berbagai pertanda sebagai tuntunan atas pertanyaan dalam doamu. Masihkah kamu mau terjebak dalam luka yang kamu anggap cinta? Atau memang kamu telah pasrah dan menikmati kesia-siaan dari luka ini?

Nah dari beberapa lagu di atas lagu mana yang pas menggambarkan perenungan yang ingin kamu ambil atas hidup ini? 

  • Politik?

  • Kondisi Sosial?

  • Persahabatan dan Cinta? Atau hal lain?

Lirik lagu yang cerdas dan mendalam dipadu dengan komposisi irama yang pas mengisi jiwa kita dengan ragam warna dan perenungan dalam mencari nilai hidup. Sudahkah kamu merenungkannya?

Baca Juga: 5 Alasan Musik Indie Wajib Nangkring di Playlist-mu!

Marolop Basana Parulian Panggabean Photo Community Writer Marolop Basana Parulian Panggabean

Jika kau tak bisa mengutarakan banyak hal secara lisan, sampaikan dengan tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You