Comscore Tracker

Membingungkan, 7 Film Misteri yang Bikin Kamu Berpikir Keras

Apalagi jika dikombinasikan antara misteri dan thriller

Film merupakan salah satu hiburan yang dapat mengobati rasa bosan pada waktu luang. Agar lebih menarik dan bervariasi, film bisa terdiri dari beberapa genre, di antaranya horor, aksi, thriller, misteri, komedi, fiksi ilmiah, dan beberapa lainnya.

Film bergenre misteri biasanya sering berkaitan dengan pemecahan sebuah kasus dan semacamnya. Hal itu bisa membuat penonton berpikir keras tentang jalan ceritanya. Apalagi jika dikombinasikan antara misteri dan thriller. 

Berikut ini adalah tujuh rekomendasi film bergenre misteri yang bisa bikin kamu berpikir keras. Apa sajakah itu? Mari kita simak!

1. Knives Out (2019)

https://www.youtube.com/embed/xi-1NchUqMA

Knives Out adalah film Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai Rian Johnson. Film ini bergenre drama, komedi, kriminal, dan misteri. Knives Out menceritakan tentang pembunuhan seorang penulis terkenal, Harlan Thrombey, yang diperankan Christopher Plummer. Pihak kepolisian kemudian mengusut pembunuhan tersebut bersama detektif swasta ternama, Benoit Blanc, yang diperankan Daniel Craig.

Selain Christopher Plummer dan Daniel Craig, film ini juga dibintangi pemeran lainnya. Chris Evans, misalnya, berperan sebagai Hugh "Ransom" Drysdale. Sementara itu, Ana de Armas berperan sebagai Marta Cabrera yang menjadi perawat Harlan. 

Fakta-fakta dan petunjuk yang ditemukan dalam penyelidikan secara perlahan membuat kasus mendekati titik terang. Mulai dari jejak-jejak kaki, tanah kering di karpet, hingga anak tangga yang patah.

Detektif Benoit Blanc awalnya merasa sedikit heran jasanya disewa untuk kematian Harlan. Padahal dalam surat kabar telah diberitakan bahwa sebab dari kematiannya adalah bunuh diri.

2. Searching (2018)

https://www.youtube.com/embed/3Ro9ebQxEOY

Searching merupakan film bergenre misteri-thriller tahun 2018 yang disutradarai Aneesh Chaganty. Film ini menceritakan tentang seorang ayah bernama David Kim yang diperankan oleh John Cho. 

David Kim berusaha untuk menemukan putrinya yang hilang, Margot Kim, yang diperankan oleh Michelle La. Seorang polisi bernama Rosemary Vick kemudian mengajukan diri untuk membantu David dalam mencari Margot.

Film keluaran Amerika Serikat ini mengambil sudut pandang dunia digital, yaitu smartphone dan layar komputer. Sebelum Margot menghilang, ia sempat menggunakan salah satu situs media sosial sejenis blog video dan sempat saling bertukar pesan dengan akun pengguna bernama fish_n_chips.

David merasa ada sesuatu yang tidak beres. Apalagi ketika ia menghubungi tempat les pianonya Margot. Gurunya bilang bahwa Margot sudah berhenti les piano sejak enam bulan lalu.

3. Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011)

https://www.youtube.com/embed/DpxtbtnC1u8

Sherlock Holmes: A Game of Shadows adalah film bergenre misteri dan aksi yang tayang pada 2011. Film ini disutradarai Guy Ritchie dan diproduksi oleh Joel Silver, Lionel Wigram, Susan Downey, dan Dan Lin.

Film ini merupakan lanjutan dari film sebelumnya, yaitu Sherlock Holmes (2009). Ceritanya berasal dari novel fiksi berjudul Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle.

Sherlock Holmes: A Game of Shadows dibintangi Robert Downey Jr. yang berperan sebagai Sherlock Holmes dan Jude Law sebagai Dr. John Watson. Noomi Rapace juga ikut membintangi film ini dengan berperan sebagai Simza.

Film ini sendiri sebenarnya menggabungkan cerita karangan Conan Doyle. Dalam Sherlock Holmes: A Game of Shadows, Holmes dan Watson melakukan perjalanan melintasi beberapa negara Eropa untuk menggagalkan rencana jahat yang dibuat oleh musuh bebuyutan mereka, Profesor Moriarty.

4. A Witness Out of The Blue (2019)

https://www.youtube.com/embed/l3tzEjRlchg

A Witness Out of the Blue (2019) adalah sebuah film misteri-thriller-kriminal yang berasal dari Hong Kong. Film ini diproduksi oleh Derek Yee dan ditulis serta disutradarai oleh Andrew Fung. Tokoh utama pada film ini adalah Louis Koo yang berperan sebagai Sean Wong, seorang perampok yang menjadi tersangka utama sebuah kasus pembunuhan.

Sean Wong memimpin sebuah perampokan bersenjata di salah satu toko perhiasan sekitar tiga bulan sebelum kejadian pembunuhan. Tiga bulan kemudian, teman sesama perampok, Homer Tsui, ditemukan tewas di sebuah apartemen. Kepala Inspektur kepolisian mencurigai Sean Wong sebagai pembunuhnya karena ia adalah orang terkuat di kelompok mereka.

Kasus tersebut menjadi begitu rumit karena satu-satunya saksi hanyalah seekor burung beo. Karena tak terima dijadikan tersangka, Sean Wong pergi dengan menyamar dan berusaha mencari tahu pembunuh sebenarnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Misteri Underrated yang Bikin Senam Jantung

5. Zodiac (2007)

https://www.youtube.com/embed/yNncHPl1UXg

Zodiac adalah sebuah film bergenre misteri-thriller Amerika Serikat yang tayang pada 2007. Film ini disutradarai oleh David Fincher dari sebuah skenario yang ditulis oleh James Vanderbilt, berdasarkan buku nonfiksi karangan Robert Graysmith dengan judul yang sama.

Zodiac dibintangi Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, Robert Downey Jr., dan beberapa lainnya. Film ini bercerita tentang perburuan Zodiac Killer, seorang pembunuh berantai yang meneror San Francisco Bay Area pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Kasus ini menjadi salah satu kejahatan paling terkenal di Amerika Serikat yang masih belum terungkap hingga saat ini.

Seorang kartunis terkemuka di San Fransisco bernama Robert Graysmith mengajak seorang reporter bernama Paul Avery untuk bekerja sama dalam mengungkap identitas pembunuh berantai tersebut. Pada setiap aksi pembunuhannya, Zodiac Killer selalu memberikan teka-teki misterius tentang aksi pembunuhan yang akan dilakukan selanjutnya. Robert dan Paul pun berusaha untuk memecahkan teka-teki tersebut agar pembunuhan berikutnya tidak terjadi. Di sisi lain, seorang detektif bernama David Toschi ternyata juga ingin mengungkap identitas asli dari Zodiac Killer.

6. Enola Holmes (2020)

https://www.youtube.com/embed/1d0Zf9sXlHk

Enola Holmes adalah film bergenre misteri yang tayang pada 2020. Jalan cerita pada film ini berdasarkan pada buku pertama dalam serial fiksi  karangan Nancy Springer dengan judul yang sama. Enola Holmes disutradarai Harry Bradbeer. 

Film ini dibintangi Millie Bobby Brown yang berperan sebagai Enola Holmes, Henry Cavill sebagai Sherlock Holmes, Sam Claflin sebagai Mycroft Holmes, dan Helena Bonham Carter sebagai Eudoria Holmes.

Enola Holmes mengisahkan tentang perjalanan Enola Holmes, adik dari Sherlock Holmes dan Mycroft Holmes. Enola memiliki kecerdasan dan kecerdikan yang tidak kalah dengan Sherlock sebagai seorang detektif terkenal di dunia. Sejak kecil, Enola sudah dekat sekali dan selalu bersama ibunya. Ia dididik menjadi seorang perempuan yang cerdas dan pemberani.

Pada suatu pagi, tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-16, Enola mendapati ibunya menghilang dari rumah. Setelah ia cari-cari di semua bagian rumah, ia hanya menemukan kartu bahasa bunga serta permainan kata yang biasa ia dan ibunya mainkan.

Enola memutuskan untuk menghubungi kedua kakaknya agar bersama-sama mencari ibunya. Namun, Mycroft sepertinya tidak tertarik untuk ikut mencari. Ia justru lebih menginginkan adik perempuannya untuk masuk sekolah perempuan agar Enola menjadi perempuan yang disiplin dan dapat diterima oleh masyarakat. Enola menentang keputusan kakaknya. Ia melarikan diri dari rumah dengan cara menyamar untuk mencari ibunya sendiri.

7. Shutter Island (2010)

https://www.youtube.com/embed/5iaYLCiq5RM

Shutter Island adalah sebuah film bergenre misteri, thriller, dan psikologi keluaran Amerika Serikat tahun 2010. Film ini disutradarai oleh Martin Scorsese dan ditulis oleh Laeta Kalogridis yang berdasarkan pada novel berjudul sama karangan Dennis Lehane.

Leonardo DiCaprio berperan sebagai Edward "Teddy" Daniels, Mark Ruffalo sebagai Chuck Aule, Ben Kingsley sebagai psikiater utama, dan Michelle Williams sebagai istri Daniels.

Film ini mengambil latar waktu tahun 1954. Seorang perwira polisi bernama Edward "Teddy" Daniels ditugaskan bersama rekannya, Chuck Aule, untuk mengungkap kasus misterius di sebuah rumah sakit jiwa tempat para tahanan krimimal dengan gangguan mental. Rumah sakit jiwa itu terletak di sebuah pulau terpencil bernama Shutter yang berada di Boston Harbor, Massachusetts.

Keduanya berusaha untuk menyelidiki hilangnya pasien bernama Rachel Solando yang ditahan akibat kasus pembunuhan pada ketiga anaknya. Sebelum diketahui menghilang, Rachel sempat meninggalkan sebuah catatan. Hal tersebut menjadi sebuah petunjuk misterius bagi Teddy dan Chuck.

Nah, itulah tujuh rekomendasi film bergenre misteri yang bisa bikin kamu berpikir keras. Dari kasus-kasus yang terjadi pada setiap film, kamu akan disuguhi tebakan-tebakan dalam pikiranmu pada jalan ceritanya. Kira-kira kamu mau menonton yang mana dulu?

Baca Juga: Bikin Penasaran, 5 Film Misteri Korea Ini Gak Boleh Kamu Lewatkan!

Miftahul Farohi Photo Writer Miftahul Farohi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya