Comscore Tracker

Legal Semua, 5 Dokumenter Konser Artis KPop yang Tersedia di YouTube 

Menarik untuk ditonton, nih! #WaktunyaKorea

Persiapan setiap grup atau idol KPop dalam menjalankan konser mereka memang membuat para penggemar penasaran. Makanya, sekarang sudah banyak dokumenter yang menunjukkan betapa sulitnya perjuangan tiap idol demi menunjukkan yang terbaik saat konser.

Beberapa dokumenter tersebut bahkan tersedia di YouTube disertai takarir (subtitle) bahasa Inggris dan Indonesia, lho. Jika kamu juga penasaran dan mau menontonnya secara legal, yuk, simak!

1. Seize The Light (TWICE) 

https://www.youtube.com/embed/mEtUkIDqbog

TWICE memiliki konten dokumenter yang gratis dan legal di YouTube, bahkan sudah ditonton jutaan kali untuk setiap episodenya. Dokumenter tersebut menjadi bukti usaha keras para member untuk menampilkan yang terbaik dalam konser mereka.

Perjuangan mereka di balik layar, cukup membuat penggemar terkesan. Walaupun hanya sebanyak 9 episode, para penggemar merasa bersyukur dan memahami lebih jauh tentang TWICE berkat dokumenter ini.

2. White Night (Taeyang BIGBANG) 

https://www.youtube.com/embed/ON8z51lNYt8

Taeyang BIGBANG membagikan konten dokumenter konser solonya di YouTube secara gratis. Menariknya, Taeyang tampak sangat totalitas dalam menyiapkan konsernya di berbagai negara.

Ketertarikan Taeyang terhadap musik, pemikiran, pun berbagai idenya dapat lebih kamu pahami saat menontonnya. Ia pun mengungkapkan betapa berarti berbagai momen dalam setiap tur yang membuatnya banyak berinteraksi dengan penggemar, lho.

Baca Juga: 9 Idol KPop yang Mendapatkan Bayaran Terbanyak dari YouTube

3. Hit The Road (SEVENTEEN) 

https://www.youtube.com/embed/uAzAY0WBbW8

Bertajuk Hit The Road, dokumenter SEVENTEEN yang tersedia di YouTube ini sangat berarti dan istimewa bagi para penggemar. Menunjukkan betapa SEVENTEEN sangat serius dalam menjalani konser, bahkan berdiskusi dan latihan demi menunjukkan hasil terbaik.

Untuk dokumenter ini, kamu bakal melihat persiapan SEVENTEEN untuk tur dunia bertajuk SEVENTEEN WORLD TOUR 'ODE TO YOU' yang pastinya mengagumkan. Setiap episode gratis sepenuhnya, legal, pun sudah ada takarir bahasa Indonesia. Dokumenter ini memang lengkap, pun nggak mengecewakan.

4. The Original D&E Documentary (Super Junior D&E) 

https://www.youtube.com/embed/7aH-Gx50SSQ

Sudah pernah menggelar konser, sub unit Super Junior D&E pernah mendokumentasikan persiapan konser mereka. Tampak jelas bahwa Eunhyuk dan Donghae merasa bertanggung jawab dan sepenuhnya serius untuk menunjukkan yang terbaik bagi penggemar, yang sudah lama menantikan mereka.

Walaupun saat itu punya banyak kesibukan lain juga, mereka mempersiapkan konsernya dengan baik dan mengaku benar-benar bekerja keras. Kerja sama antara mereka dan staf pun ditunjukkan dengan baik.

5. Burn The Stage (BTS) 

https://www.youtube.com/embed/j6zWwAoEi_w

Diunggah tahun 2018 lalu, dokumenter bertajuk Burn the Stage milik BTS kini semakin banyak ditonton oleh para penggemar baru. Dokumenter ini pun memperlihatkan proses BTS dalam menyiapkan tur Wings 2017 pada berbagai negara.

Kamu bakal lebih melihat sisi manusiawi para member, pun memahami pemikiran mereka. Sayangnya, dokumenter ini hanya bisa diakses oleh pengguna fitur YouTube premium. Namun, kamu boleh menonton episode pertama secara gratis sebagai pertimbangan. Pasalnya, konten dokumenter ini sangat layak kamu tonton secara legal.

Semua dokumenter di atas memang layak kamu tonton, apalagi dibuat dengan sangat baik dan menunjukkan kerja keras para idol. Kamu juga pasti bakal lebih sungkan berkomentar jahat, deh, usai menyadari perjuangan mereka yang nggak mudah dalam segala hal.

Baca Juga: Tersedia di YouTube, 5 Konten BTS saat Baru Debut Ini Menarik Ditonton

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya