Comscore Tracker

5 Grup Korea yang Memiliki Banyak Lagu Sebelum Debut, Bikin Kagum! 

Berhasil menarik perhatian, nih #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Ada banyak cara untuk menunjukkan bakat berbagai grup asal Korea Selatan agar dapat mendapatkan perhatian publik, bahkan sebelum resmi debut. Salah satunya yakni dengan cara mengunggah lagu-lagu pre debut, biasanya untuk menunjukkan bakat menyanyi maupun menciptakan lagu. 

Masih banyak yang belum menyadari, ada beberapa grup yang sudah membuktikan produktivitas melalui lagu pre debut. Yuk, simak daftarnya berikut ini jika kamu penasaran. 

1. KARD 

https://www.youtube.com/embed/yPTcKSVAEvA

Beberapa bulan sebelum resmi debut, KARD sebenarnya sudah merilis beberapa single pre debut yang asyik didengarkan. Lagu pre debut pertama yang rilis yakni "Oh NaNa" pada 13 Desember 2016 lalu.

Kemudian, mereka lanjut merilis single seperti "Don't Recall" dan "Rumor" yang juga menarik perhatian. Barulah pada 19 Juli 2017, mereka resmi debut dengan album bertajuk Hola Hola.

2. WINNER 

https://www.youtube.com/embed/M_NC8r1fklw

WINNER mengikuti program survival bertajuk Who Is Next sebelum resmi debut. Dalam program tersebut, mereka juga diberikan tantangan untuk membuat lagu sendiri, hingga terciptalah beberapa lagu seperti "Smile Again" serta "Go Up" yang menginspirasi.

Kedua lagu pre debut mereka kemudian menjadi side track untuk album 2014 S/S begitu mereka resmi debut. Bakat tiap member WINNER dalam membuat lagu memang gak perlu diragukan, mengingat mereka sudah menunjukkannya di program survival.

Baca Juga: Ada Super Junior, 9 Grup KPop Ini Pilih 'Party' untuk Judul Lagunya

3. iKON 

https://www.youtube.com/embed/-hlm7oVFCcs

Seperti WINNER, iKON pun mengikuti program survival seperti Who Is Next dan Mix and Match. Mereka berjuang keras untuk dapat menciptakan lagu yang bagus di kedua program tersebut, hingga hasilnya memang gak mengecewakan.

Lagu seperti "Just Another Boy", "Climax", "Long Time No See", hingga "Sinosijak" sudah tercipta sebelum mereka debut. Namun, tentunya lagu-lagu tersebut kemudian rilis secara resmi pada album debut mereka yang bertajuk Welcome Back.

4. DAY6 

https://www.youtube.com/embed/n9wuTDi3bzs

DAY6 memiliki banyak lagu pre debut, berhubung mereka memang sudah aktif tampil untuk promosi dengan nama 5LIVE. Salah satu lagu pre debut mereka yang terkenal yakni "Pandora", yang sayangnya hingga saat ini belum resmi rilis.

Selain itu, mereka sudah mengisi soundtrack berjudul "Lovely Girl" untuk drama Bel Ami. Sementara itu, Young K tampaknya sudah produktif sebelum resmi debut karena menciptakan lagu berjudul "Without You" pada tahun 2010.

5. BTS 

https://www.youtube.com/embed/Sby_6W_I0dQ

BTS mengunggah banyak lagu pre debut dalam konten BigHit Exclusive. Mereka sebenarnya menggunakan lagu populer yang sudah ada sebelumnya, namun melakukan beberapa perubahan seperti mengubah bagian dari liriknya.

Namun, tentu saja lagu pre debut itu hanya diunggah pada channel resmi BANGTAN TV. Gak pernah benar-benar rilis secara resmi, tapi menunjukkan bahwa BTS sudah produktif di masa sebelum debut.

Lagu-lagu pre debut dari grup di atas juga bisa coba kamu dengarkan saat sedang bosan, lho. Semuanya gak mengecewakan, dijamin membuatmu terkesan.

Baca Juga: 6 Lagu Pre Debut BTS dalam Konten Bighit Exclusive, Bikin Kagum! 

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya