Comscore Tracker

Selain Joseon, 5 Era Pemerintahan Korea Ini Juga Jadi Latar KDrama

Nonton drama sambil belajar sejarah

Bagi penggemar KDrama, Dinasti Joseon tentu bukan istilah asing dalam kamus pecinta cerita berepisode ini. Dengan mengambil bermacam genre, Dinasti Joseon sudah barang tentu menjadi latar KDrama favorit.

Padahal, Korea memiliki beberapa era sebelum kemerdekaan yang tak kalah menarik dari Joseon, lho. Bahkan, era pemerintahan Korea ini sudah dibuat latar beberapa KDrama yang sudah tayang. Berikut adalah era pemerintahan tersebut.

1. Era tiga kerajaan Korea

Selain Joseon, 5 Era Pemerintahan Korea Ini Juga Jadi Latar KDramaaminoapps.com

Awalnya Semenanjung Korea adalah sebuah kesatuan dalam bentuk kerajaan yang disebut dengan Gojoseon. Namun, kerajaan ini harus tumbang atas invasi Dinasti Han dari Cina yang akhirnya membentuk tiga federasi kota yaitu kerajaan Goguryeo, Baekje, dan Silla.

Ketiga kerajaan ini perlahan memperkuat diri hingga bisa bertahan sampai 700 tahun. Namun pada 676 M Semenanjung Korea kembali bersatu dengan kekuatan kerajaan Silla yang bersekutu dengan Cina.

Drama yang mengambil era tiga kerajan ini di antaranya Jumong dengan latar kerajaan Goguryeo, Gye Baek dengan latar kerajaan Baekje dan Hwarang berlatar kerajaan Silla. Ketiganya menonjolkan cerita sejarah dari masing-masing kerajaan dengan beberapa mitos dan tradisi saat itu.

2. Era negara utara-selatan

Selain Joseon, 5 Era Pemerintahan Korea Ini Juga Jadi Latar KDramaasianwiki.com

Tiga kerajaan sudah bersatu karena invasi kerajaan Silla hingga berakhir dengan nama Unified Silla. Namun tak beberapa lama pejuang yang selamat dari kerajaan Goguryeo muncul.

Orang-orang tersebut menolak peraturan yang ada dan akhirnya mendirikan kerajaan Balhae yang menginvasi daerah teritorial bekas Goguryeo. Akhirnya muncullah era negara utara-selatan di mana utara dipegang oleh kerajaan Balhae dan selatan oleh Unified Silla.

Drama yang mengambil latar keadaan ini adalah Dae Jo Young. Drama ini berkisah seorang pria yang merupakan pendiri dari kerajaan Balhae. Dengan plot yang apik dan tokoh senior yang ikut berperan menambah drama ini semakin layak ditonton. Walaupun cerita dalam drama ini adalah sebagian besar fiksi bukan sejarah yang sebenarnya.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Joseon, Dinasti yang Sering Jadi Latar Banyak KDrama

3. Dinasti Goryeo

Selain Joseon, 5 Era Pemerintahan Korea Ini Juga Jadi Latar KDramakoreaboo.com

Kerajaan Unified Silla pada akhirnya gagal mempersatukan Semenanjung Korea sehingga era tiga kerajaan perlahan muncul kembali. Adanya pertempuran yang panjang akhirnya Unified Silla dan Baekjae yang baru bisa ditaklukkan dan berdirilah Goryeo. Rajanya memiliki misi mengambalikan kejayaan Goguryeo yang dulu pernah terjadi.

Drama yang mengambil era ini adalah Scarlet Heart: Goryeo yang bercerita perjalanan waktu seorang wanita ke dinasti Goryeo, Empress Ki yang bercerita tentang permaisuri dari dinasti Goryeo yang memiliki ambisi sehingga berpengaruh pada Dinasti Yuan di Cina dan Six Flying Dragons yang bercerita tentang Dinasti Goryeo yang porak poranda akibat pembentukan Dinasti Joseon.

4. Era kependudukan Jepang

Selain Joseon, 5 Era Pemerintahan Korea Ini Juga Jadi Latar KDramadramabeans.com

Tak hanya di Indonesia, Jepang juga melakukan penjajahan di Semenanjung Korea usai Dinasti Joseon ditaklukkan. Pendudukan Jepang sekitar 35 tahun membuat Semenanjung tak lagi memiliki kebebasannya.

Banyak swasta tutup karena tak sesuai standar yang diberikan, masyarakat diwajibkan berbahasa Jepang dan memiliki nama Jepang. Kependudukan Jepang berakhir ketika sekutu berhasil menaklukkan Jepang.

Drama yang berlatar era kependudukan Jepang di antaranya adalah Mr. Sunshine yang bercerita tentang seorang perwira yang sudah lama di Amerika kembali ke Korea dan diuji kesetiaannya pada negara Korea. Selain itu, ada juga drama Chicago Typewriter yang merupakan drama perjalanan waktu yang dilakukan penulis oleh mesin ketiknya.

5. Era perang Korea

Selain Joseon, 5 Era Pemerintahan Korea Ini Juga Jadi Latar KDramareelgood.com

Setelah Jepang resmi angkat kaki dari Semenanjung Korea, kini kependudukan berubah. Wilayah utara Korea didukung oleh Uni Soviet dan Selatan Korea didukung oleh Amerika. Bahkan hingga kini Semenanjung Korea rela terbagi dua, Korea Utara dan Korea Selatan. Tak ada perjanjian perdamaian walaupun kedua negara juga tak melakukan perang.

Drama yang mengambil latar kejadian ini adalah Legend of the Patriots. Alih-alih bercerita tentang pecahnya Semenanjung Korea, drama ini mengambil sudut pandang 9 patriot yang berjuang pada zaman tersebut. Tayang tahun 2010, drama ini berisi peperangan pada era perang Korea.

Itu adalah 5 era pemerintahan Korea yang berhasil diabadikan lewat film dan drama. Dengan mengambil berbagai jenis genre, sang sutradara memberikan ciri khusus pada setiap era. Jika penasaran, cus tonton film dan dramanya!

Baca Juga: 7 Tokoh Utama KDrama dengan Profesi Kriminal, Gagahnya Bikin Terpana!

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya