Comscore Tracker

Sadar, Gak? 6 Tipe Karakter Antagonis ini Selalu Muncul di Anime!

Ada yang beneran jahat, ada juga yang jahat karena keadaan

Antagonis adalah istilah untuk menyebut seorang karakter yang menjadi rival dari karakter protagonis dan menyebabkan konflik dalam sebuah cerita. Karakter antagonis sering digambarkan jahat atau mempunyai cara yang salah dalam mewujudkan keinginannya. Tentu saja itu karena kita ada pada sudut pandang karakter utama atau protagonis.

Sadar, gak sih? Dalam anime sendiri, ada beberapa stereotip karakter antagonis yang selalu digunakan dalam berbagai seri anime dari, mulai yang benar-benar berhati iblis sampai yang terpaksa melakukan kejahatan karena keadaan.

Berikut ini lima tipe stereotip antagonis yang sering muncul dalam berbagai anime. Check it out! 

1. Sang penakluk yang ambisius

Sadar, Gak? 6 Tipe Karakter Antagonis ini Selalu Muncul di Anime!topstrongest.fandom.com

Tipe antagonis yang satu ini merupakan yang paling klasik. Tujuan mereka hanya satu yakni menguasai dunia, bahkan alam semesta. Mereka akan melakukan segala cara untuk meraih impian mereka meski harus menghancurkan semua yang menghalanginya.

Bisa dibilang, penjahat dengan ambisi dan ketamakan besar ini merupakan dasar dari sosok antagonis. Kemudian, bermunculan para penjahat dengan backstory  yang kompleks. Namun, kadang konsep sederhana ini dapat digarap dengan apik.

Beberapa contoh antagonis ambisius terbaik dalam anime, antara lain Mereum dari seri Hunter X Hunter, Blackbeard dari One Piece, dan Gemini Saga dari serial Saint Seiya.

2. Jahat karena dibutakan dendam

Sadar, Gak? 6 Tipe Karakter Antagonis ini Selalu Muncul di Anime!anime.astronerdboy.com

Pernah dengan istilah"orang jahat terlahir dari orang baik yang tersakiti" ? Mungkin istilah tersebut paling tepat menggambarkan tipe antagonis yang pendendam ini. Keinginan mereka tidak muluk-muluk. Mereka hanya ingin membalas dendam pada seseorang atau sekelompok orang, namun menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

Karakter antagonis pendendam seperti ini biasanya mempunyai backstory yang tragis dan kadang mengundang simpati penonton. Namun, perbuatan mereka yang melibatkan berbagai orang tak bersalah untuk tujuan pribadi masih tetap membuat mereka jadi penjahat yang harus dihentikan.

Beberapa karakter antagonis anime dari kategori ini, seperti Enishi Yukishiro dari Samurai X yang ingin membalas Kenshin karena kematian Tomoe dan Scar dari Fullmetal Alchemist yang memburu para Alchemist dari Amsetris yang telah membantai sukunya.

3. Jahat karena konflik ideologi

Sadar, Gak? 6 Tipe Karakter Antagonis ini Selalu Muncul di Anime!gumdumu.blogspot.com

Karakter antagonis tidak melulu digambarkan sebagai seorang penjahat keji yang ingin dunia bertekuk lutut padanya. Kadang, karakter antagonis hanyalah seseorang yang kebetulan berbeda paham dengan protagonis sehingga menciptakan konflik antara kedua belah pihak.

Mereka punya ideologi untuk diperjuangkan dan punya rakyat untuk disejahterakan. Antagonis tipe ini biasanya punya tentara yang dengan suka rela bergabung dengannya karena menyadari visi dari sang antagonis. Biasanya, anime dengan genre perang seperti seri Gundam selalu punya antagonis tipe ini.

Salah satu contoh paling terkenal tentu saja Char Aznable dari serial Gundam yang berjuang untuk memerdekakan koloni luar angkasa Zeon karena merasa telah dikucilkan oleh Federasi Bumi. Selain itu, karakter Satou dari Ajin dan Pain dari Naruto juga bertindak ekstrem karena menginginkan kesetaraan bagi rakyatnya.

Baca Juga: 5 Anime yang Bernuansa Wild West Banget, Penggemar Koboi Wajib Nonton!

4. Terpaksa jahat untuk kebaikan

Sadar, Gak? 6 Tipe Karakter Antagonis ini Selalu Muncul di Anime!codegeass.fandom.com

Karakter antagonis dalam anime sudah berkembang. Tidak hanya penjahat berhati busuk saja, sekarang banyak antagonis yang bertindak jahat, namun sebenarnya berhati baik. Mereka berbuat kejahatan karena itu merupakan satu-satunya cara untuk menciptakan hasil terbaik bagi semua orang.

Antagonis tipe ini punya tekad kuat, bahkan siap dibenci oleh semua orang dan rela menjadi kambing hitam. Mereka bahkan bisa disebut sebagai pahlawan karena pengorbanan mereka untuk dikenang sebagai penjahat.

Zeref dari Fairy Tail ingin merebut Fairy Heart untuk menyelamatkan dunia dari Acnologia; Zero dari Code Geass ingin menguasai dunia karena dunia kacau balau dan perlu ditata ulang; bahkan Lordgenome dari Tengen Toppa Gurren Lagann memaksa manusia tinggal di bawah tanah karena perjanjiannya dengan Anti-Spiral agar tidak menyerang mereka.

5. God complex

Sadar, Gak? 6 Tipe Karakter Antagonis ini Selalu Muncul di Anime!cbr.com

God complex adalah seseorang yang telah terobsesi menjadi sosok Tuhan yang akan memimpin umat manusia ke jalan yang benar menurutnya. Antagonis dengan sifat God complex  ini perlahan menjadi mainstream dalam berbagai seri anime karena kepopuleran mereka.

Mereka adalah karakter yang menganggap dirinya paling benar dan layak memimpin umat manusia. Namun, di sisi lain, mereka juga bukanlah orang jahat. Mereka hanya menginginkan kesejahteraan manusia, tapi di bawah kekuasaanya.

Mereka membenarkan perbuatan jahat mereka karena keyakinan bahwa orang-orang tersebut merupakan pengorbanan untuk greater good.

Karakter anime penyandang God complex  yang paling terkenal adalah Light Yagami dari seri Death Note dan juga Father dari seri Fullmetal Alchemist

6. Psikopat

Sadar, Gak? 6 Tipe Karakter Antagonis ini Selalu Muncul di Anime!comicvine.gamespot.com

Tidak ada yang lebih buruk dari penjahat yang psikopat. Karakter antagonis ini tidak punya tujuan yang jelas. Mereka hanya suka melakukan apa yang mereka lakukan—yang dalam konteks ini—menyakiti orang lain dan menyebar kehancuran. Buruknya lagi, mereka tidak dibatasi oleh batasan moral.

Karakter antagonis yang punya sifat sadis dan sableng ini jarang mengundang simpati penonton meskipun diberikan background cerita yang menyentuh. Aksi mereka yang membunuh untuk kesenangan pribadi menunjukkan bahwa karakter psikopat ini memang tidak punya redeeming quality sama sekali. Mereka diciptakan untuk dibenci penonton. 

Hisoka dari Hunter X Hunter, Evny dari Fullmetal Alchemist, dan Johan Liebert dari Monster merupakan beberapa karakter psikopat yang paling terkenal di jagat anime. Meskipun diciptakan untuk dibenci, tingkah laku dan kepribadian mereka yang sableng malah kadang mencuri hati penonton.

Sekarang, kamu jadi tahu kan tipe-tipe penjahat yang sering kamu tonton pada anime-anime kesukaanmu, kan? Jadi, dari daftar di atas, tipe yang mana yang paling kamu favoritkan? 

Baca Juga: 5 Pertarungan Terbaik yang Pernah Ada dalam Anime Naruto

Mito Rudito Photo Verified Writer Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya