Comscore Tracker

5 Lagu Underrated Milik BTS yang Liriknya Naikin Semangat Juang Kamu 

Lagi patah semangat? Dengerin lagu ini! #WaktunyaKorea

Tantangan dan masalah yang dihadapi sering kali bikin kepala pusing dan hati jadi risau. Kita jadi down dan patah semangat karena persoalan yang datang bak tsunami. Daripada tenggelam dalam masalah, yuk balikin semangat kamu!

Dengerin rekomendasi lagu-lagu asik dan sedikit underrated  dari BTS, boyband asal Korea Selatan. Liriknya bakal bikin kamu kembali semangat hadapi masalah apa pun. Check this out!

1. BTS - Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/k-J_LxWLXeo

Lagu dari album "Skool Luv Affair" yang dirilis tahun 2014 ini sangat cocok buat kalian yang sedang bergumul dan berjuang dalam mencapai impian dan cita-cita kalian.

Dilansir dari genius.com, lagu ini bercerita tentang seorang muda yang berjuang mengejar impiannya dengan gigih bekerja keras, tapi masih saja tidak mengalami kemajuan. Alih-alih tenggelam dalam rasa frustasi karena kesuksesan yang tak kunjung tiba, orang muda tadi menyadari bahwa tidak apa-apa jika harus berhenti dan rehat sejenak. Lalu kembali melanjutkan perjuangan, dengan keyakinan bahwa suatu saat semua perjuangan dan kerja kerasnya akan terbayarkan. 

Di lagu ini BTS mereka seakan-akan menceritakan harapan dan keyakinan mereka bahwa sekarang mungkin semuanya terlihat mustahil, tetapi pada akhirnya jika kita tetap berusaha dan bekerja keras, suatu saat cita-cita kita akan terwujud. 

2. BTS - Sea (바다)

5 Lagu Underrated Milik BTS yang Liriknya Naikin Semangat Juang Kamu Youtube

Lagu BTS yang berjudul "Sea (바다)" ini merupakan hidden track dari mini album ke-5 BTS yang berjudul "Love Yourself - Her". Oleh karena itu, lagu ini hanya bisa didengarkan jika kamu membeli album tersebut. 

Lirik lagu ini sangat dalam dan menceritakan kesulitan, tekanan dan perjuangan yang dialami BTS sebagai grup idol. Mulai dari awal mereka debut, bagaimana mereka harus bersaing dengan grup lain yang berasal dari agensi yang lebih besar, konsep mereka yang tidak umum di Korea, hingga mencapai kesuksesan.

Bahkan setelah mencapai kesuksesan, mereka juga mengalami rasa takut jika kesuksesan dan ketenaran mereka yang sekarang, bisa hilang begitu saja, sehingga mereka harus bekerja lebih giat dan lebih keras dari sebelumnya.

Lagu ini cukup sedih sekaligus menguatkan setiap orang dalam setiap perjuangan mereka dengan menyadari bahwa itulah harga yang harus dibayar untuk mencapai impian dan kesuksesan.

3. BTS ft. Zara Larsson - A Brand New Day 

https://www.youtube.com/embed/6gkZGJG-yps

BTS World adalah mobile video game di mana pada game ini pemain mengambil posisi sebagai manager personal grup BTS. Khusus untuk game ini, BTS mengeluarkan album yang berisi original soundtrack dan theme song setiap chapter dari game tersebut. Salah satu lagu pada album ini yang liriknya bisa naikin semangat kamu adalah A Brand New Day.

Dibawakan oleh V dan J-hope dengan kolaborasi bersama penyanyi asal Swedia, Zara Larsson, lagu ini menceritakan tentang bagaimana jika kamu bekerja keras dan berjuang dengan ketekunan setiap hari, kamu bisa mencapai impian yang kamu rindukan.

Dilansir dari genius.com, berikut kutipan lirik yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, tepat pada bridge lagu yang dinyanyikan oleh Hoseok alias J-hope.

Oh yeah, though I was fearful, I didn't lower my head
Though I was dreadful, I just ran ahead
Because I believed in myself even at crossroads of persecution
Going my way, choices that are like mine (I heard)
Voice getting louder, the sound of breathing from happiness
I suddenly realized, I would make my dream come true, haha

Jadi, jangan fokus pada ketakutan dan kekhawatiranmu, tetapi fokuslah pada apa yang harus kamu kerjakan dan lakukan agar kamu semakin dekat dengan impianmu.

Baca Juga: 10 Foto Kocak BTS yang Dipotret Member BTS Sendiri, Antijaim!

4. BTS - Jump

https://www.youtube.com/embed/lpr-hsmClqQ

Lagu yang juga berasal dari album "Skool Luv Affair" ini mengisahkan bagaimana setiap anggota BTS, ketika kecil memiliki impian menjadi superhero dan bersemangat sekali mencoba menjadi superhero tersebut. Tetapi ketika dewasa, impian tidak lagi menjadi superhero, tetapi menjadi seseorang yang adalah pahlawan bagi diri mereka sendiri.

Walaupun impian telah berbeda, tapi BTS mengingatkan semangat dalam menggapai impian itu tidak boleh kalah dari pada waktu mereka kecil.

Dilansir dari genius.com, berikut kutipan lirik lagu "JUMP", yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris, pada bait pertama, dibawakan oleh pemilik Genius Lab, Min Yoongi (SUGA) dan Kim Taehyung (V).

To the times when the 10-year-old boy sang the theme song to his favorite superhero comic
I wanna go back so I close my eyes and scream
But nothing changes, reality is the same
No matter who tries to stop me
I will go on my way (What)
You only live once (What)
Leggo (Leggo!)
Leggo (Leggo!)
Even if I live for a day (What)
I'll have no regrets (What)
Let's jump
Let's jump! (Jump! Jump! Jump! Jump!)

Terkadang, kita harus mengejar impian kita dengan semangat layaknya anak-anak, yang fokus pada harapan dan impiannya. Terlepas dari rintangan dan masalah yang harus dihadapi dan melakukan yang kita bisa demi tercapainya impian tersebut.

5. BTS - Paradise

https://www.youtube.com/embed/obH7iPDAn2Q

Lagu dari album "Love Yourself : Tear" yang dirilis pada tahun 2018 ini menceritakan bagaimana orang-orang menganggap hidup itu terlalu singkat dan tergesa-gesa untuk mencapai hal yang dianggap hebat sampai melupakan 'surga' yang sesungguhnya ada di sekitar mereka.

Oleh karena tekanan-tekanan tersebut, orang-orang menjadi tertekan dan depresi, padahal hidup itu panjang. Layaknya maraton dan waktu bagi setiap orang untuk mencapai kesuksesan itu berbeda.

Dilansir dari genius.com, berikut kutipan lirik lagu "Paradise" tepat pada bait ke-2 yang dibawa oleh sang leader Kim Namjoon (RM) dalam terjemahan Bahasa Inggris.

We borrow dreams from others (Like a debt)
We learn that we need to become great (Like a light)
Your dream is actually a burden
If having a future is the only dream existing
Then what is the dream you had last night in your bed?
It’s alright if the name of the dream is different
Be it buying a laptop next month
Or just eating and sleeping
Not doing anything at all yet still having a lot of money
Who says a dream must be something grand
Just become anybody
We deserve a life
Whatever big or small, you are you after all

Intinya, jangan tergesa-gesa dalam mencapai 'impian' sampai lupa bahagia. Segala sesuatu punya waktunya masing-masing. Jangan bandingkan hidup dan pencapaian orang lain dengan hidup dan pencapaianmu. Asal kamu tidak bermalas-malasan, jujur dan gigih, waktu itu pasti akan tiba. Tetap semangat ya guys!

Nah, itulah lima lagu BTS yang bisa bikin harimu kembali bersemangat. Lagu mana aja nih yang uda pernah kalian dengar?

Baca Juga: 5 Penampilan Duet Jimin BTS dengan Member BTS Lainnya, Memukau!

MONICA GRACIA Photo Writer MONICA GRACIA

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya