Comscore Tracker

Punya Plot Twist Tak Terduga, 5 KDrama Ini Bikin Penonton Tercengang

EndingThe Penthouse paling mengejutkan, sih #WaktunyaKorea

Para penulis naskah untuk serial drama Korea hampir tak pernah kehabisan ide untuk menciptakan kisah-kisah yang unik dan menyegarkan bagi para penggemar KDrama. Banyak drama Korea yang menjadi populer karena diperankan oleh aktor dan aktris dengan kemampuan akting yang bagus dan telah diminati oleh banyak penggemar.

Namun juga banyak deretan drama yang mencuri perhatian penonton bukan karena para pemerannya melainkan dari eksekusi plot yang bagus sehingga nyaman dan tidak membosankan untuk ditonton. Tak jarang pula drama-drama ini memiliki plot twist yang bikin penonton tambah betah menikmati drama tersebut.

Berikut lima KDrama yang memiliki plot twist tak terduga hingga membuat penonton tercengang.

Info penting!

Artikel ini penuh dengan spoiler ending, ya. Buat kamu yang belum nonton tapi sudah penasaran dengan plot twist-nya, wajib banget mampir baca artikel ini, nih. 

1. He is Psychometric (2019)

https://www.youtube.com/embed/CPOG-wapkww

Drama ini mengusung cerita tentang seorang anak bernama Lee Ahn yang memiliki kemampuan psikometri setelah peristiwa kebakaran apartemen yang menewaskan kedua orang tuanya. He is Psychometric sebenarnya memiliki plot sederhana, yakni menemukan pelaku pembakaran apartemen yang memakan banyak korban jiwa. Lee Ahn berhasil lolos dari maut bersama dengan Kang Sung Mo, seorang remaja yang juga merupakan salah satu penghuni apartemen. Sung Mo merawat Lee Ahn layaknya saudara.

Lee Ahn mengembangkan kemampuan psikometrinya dan berhasil masuk akademi kepolisian menyusul Yoon Jae In. Jae In adalah anak dari penjaga apartemen yang dipenjara karena dituduh melakukan pembakaran. Mereka berdua, Lee Ahn dan Yoon Jae In berusaha mengungkap kebenaran yang membuat mereka kehilangan masa kecil bersama orangtua.

Sosok penjahat yang terus dipaparkan sejak awal episode adalah Kang Geun Taek, ayah Kang Sung Mo. Namun Lee Ahn dan Yoon Jae In tidak menyangka jika pelaku pembakaran apartemen yang sebenarnya adalah Kang Sung Mo. Hampir tidak banyak clue yang disisipkan untuk penonton menemukan bahwa penjahat sebenarnya merupakan salah satu pemeran utama.

2. Class of Lies (2019)

https://www.youtube.com/embed/biRrILwUW4w

Class of Lies tayang di jaringan OCN sepanjang 16 episode. Tingkat ketegangan yang ditampilkan dalam setiap episode KDrama Class of Lies layak diacungi jempol. Drama ini dibuka dengan adegan tewasnya Jung Su Ah, salah satu siswa di SMA Chunmyung.

Gi Moo Hyeok yang menangani kasus ini memutuskan menyamar menjadi seorang guru di SMA Chunmyung demi menemukan sang pelaku pembunuhan yang sebenarnya. Moo Hyeok menangani kasus ini dengan bantuan seorang guru BK bernama Ha So Hyeon dan seorang jaksa bernama Cha Hyeon Jeong. 

Dalam SMA Chunmyung, terdapat empat siswa unggulan yang paling dicurigai oleh Moo Hyeok. Mereka adalah Yoo Beom Jin, Lee Gi Hoon, Han Tae Ra, dan Na Ye Ri. Sepanjang episode kamu akan disajikan kecurigaan yang berubah-ubah diantara keempat siswa tersebut dan cukup sulit untuk menebak siapa pelaku sebenarnya dari salah satu diantara mereka.

Dari keempat siswa tersebut, sosok yang paling menjadi teladan di sekolah merupakan Yoo Beom Jin. Dia dikenal cerdas dan sosok baik hati. Namun sebenarnya Beom Jin adalah orang yang berusaha mengendalikan semua siswa dengan menggunakan kepribadian baiknya. Dia juga sosok yang punya obsesi tinggi terhadap kesempurnaan. Beom Jin awalnya menjadi siswa yang paling tidak layak dicurigai. Namun ternyata dialah sang pelaku sebenarnya. 

Baca Juga: 5 KDrama yang Bikin Kepala Pusing Tujuh Keliling, Banyak Plot Twist!

3. Vagabond (2019)

https://www.youtube.com/embed/Kln4ByBiq-o

Serial Vagabond yang tayang di jaringan SBS dan Netflix ini diperankan oleh Lee Seung Gi, Bae Suzy, dan Shin Sung Rok. Mengusung genre action thriller, Vagabond berbicara tentang seorang stuntman yang berusaha mengungkap kebenaran tentang kematian keponakannya akibat kecelakaan pesawat misterius.

Dia menjalankan misi tersebut bersama dengan salah satu agen rahasia Badan Intelijen Nasional. Cha Dal Gun, Go Hae Ri, dan Ki Tae Woong telah berkorban dan melakukan banyak hal untuk kemenangan mereka. 

Tuduhan terkuat diarahkan kepada Presiden John & Mark yakni Jessica Lee. Dalam proses menjalankan segala rencana untuk menemukan pelaku sesungguhnya, Cha Dal Gun, Go Hae Ri, dan Ki Tae Woong dibantu oleh Kepala Dynamic Systems Corporation yakni Edwark Park.

Setiap kali mereka dan tim hampir mengalami kegagalan, bantuan dari orang-orang di bawah Edwark Park selalu muncul tepat waktu. Tetapi yang paling mencengangkan tentu saja plot twistnya. Di akhir episode, penonton diberitahu bahwa yang menyebabkan kecelakaan pesawat sesungguhnya adalah Edward Park, bukan Jessica Lee.

4. Alice (2020)

https://www.youtube.com/embed/JLcSVSaNXc8

Perjalanan waktu yang diceritakan dalam serial Alice bisa dibilang cukup rumit. Namun drama ini berhasil dieksekusi dengan baik. Penjelasan setiap detail alurnya membuat penonton tidak terlalu kebingungan. Dan meskipun cukup banyak memasukkan istilah-istilah fisika, penonton yang awam dengan ilmu ini masih sanggup mengikuti alur cerita drama yang diperankan oleh Jo Woon dan Kim Hee Sun ini.

Dimensi berbeda yang digambarkan dalam Alice hanya ditonjolkan pada perbedaan waktu berdasarkan tahun, yakni antara waktu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Yoon Tae Yi dari tahun 2050 datang ke tahun 1992 untuk mengambil buku nubuat. Namun dia memutuskan menetap di tahun 1992 karena sedang mengandung.

Pada tahun 2010 Tae Yi meninggal karena dibunuh. Park Jin Gyeom, putranya, berusaha menemukan sang pembunuh ibunya. Banyak karakter yang diarahkan penulis naskah sebagai pembunuh Tae Yi. Namun yang tidak terduga, orang yang membunuh Yoon Tae Yi adalah Park Jin Gyeom, putranya sendiri yang datang dari masa depan.

5. Penthouse : War in Life Season 1 (2020)

https://www.youtube.com/embed/VFUlD7DNaQ8

Penthouse menjadi salah satu KDrama yang digemari penonton karena setiap episodenya selalu menyuguhkan plot twist tak terduga. Diperankan oleh Lee Ji Ah, Eugene, dan Kim So Yeon, drama ini berhasil menembus rating 30,5 persen pada episode terakhir. Antusiasme penonton tak surut meskipun setiap episodenya membuat penonton emosi karena hampir semua karakter adalah karakter jahat. Naskah drama ini ditulis oleh Kim Sun Ok, penulis naskah drama The Last Empress yang juga sempat populer di tahun 2019.

Drama ini bercerita tentang pembunuhan, perselingkuhan, balas dendam, dan persaingan panas antara para penghuni apartemen Hera Palace. Konsep 'war in life' sangat terasa di setiap episodenya. Ditambah lagi 'perang' yang terjadi dalam kehidupan di Penthouse penuh kompetisi dan setiap karakter bisa melakukan apapun demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Sang karakter utama, Shim Su Ryeon, diceritakan ingin membalas dendam dan menangkap pembunuh anak kandungnya. Namun dia tidak menyangka jika pembunuhnya adalah sahabatnya sendiri. Shim Su Ryeon merupakan seorang wanita cerdas. Dia tidak gegabah dalam menghadapi suaminya yang selingkuh dan mengungkap kasus kematian anaknya.

Su Ryeon punya rencana yang sangat rapi dan hati-hati dalam mengumpulkan bukti. Tetapi kecerdasan itu runtuh di episode terakhir ketika Shim Su Ryeon dibunuh oleh suaminya. Ending dengan karakter utama yang mati ini menjadi plot twist paling mencengangkan dari semua plot twist yang disajikan dalam drama Penthouse.

Manakah plot twist paling tak terduga selama kamu menonton kelima drama tersebut?

Baca Juga: 6 KDrama Membuatmu Jatuh Cinta dengan Genre Fantasi, Penuh Plot Twist!

Mufida Hana Photo Verified Writer Mufida Hana

Instagram/Twitter : @mufidafm | Article : linktr.ee/mufidafm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya