Comscore Tracker

6 Film Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio yang Bertabur Penghargaan

DiCaprio adalah aktor andalan Scorsese! #HypeIDN

Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio sudah sangat sering bekerja sama dalam sebuah film. Total ada lima film panjang dan satu film pendek arahan Scorsese yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Hebatnya, kelima featured film hasil kerja sama keduanya selalu mengantongi banyak nominasi penghargaan.

Mulai dari film kriminal, thriller, biopik, hingga komedi, pernah dibuat oleh keduanya. Film keduanya dinominasikan ke dalam berbagai penghargaan. Pada perhelatan Academy Awards saja, film Scorsese dan DiCaprio mendapatkan 31 nominasi dan memenangkan 9 di antaranya. Penasaran apa saja filmnya? Yuk, kita simak.

1. Gangs of New York (2002)

https://www.youtube.com/embed/qHVUPri5tjA

Film pertama yang dibuat Scorsese bersama Leonardo DiCaprio adalah Gangs of New York yang rilis pada 2002. Film ini merupakan adaptasi dari buku nonfiksi yang berjudul sama yang diterbitkan pada 1927. Film ini menceritakan peristiwa pertikaian yang terjadi antara penduduk asli yang merupakan Protestan dengan seorang imigran Katolik dari Irlandia. Cerita sesungguhnya terjadi 16 tahun setelah pertikaian tersebut saat anak dari salah satu pihak yang bertikai tersebut kembali untuk membalas dendam.

Film ini mendapatkan sepuluh nominasi Oscar pada Academy Awards 2003, termasuk Best Picture dan Best Director, namun tidak memenangkan satu pun. Film ini menandai awal kerja sama antara Scorsese dan DiCaprio yang terus bertahan hingga 2 dekade ke depan.

2. The Aviator (2004)

https://www.youtube.com/embed/FebPJlmgldE

Film kedua yang dihasilkan dari kerja sama antara Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio adalah sebuah biopik tentang Howard Hughes, seorang ahli penerbangan yang mengidap gangguan mental. Gangguan mental yang dimaksud adalah OCD (obsessive-compulsive disorder) atau gangguan yang mengharuskan penderitanya untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Jika tidak, penderitanya akan mengalami kecemasan yang luar biasa.

Film kedua kerja sama antara Scorsese dan DiCaprio ini mendapatkan banyak penghargaan. Menerima 11 nominasi, The Aviator berhasil memenangkan 5 di antaranya. Leonardo DiCaprio juga berhasil masuk nominasi sebagai Best Actor in Leading Role, namun gagal memenangkan Oscar karena kalah saing dengan Jamie Foxx.

3. The Departed (2006)

https://www.youtube.com/embed/auYbpnEwBBg

Film ini penuh intrik, pengkhianatan, dan kekerasan. Berlatar di Boston Selatan, film ini menceritakan perang antara kepolisian dan mafia Irlandia yang dipimpin oleh bandit kelas kakap bernama Frank Costello. Dalam film ini, kita akan disajikan intrik-intrik dari para mafia yang memiliki mata-mata di kepolisian serta upaya dari kepolisian yang juga memasang mata-mata di sisi Costello.

Film ini hanya mengantongi 5 nominasi di Academy Awards 2005, namun berhasil memenangkan 4 di antaranya. Penghargaan tersebut adalah Best Picture, Best Director, Best Screenplay, dan Best Film Editing. Dapat dibilang, ini adalah kemenangan besar untuk Martin Scorsese karena berhasil mendapatkan tiga penghargaan sekaligus untuk karyanya, yakni film terbaik, sutradara terbaik, dan skenario terbaik. Sayangnya, di film ini Leonardo DiCaprio gagal mendapatkan nominasi.

Baca Juga: Usia 45 Tahun, 10 Transformasi Leonardo DiCaprio, Pesonanya Tak Luntur

4. Shutter Island (2010)

https://www.youtube.com/embed/5iaYLCiq5RM

Film ini menceritakan dua orang detektif yang ditugaskan untuk mencari seorang pasien di sebuah rumah sakit jiwa yang menghilang secara tiba-tiba. Pasien tersebut harus ditemukan karena tergolong pasien yang berbahaya. Pasien yang bernama Rachel itu dimasukkan ke dalam rumah sakit tersebut karena membunuh tiga orang anaknya dengan cara ditenggelamkan di danau. Saat foto Rachel diperlihatkan, salah satu detektif yang bernama Teddy langsung mendapatkan bayangan aneh di pikirannya. Masa lalunya pun kembali terbayang selama dia berada di pulau tempat rumah sakit tersebut berada.

Film yang rilis pada 2010 ini tidak mendapatkan satu pun nominasi di Academy Awards 2011. Namun, para kritikus memberikan kritik yang positif untuk film ini. Di IMDb, film ini mendapatkan nilai 8,2. Sayangnya, Rotten Tomatoes tidak memberikan nilai yang sama. Mereka hanya memberi poin 68 persen untuk film psychological thriller ini.

5. The Wolf of Wall Street (2013)

https://www.youtube.com/embed/iszwuX1AK6A

Ini adalah film biopik ketiga yang dibuat oleh Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio. Dalam film ini, DiCaprio memerankan Jordan Belford, seorang pialang saham yang sukses, namun hidupnya dipenuhi dengan kontroversi. Petualangan Jordan dimulai dengan bekerja menjadi pialang saham di Wall Street. Setelah mendirikan perusahaannya sendiri, dengan segera Jordan pun memasuki dunia para pialang yang dipenuhi dengan seks dan narkoba sehingga berkali-kali pula Jordan harus berurusan dengan polisi.

Film ini dinominasikan pada lima kategori di Academy Awards 2014, termasuk di dalamnya adalah kategori Best Picture, Best Director, dan Best Actor. Ini adalah nominasi Oscar kedua Leonardo DiCaprio bersama Scorsese. Namun, sayangnya tidak ada satu pun dari kelima nominasi tersebut yang memenangkan penghargaan.

6. The Auditon (2015)

https://www.youtube.com/embed/T_KSYIZ61q0

Film pendek karya Martin Scorsese ini dibintangi oleh Robert de Niro dan Leonardo DiCaprio. Film ini menceritakan tentang audisi yang akan dilakukan oleh DiCaprio dan de Niro untuk film terbaru Scorsese. Mereka berdua mengesampingkan sejarah panjang kerja sama mereka bersama Scorsese dan malah berkompetisi satu sama lain.

Itulah film-film yang disutradari oleh Martin Scorsese dan Leonardo DiCaprio. Scorsese mendapatkan banyak nominasi Oscar bersama DiCaprio. Apakah kamu setuju kalau DiCaprio disebut sebagai aktor favorit Scorsese?

Baca Juga: Bikin Meleleh, Ini 11 Potret Leonardo DiCaprio Saat Masih Muda

Atqo F Sy Photo Verified Writer Atqo F Sy

Lanang penyuka film, buku, senja, dan puisi. Berprofesi sebagai pengajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya