Comscore Tracker

Eka Annash Kasih Bocoran Album Baru The Brandals, Rilis Tahun Ini!

Sudah rampung delapan dari 12 lagu

Telah lama malang melintang di dunia musik independen nasional, The Brandals kabarnya bakal merilis album baru pada 2020 ini. Band yang sudah aktif bermusik sejak 2001 ini memang sempat lama vakum.

Lewat Live Instagram IDN Times CETAR: Cerita Artis pada 10 Agustus 2020, Eka Annash sang vokalis membocorkan persiapan The Brandals dalam menyiapkan album baru. Yuk simak ceritanya.

1. Akan menjadi album dengan persiapan paling lama yang pernah diproduksi

Eka Annash Kasih Bocoran Album Baru The Brandals, Rilis Tahun Ini!Instagram.com/thebrndls

Eka Annash menyebutkan kalau personel The Brandals saat ini sedang disibukkan dengan aktivitas rekaman. Ya, usai keterlibatan mereka dalam album Unreleased Project, Vol. 1 bersama band-band indie lain pada 2018, band rock ini belum sempat merilis karya baru lagi.

Album ini diakui bakal menjadi album yang memakan waktu persiapan paling lama. Album yang masih dirahasiakan namanya ini sudah disiapkan sejak 2018, namun baru bakal bisa dirilis menjelang akhir tahun 2020.

"Konsepnya ini kayak kita sudah remaja kolot, gak muda lagi tapi kita masih punya semangat produktif untuk berkarya. Lebih bagaimana kita menyikapi kedewasaan. Terdengar agak boring, tapi dalam arti kita boleh umur bertambah tapi harus tetap produktif dan agresif," jelasnya.

2. Ada yang berbeda pada album baru yang bakal rilis ini

Eka Annash Kasih Bocoran Album Baru The Brandals, Rilis Tahun Ini!Instagram.com/thebrndls

Eka menjanjikan ada perbedaan pada album baru The Brandals. Album terakhir yang mereka rilis pada 2011, disebutkan sebagai album yang eksperimental. Sebab, di situ The Brandals mengusung genre modern electronic yang berbeda dengan genre yang biasa mereka mainkan.

Namun di album anyar mereka nantinya, Eka menyebutkan ada penggabungan antara musik rock dan modern electronic yang pernah mereka buat di album DGNR8 silam. Genre-genre tersebut bakal membawa musik The Brandals lebih variatif dan dijamin bakal tetap digemari oleh fans.

"Album nanti kita akan coba meramu formula, di mana elemen tradisional yang lama bisa bermutasi dengan konsep yang baru. Tapi gak terlalu disko jadi bakal tetap pada suka," kata Eka.

3. Kemungkinan bakal rilis album pada masa pandemik, bakal seperti apa promonya?

Eka Annash Kasih Bocoran Album Baru The Brandals, Rilis Tahun Ini!Instagram.com/thebrndls

Masa pandemik yang entah sampai kapan, pasti menjadi halangan bagi setiap musisi yang ingin merilis karya. Begitu juga dengan The Brandals yang sedang mempersiapkan album baru.

Meski demikian, Eka berharap ketika mereka rilis album pandemik sudah tidak separah sekarang atau beberapa bulan lalu. Sehingga The Brandals bisa menggelar konser dan bertatap muka langsung dengan penggemar mereka.

"Kita mengharapkan sudah selesai pandemik. Jadi ada momen yang lebih interaktif dengan penonton. Karena sekarang protokolnya kan belum jelas. Tapi mudah-mudahan kalau sudah diperbolehkan, kita mau bikin live performance walaupun tetap ada protokol keamanan yang dijaga. Kalau bisa offline dan online konser jalan supaya teman-teman yang di luar Jakarta juga bisa nonton," jelasnya.

Baca Juga: 10 Anak Musisi yang Ikut Jejak Karier Orangtua di Bidang Musik, Salut!

4. Sudah ada delapan lagu yang telah selesai direkam

Eka Annash Kasih Bocoran Album Baru The Brandals, Rilis Tahun Ini!Instagram.com/thebrndls

Pada album baru ini, Eka membocorkan bahwa akan ada 10 sampai 12 lagu yang bakal dirilis. Sejauh ini, sudah ada delapan lagu yang mereka rampungkan. Sementara dua sampai empat sisanya masih dalam tahap rekaman.

Selain itu, sang vokalis juga mengungkapkan pada September mereka sudah bakal merilis satu lagu. Perilisan ini bakal berupa video lirik yang nantinya akan diunggah di YouTube.

"September akan ada satu single dirilis. Bukan video klip tapi lebih ke video lirik jadi fans bisa sing along. Tapi nanti ada launching debut lagu terlebih dahulu sebelum album rilis. Kita sudah siapin lagunya dan semoga semua suka karena lebih ngerock lagi di situ. Video-video klip sudah dikonsepin sama kita. Semoga ada waktu dan biaya untuk eksekusi. Karena konsep yang di kepala ini sudah bakal keren banget," kata Eka.

5. The Brandals sempat vakum lama pada 2014. Kenapa sih?

Eka Annash Kasih Bocoran Album Baru The Brandals, Rilis Tahun Ini!Instagram.com/thebrndls

Kalau kamu merupakan fans dan mengikuti perjalanan karier The Brandals, pasti menyadari kalau Eka Annash dan kawan-kawan pernah vakum lumayan lama pada 2014.

Wafatnya drummer mereka, Rully Annash pada tahun 2015, menjadi salah satu alasan kenapa band ini sempat vakum. Mereka akhirnya mendapat Firman yang saat itu mengisi posisi drummer sementara pada 2016.

"2016 mulai aktif lagi, drummer diganti firman. Pelan-pelan ngumpulin materi dan memulai proses rekaman juga pelan-pelan," kata Annash.

Usai aktif kembali, The Brandals ikut dalam bagian proyek album bersama berjudul Unreleased Project, Vol. 1 pada 2018. Di album tersebut, The Brandals menyumbang dua lagu berjudul Classes Society dan Lepaskan dan Lupakan.

 

6. Begini cara terbaik menikmati konser online menurut vokalis The Brandals

Eka Annash Kasih Bocoran Album Baru The Brandals, Rilis Tahun Ini!Instagram.com/thebrndls

Konser online menjadi satu-satunya cara agar para musisi bisa tetap menyapa fans dikala pandemik. Tapi namanya virtual, pasti ada kendala-kendala yang bakal dihadapi penonton seperti kualitas gambar dan kualitas suara yang disebabkan oleh kecepatan internet. Belum lagi atmosfernya pun bakal terasa berbeda.

Untuk itu, Eka Annash punya tips supaya kamu tetap bisa menikmati konser meski daring.

"Kalau bisa pakai LED disambungin ke projector supaya gede gambarnya. Atau pakai VR glass biar terpampang di depan mata langsung," kata Eka.

Berbicara soal konser online, The Brandals selama pandemik ini juga disibukkan oleh kegiatan tersebut. Mereka juga sempat menggalang dana dengan mengadakan konser online.

Kabar terbaru, band ini dalam waktu dekat bakal tampil lagi pada sebuah acara konser online di YouTube. Konser itu bakal dilangsungkan pada 15 Agustus 2020 dan kamu jangan sampai melewatkan acaranya ya.

Nah, itu dia informasi penting soal album terbaru The Brandals yang katanya bakal rilis tahun ini. Pasti bakal keren banget nih albumnya. Semoga sukses, ya!

Baca Juga: Bikin Bangga, 12 Musisi Indonesia yang Sukses Go International

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya