Comscore Tracker

7 Hal yang Bisa menjadi Teladan dalam Film Forrest Gump

Sudah nonton filmnya belum?

Menggabungkan unsur komedi, motivasi hingga satir. Forrest Gump sebuah film garapan sutradara Robert Zemeckis dan dibintangi akotor kawakan Tom Hanks berhasil menanamkan nilai-nilai moral yang sangat dalam pada setiap adegannya. Film yang dibuat pada tahun 1994 ini memang layak disebut film terbaik sepanjang masa. Film yang didasarkan atas novel karya Winston Groom ini menceritakan seorang pria yang bernama Forrest Gump.

Forrest yang sejak kecil dianggap anak yang bodoh dengan IQ 75 memiliki kisah hidup yang unik. Sempat diremehkan oleh setiap orang, Forrest terus maju dengan cap bodoh oleh orang lain terhadap dirinya. Forrest Gump adalah sebuah film epik yang membuat penontonnya sadar bahwa di balik kekurangan ada banyak kelebihan pada diri setiap orang. Sifat sang tokoh utama Forrest Gump tentu bisa menjadi teladan yang baik untuk semua orang. Lantas sifat-sifat seperti apakah yang bisa kita tiru dari karakter Forrest Gump? Simak di bawah ini

1. Menyayangi orangtua

7 Hal yang Bisa menjadi Teladan dalam Film Forrest Gumpumc.org

Bisa kita lihat betapa sayangnya Forrest Gump terhadap ibunya. Dalam film ia rela berenang dari lautan dan berlari menyusuri kota saat mendengan kabar bahwa ibunya, Mrs.Gump sakit. Forrest Gump tentu sadar bahwa perjuangan ibunya tidak dapat ia balas dengan apapun. Sang ibu yang selalu mendukung Forrest di tengah kekurangannya membuat Forrest sadar bahwa sang ibu adalah pahlawannya.

2. Selalu positif dan optimis

7 Hal yang Bisa menjadi Teladan dalam Film Forrest Gumppinimg.com

Walaupun Forrest Gump dikenal sebagai tokoh yang idiot di dalam film. Namun keidiotannya tersebut bukan menjadi masalah bagi seorang Forrest. Ia terus maju dan selalu berpikir positif. Tidak mengeluh dan selalu berusaha. Dalam film, Forrest Gump selalu menunjukkan sifat positifnya dalam situasi apapun dan segenting apapun. Bisa kamu tiru nih.

3. Pantang menyerah dan dermawan

7 Hal yang Bisa menjadi Teladan dalam Film Forrest Gumpicepop.com

Tentu jika kamu sudah menonton film Forrest Gump, kamu akan sadar sungguh dermawan karakter Forrest Gump. Setelah ia berhasil membuat perusahaan udang yang berinisialkan nama sahabatnya Bubba Gump Shrimp Corporation. Ia  bersama Letnan Dan, sang tokoh yang frustasi karena cacat tubuhnya saat perang di Vietnam merintis usaha penangkapan udang. Setelah berkali-kali gagal menangkap udang di awal usahanya mencari udang.

Forrest Gump tidak menyerah. Ia berkali-kali mencoba dan tentu berkali-kali gagal. Hingga suatu waktu tangkapan udangnya berhasil dan bersama Letnan Dan ia berhasil membuat suau perusahaan penangkapan udang tersukses di kotanya. Forrest Gump yang seolah-olah menjadi pebisnis yang sangat sukses ternyata tidak merasakan kebahagiaan.

Hingga akhirnya ia menyerahkan perusahannya ke Letnan Dan dan memberikan penghasilannya kepada keluarga Bubba, sahabatnya yang telah memotivasinya untuk membuat perusahaan penangkapan udang tersebut.

Baca Juga: Aktingnya Selalu Keren, Ini 10 Film Terlaris Tom Hanks

4. Pemegang janji yang baik

7 Hal yang Bisa menjadi Teladan dalam Film Forrest Gumpbusinessinsider.com

Bubba seorang pria berkulit hitam yang ditemui Forrest saat ia bergabung dengan militer. Hubungan Forrest dan Bubba cukup unik. Dibilang sahabat mereka nampak tidak terlalu dekat. Namun inilah sisi lain dalam film Forrest Gump. Bubba yang saat bersama Forrest selalu bercerita soal dunia udang tentu bagi banyak orang yang mendengarkan ia bercerita udang cukup membosankan.

Namun tidak dengan Forrest ia selalu mendengarkan Bubba bercerita soal udang dan cita-cita Bubba kelak ketika ia selesai tugas militer ia akan mendirikan perusahaan udang bersama Forrest. Namun naas, Bubba tewas di medan perang. Hingga tersisa Forrest dengan janjinya bersama Bubba akan mendirikan perusahaan penangkapan udang. Bukannya mengubur janji tersebut.

Forrest menepati janjinya terhadap sang sahabat Bubba dengan berhasil mendirikan sebuah perusahaan yang sangat sukses, Bubba Gump Shrimp Corporation. Janji dan mimpi Forrest dengan Bubba akhirnya terwujud.

5. Tidak melupakan sahabat dan teman dalam situasi apapun

7 Hal yang Bisa menjadi Teladan dalam Film Forrest Gumpuschamber.com

Sifat Forrest Gump berikutnya yang bisa kamu teladani adalah sifatnya yang selalu menolong siapapun. Bisa kamu lihat dalam film bahkan saat kedaan genting ketika Forrest dan pasukannya di gempur oleh pihak musuh. Sempat terecerai-berai baik dengan sahabatnya Bubba dan Letnan Dan. Forrest tidak mau tinggal diam, ia akhirnya kembali ke medan pertempuran dan menyelamatkan teman-temannya yang masih selamat walaupun penuh dengan luka. Tidak terkecuali Letnan Dan yang ia selamatkan walaupun pada akhirnya harus kehilangan kakinya.

Letnan Dan yang sempat frustasi dengan kecacatannya tersebut sempat marah dengan Forrest. Namun lagi-lagi Forrest tidak mau lupa dengan sang Letnan Dan. Ia secara tidak sengaja bertemu dengan Letnan Dan yang berubah menjadi pengemis bekursi roda.

Forrest yang saat itu sedang menjadi pahlawan negaranya tentu merasa iba dengan Letnan Dan. Seiring waktu Forrest berhasil membangkitkan harapan baru bagi Letnan Dan dengan mengajaknya untuk bergabung dengan perusahaan penangkapan udang miliknya. Letnan Dan bergabung hingga Forrest dengan besar hati menyerahkan perusahaan yang ia bangun kepada Letnan Dan. Sebuah sifat yang luar biasa.

6. Setia dalam urusan cinta

7 Hal yang Bisa menjadi Teladan dalam Film Forrest Gumpelleman.vn

Tidak hanya unsur komedi dan motivasi yang ada di dalam film Forrest Gump. Tentu drama percintaan antara Forrest dan Jenny bisa menjadi teladan yang baik untuk semua orang. Kisah cinta tunggal antar Forrest Gump dan Jenny seolah-olah menyayat hati penontonnya ketika melihat betapa setianya cinta Forrest Gump terhadap Jenny.

Walaupun sempat beberapa kali terpisah lama dan berkali-kali Forrest Gump mendapat penolakan dari Jenny dan berkali-kali juga ia melihat sisi buruk Jenny. Forrest Gump tetap berdiri setia menanti Jenny. Ia tetap mencintai Jenny dengan segala kekurangan Jenny. Hingga akhirnya ia dan Jenny menikah.

Namun pernikahan tersebut tidak berumur panjang karena Jenny harus meninggalkan dunia lebih cepat karena terserang virus akibat kehidupan liarnya selama ini. Forrest Gump tentu sangat sedih, cinta Jenny yang sangat lama ia tunggu akhirnya berakhir secara singkat. Bagi Forrest Gump, Jenny adalah cinta yang pertama dan terakhir bagi dirinya.

7. Ayah yang baik

7 Hal yang Bisa menjadi Teladan dalam Film Forrest Gumpcnn.com

Di penghujung cerita, Forrest Gump yang telah menjadi seorang ayah, memberikan kasih sayang terbaiknya terhadap sang anak. Ia menerapkan kasih sayang yang ia dapat dari sang ibu yang juga single parent. Tanpa kehadiran Jenny, Forrest Gump menunjukkan perannya dengan tepat untuk menjadi ayah yang baik untuk anaknya.

Sudah nonton filmnya? Film yang berhasil masuk 13 nominasi Academy Awards ini harus kamu tonton setidaknya satu kali sepanjang hidupmu.

Baca Juga: Aktor Legendaris, Inilah 5 Film Terbaik Tom Hanks Tahun 90an

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya