Comscore Tracker

6 KDrama yang Tayang Sepanjang 2020 Ini Punya Ending Tak Terduga

Sudah kamu tonton? #IDNTimesHype #WaktunyaKorea

KDrama merupakan salah satu hiburan yang tengah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain dibintangi oleh aktor dan aktris yang rupawan sekaligus berbakat, KDrama menjadi pilihan teratas karena alur ceritanya yang unik.

Di bagian akhir, KDrama seringkali menampilkan kisah yang tak terduga. Enam drakor ini adalah contohnya. Ada yang sangat realistis dan ada pula yang dihiasi berbagai tanda tanya karena masih meninggalkan misteri. Langsung saja, simak daftarnya berikut, yuk!

Perhatian: SPOILER ALERT!!!

1. It’s Okay to Not Be Okay

6 KDrama yang Tayang Sepanjang 2020 Ini Punya Ending Tak TerdugaInstagram.com/tvndrama.official

Dibintangi oleh Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, dan Oh Jung Se, KDrama ini mengisahkan tentang seorang penulis bernama Ko Moon Young yang menginginkan perawat rumah sakit jiwa bernama Moon Gang Tae untuk menjadi perawat pribadinya. Ko Moon Young diketahui menderita gangguan mental berupa antisosial. Sedangkan Moon Gang Tae mempunyai seorang kakak bernama Moon Sang Tae yang menderita autis.

Ketiganya terlibat hubungan yang begitu erat, terlebih saat mereka mengetahui ibu Ko Moon Young ternyata merupakan pembunuh dari ibu Moon Gang Tae dan Moon Sang Tae. Ketiganya menuai banyak pembelajaran tentang cara menjadi diri sendiri akibat insiden yang mengikat mereka selama bertahun-tahun. 

Bahkan, di bagian ending, Moon Sang Tae yang selalu menjadi pengecut mulai menjadi pribadi yang berani. Ya, tanpa diduga-duga, sosok yang seumur hidupnya bergantung dengan sang adik ini akhirnya memilih untuk pergi bekerja di sebuah penerbit karena ia ingin melakukan hal yang membuat hatinya merasa bahagia.

2. Record of Youth

6 KDrama yang Tayang Sepanjang 2020 Ini Punya Ending Tak TerdugaInstagram.com/recordofyouth_official

Record of Youth adalah KDrama tentang kehidupan anak-anak muda berusia 20-an. Tiga tokoh utamanya, yakni Sa Hye Jun, An Jeong Ha, dan Won Hae Hyo memiliki pekerjaan yang berbeda-beda. Sa Hye Jun dan Won Hae Hyo berprofesi sebagai model dan aktor, sementara An Jeong Ha bekerja sebagai penata rias.

Karena sering bertemu, Sa Hye Jun dan An Jeong Ha memutuskan untuk berpacaran. Namun, mereka dihadapkan dengan kenyataan yang mengharuskan mereka untuk berteman saja. Yups! Setelah penonton dibuat baper dengan beragam momen kebersamaan dua tokoh tersebut, mereka justru putus hubungan ketika Sa Hye Jun makin sukses.

Meski sangat realistis dan tidak memaksakan alur cerita, banyak yang tidak menduga bahwa drama ini akan berakhir dengan ending yang demikian.

3. Search

6 KDrama yang Tayang Sepanjang 2020 Ini Punya Ending Tak TerdugaInstagram.com/ocn_original

Tayang sebanyak sepuluh episode, drakor Search juga mencuri perhatian selama penayangannya. KDrama ini mengangkat tema misteri. Ceritanya adalah tentang sekelompok pasukan khusus yang ditugaskan untuk menangkap mutan di zona DMZ. Yong Dong Jin, Son Ye Rim, dan Kim Min Kyu adalah tiga main character-nya. 

Drama ini berhasil menamatkan episodenya dengan mengulas misteri di balik kemunculan mutan yang diburu oleh Yong Dong Jin cs itu. Beberapa konflik, seperti rahasia pejabat yang terlibat pada insiden bersejarah di dunia militer juga berhasil terkuak di bagian akhir.

Walau demikian, penonton mengaku tidak menduga akan adanya ketidakjelasan terkait hubungan Yong Dong Jin dan Son Ye Rim. Dua tentara ini diketahui pernah berpacaran, namun sayangnya, hingga ending, penyebab mereka putus atau bagaimana kelanjutan hubungan mereka setelah menyelesaikan misi tidak diperlihatkan dengan rinci.

Baca Juga: 11 Drama Korea Terbaik di Tahun 2020, Kamu Sudah Tonton yang Mana?

4. Do Do Sol Sol La La Sol

6 KDrama yang Tayang Sepanjang 2020 Ini Punya Ending Tak TerdugaInstagram.com/kbsdrama

Drama ini memang sudah memiliki plot yang tidak biasa sejak episode pertamanya. Menceritakan tentang pianis bernama Gu Rara yang jatuh cinta dengan sosok pria pekerja paruh waktu bernama Sunwoo Jun, namun tanpa ia ketahui sang pria ini ternyata masih remaja dan duduk di bangku SMA.

Drama ini menggaet Go Ara dan Lee Jae Wook sebagai pemeran utamanya. Alih-alih konflik akan berakhir ketika fakta bahwa keduanya sulit bersatu karena perbedaan umur dan kondisi keluarga, drakor ini justru menambahkan konflik berupa penyakit yang diderita oleh Sunwoo Jun.

Keduanya baru bisa bersama kembali saat Sunwoo Jun berobat hingga lima tahun lamanya. Unpredictable banget deh!

5. Tale of the Nine Tailed

6 KDrama yang Tayang Sepanjang 2020 Ini Punya Ending Tak TerdugaInstagram.com/tvndrama.official

Dari judulnya saja, kita sudah bisa menebak tentang apa yang dikisahkan di drama ini. Ya, apalagi kalau bukan tentang kisah cinta gumiho dan manusia? Dengan berbagai masalah yang tak terprediksi, drama yang memilih Lee Yeon, Nam Ji Ah, dan Lee Rang sebagai tokoh utama ini berakhir dengan cerita yang membahagiakan sekaligus menyedihkan.

Lee Yeon yang sudah lama menunggu Nam Ji Ah diceritakan berhasil mengorbankan diri agar kekasihnya tidak meninggal. Namun, karena drama ini bergenre fantasi, sepertinya ungkapan “give and take” wajib berada di dalamnya. Setelah Lee Yeon mengorbankan diri, ternyata Lee Rang selaku adiknya turut melakukan hal yang sama. 

Disayangi oleh penonton, Lee Rang justru meninggal karena ingin kakaknya bereinkarnasi atau lahir kembali. Senang dan sedih jadi satu nih ketika menonton ending-nya!

6. Start-Up

6 KDrama yang Tayang Sepanjang 2020 Ini Punya Ending Tak TerdugaInstagram.com/tvndrama.official

Yang paling baru, drakor Start-Up pun berhasil membuat penonton gagal memprediksi akhir kisahnya. Drama yang menceritakan tentang anak-anak muda yang ingin membangun perusahaan rintisan itu meraih rating tinggi dengan Seo Dal Mi, Nam Do San, Han Ji Pyeong, dan Won In Jae sebagai karakter utamanya.

Walau beberapa tokohnya sudah mendapat ending yang menyenangkan, drama ini masih menyisakan plot yang ‘menggantung’. Contohnya adalah bagaimana detail tentang awal mula nenek Dal Mi kehilangan penglihatan dan juga kisah In Jae ketika dulu berada lingkungan keluarga ayah tirinya.

Itulah enam KDrama 2020 yang hadir dengan ending tak terprediksi. Sebagian penonton merasa kurang puas dengan ending tersebut, namun sebagian juga melakukan hal yang sebaliknya. Nah, kalau kamu sendiri sudah menonton keenam drakor di atas atau belum?

Baca Juga: 10 Cameo Drama Korea yang Paling Membekas di 2020, Ada Kim Seon Ho

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya