Comscore Tracker

5 KDrama yang Menuai Kontroversi Selama Paruh Pertama Tahun 2020

Bahkan ada yang belum tayang!

Dalam dunia entertainment, tentu ada saja hal yang menuai kontroversi. Tak terkecuali pada KDrama. Tahun ini, ada beberapa KDrama yang sangat booming dan menerima pujian, namun tidak sedikit juga KDrama yang menjadi perbincangan karena memiliki banyak fakta yang mengejutkan di baliknya.

KDrama apa saja yang kira-kira sangat kontroversial selama beberapa bulan belakangan?

1. Crash Landing On You

5 KDrama yang Menuai Kontroversi Selama Paruh Pertama Tahun 2020Starbiz.net

Crash Landing On You termasuk KDrama yang sangat populer tahun ini. Dibintangi oleh Hyun Bin dan Son Ye Jin, KDrama tersebut sukses meraih rating puncak hingga 24%, memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Goblin.

Meski menjadi salah satu KDrama yang paling populer, Crash Landing On You nyatanya juga menuai kontroversi yang cukup panas.

KDrama yang menceritakan tentang kisah cinta antara dua orang yang berbeda negara ini menerima banyak kritikan tajam dari pemerintah Korea Utara sebab kondisi negara Korea Utara dianggap terlalu palsu ketika digambarkan dalam KDrama tersebut.

2. School 2020

5 KDrama yang Menuai Kontroversi Selama Paruh Pertama Tahun 2020Allkpop.com

Penggemar School series tampaknya harus menahan rindu mereka tahun ini. Hal ini disebabkan KDrama yang biasa tayang di KBS itu menuai kontroversi terkait proses casting sebelum penayangan resminya.

Menggaet Kim Yo Han sebagai pemeran utama pria, School 2020 kabarnya mengalihkan pemeran utama wanita yang awalnya ditawarkan kepada Ahn Seo Hyun ke Kim Sae Ron. Ayah Ahn Seo Hyun mengklaim bahwa staf produksi School 2020 telah merencanakan hal tersebut meski tahu bahwa Ahn Seo Hyun sudah diberi naskah dramanya.

Sedangkan hal yang berkebalikan diungkapkan oleh pihak produksi. Mereka mengaku bahwa ayah Ahn Seo Hyun mengajukan beberapa permintaan yang sulit hingga kedua pihak kesulitan untuk mencapai kata sepakat.

Sebagai akibatnya, esensi School 2020 pun dipertanyakan oleh publik sebab seri School yang selama ini menjadi ciri khas KBS justru direncanakan untuk tayang di kanal lain.

Baca Juga: Selain Seru & Menarik, 5 KDrama di Awal 2020 Ini Juga Inspiratif

3. The King : Eternal Monarch

5 KDrama yang Menuai Kontroversi Selama Paruh Pertama Tahun 2020Instagram.com/sbsdrama.official

Hampir sama seperti School 2020, KDrama The King : Eternal Monarch yang dibintangi oleh Lee Min Ho juga menjadi sorotan karena mengalami proses casting yang tidak transparan. Salah satu pemerannya mengaku didepak tanpa pemberitahuan yang jelas hanya karena adanya perubahan naskah.

Menurut laman Soompi, pihak SBS dan agensi sang aktor yang telah dipecat tersebut terlibat perselisihan hingga membuat keduanya harus berunding dalam waktu yang cukup lama.

The King : Eternal Monarch juga mendapat banyak kritikan karena isu perselingkuhan yang pernah menerpa Jung Eun Chae dan adanya adegan dewasa dalam sebuah film yang dimainkan oleh Kim Go Eun ketika pertama kali melakukan debut sebagai aktris.

Tak hanya sampai di situ, KDrama ini pun memperoleh komentar miring karena sejarah yang digambarkan dianggap tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Ketika terdapat adegan yang menampakkan bangunan khas Jepang di dalamnya, kontroversi yang dituai oleh KDrama ini kian bertambah sebab Jepang sendiri diketahui memiliki hubungan yang tidak baik dengan Korea Selatan.

4. Backstreet Rookie

5 KDrama yang Menuai Kontroversi Selama Paruh Pertama Tahun 2020Instagram.com/sbsdrama.official

Backstreet Rookie merupakan  KDrama terbaru dari Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung yang tayang untuk menggantikan The King : Eternal Monarch.

KDrama ini memperoleh hujatan dari masyarakat karena menampilkan beberapa adegan yang terlalu vulgar dan tidak relate di antara para pemeran sehingga dapat dikatakan bahwa KDrama ini berkebalikan dengan ratingnya yang ditujukan untuk semua umur.

Kim Yoo Jung selaku pemeran utama wanita menerima begitu banyak nyinyiran sebab dianggap terlalu sering memakai pakaian terbuka. Selain itu, adanya adegan yang menampilkan ekspresi kurang senang dari seorang pria Korea Selatan terhadap seorang pria kulit hitam juga menjadi bahan perbincangan karena terkesan rasis.

5. It’s Okay to Not Be Okay

5 KDrama yang Menuai Kontroversi Selama Paruh Pertama Tahun 2020Instagram.com/tvndrama.official

Tak kalah kontroversial, ada pula KDrama It’s Okay to Not Be Okay yang menggaet Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji. KDrama yang sedang diminati oleh masyarakat ini kabarnya telah dilaporkan beberapa kali ke KCSC karena adanya adegan-adegan yang berbau seksual.

Mulai dari adegan Seo Ye Ji yang menyentuh tubuh Kim Soo Hyun tanpa izin, adegan Seo Ye Ji yang mengajak Kim Soo Hyun untuk tidur bersama karena merasa terangsang, hingga adegan telanjang yang ditampilkan oleh Kwak Dong Yeon, semuanya sukses menyebabkan KDrama tersebut memperoleh teguran.

Itulah lima KDrama yang menuai banyak kontroversi selama paruh pertama tahun 2020. Bagaimana pendapatmu terkait kontroversi yang menerpa lima KDrama di atas?

Baca Juga: Terpopuler di 2020, Ini 11 Lagu Idol KPop yang jadi Soundtrack KDrama 

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya