Comscore Tracker

5 Rap Line Lagu BTS yang Wajib Kamu Dengar, Bermakna Dalam!

Lagu BTS selalu relatable

Bagi pecinta musik hip hop, rapping adalah hal yang sangat menyenangkan. Selain bisa menggambarkan emosi, rapping pun dapat dilakukan dengan spontan. Meskipun begitu, ternyata banyak teknik yang diperlukan dalam melakukan rapping.

Untuk kamu yang ingin menambah referensi musik hip hop, yuk dengar 5 lagu rapper line BTS berikut! Dijamin, rap style-nya RM, Suga dan J-Hope enak didengar semua!

1. Cypher Pt. 3 : Killer

https://www.youtube.com/embed/VP18x3Cydf4

Mereka pikir rap adalah genre yang mudah seperti pada umumnya
Tentu saja, semuanya jadi ambigu karena mereka memiliki sopan santun
Mereka bahkan tidak bisa melanjutkan satu baris lagu


"Cypher Pt. 3 : Killer" adalah salah satu track dari album Dark&Wild yang dirilis pada tahun 2014 lalu. Bagi ARMY sejak era tersebut tentu sangat tahu dengan lagu yang satu ini. BTS selalu dianggap kecil sejak awal debut mereka. Mereka kerap dikira tidak berbakat karena gaya rapping mereka yang berbeda.

Lewat lagu ini, mereka menegaskan bahwa ngerap bukanlah hal yang mudah, perlu teknik khusus untuk melakukannya, mulai dari gesture tangan, cara mengambil nafas, hingga bagaimana cara menyeimbangan ketukan lagu. Jadi, lagu ini secara tegas menjawab para haters yang hanya tahu berkomentar, padahal belum tentu mereka bisa rapping seperti yang dilakukan oleh BTS.

2. Cypher Pt. 4

https://www.youtube.com/embed/nhnrRl32wps

Aku selalu bersyukur untuk tidak mendapat uang dengan mudah
Kenapa menyalahkanku atas kehidupan mediokermu?
Teruslah hidup seperti itu
Aku minta maaf, tapi mulai sekarang uangku akan terus bertambah
Tolong perhatikan aku, tolonglah lebih sehat

BTS menyampaikan pesan pada haters bahwa sebenci apapun mereka terhadap BTS, BTS tidak akan mengenal mereka. Mereka membenci BTS dan selalu berusaha mencari tahu apa saja yang dilakukan BTS. Itu berarti mereka sebenarnya peduli pada BTS.

Oleh karena itu, BTS mengungkapkan bahwa haters harus mencintai diri mereka sendiri agar bisa melihat BTS semakin tumbuh dan berprestasi, tak seperti mereka yang hidupnya hanya disibukkan dengan mencari kesalahan BTS.

3. Nevermind

https://www.youtube.com/embed/age5R3eVJEA

Jika kau bertingkah seperti mengetahui semuanya dan akan membuat musik
Kau akan membuat rumahmu hancur
Sejak itu, aku tak peduli, tak peduli yang mereka katakan
Aku hanya hidup seperti yang kumau, dipimpin oleh keyakinanku

"Nevermind" ditulis oleh Suga, rapper BTS yang sikapnya dikenal savage. Sikap savage Suga tergambar jelas di lagu ini. Liriknya mengisahkan tentang seseorang yang sedang berusaha meraih mimpinya, tapi sayang, banyak orang yang mencibir usahanya tersebut.

Melalui lagu ini, si pemimpi menyatakan bahwa lebih baik haters tidak perlu mengurus urusan orang lain karena dia itu tidak akan mengurus cibiran-cibiran mereka.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun BTS, Inilah 12 Momen Seru Laz Talk with BTS ARMY

4. Ddaeng

https://www.youtube.com/embed/JuZwvYDQ92E

18 13 38 ddaeng!
Kau salah aku benar lihat ini ddaeng!
Bunyikan bel sekolah brr brr ddaeng!
Ya! Hidupmu saat ini malapetaka, kau selesai ddaeng

"Ddaeng" merupakan special track yang dirilis oleh rap line BTS dalam rangka anniversary ke-5 debut mereka. Ddaeng sendiri bisa berarti bunyi bel saat dipencet, bunyi lonceng, atau bunyi alarm yang salah.

Maksud trio rapper menulis lagu tersebut adalah mereka ingin berterima kasih kepada para haters atas segala ‘perhatiannya’, karena berkat para haters yang selalu menyalahkan mereka ini, BTS menjadi lebih kebal dan semakin semangat untuk meraih kesuksesan.

5. Outro : Tear

https://www.youtube.com/embed/3im11nUWyBE

Kita berjalan menuju tempat yang sama
Tapi tempat ini menjadi akhir kita
Meskipun kita terbiasa berbicara tentang selamanya
Sekarang kita menghancurkan satu sama lain tanpa kenal belas kasihan

Berbeda dengan keempat lagu sebelumnya, "Outro : Tear" menceritakan tentang perasaan sepasang kekasih yang tengah mengalami konflik hingga akhirnya berpisah.

Mereka selama ini menjalin hubungan yang sangat manis, namun endingnya justru berakhir dengan menyakitkan karena kedua pihak sama-sama menunjukkan sisi asli mereka yang menyedihkan.

Itulah 5 lagu hip hop yang sangat swag dan karismatik dari rap line BTS. Buruan tambahkan ke daftar lagumu!

Baca Juga: 10 Foto BTS "Siapa Takut Jatuh Cinta Reborn", Siapa yang Jadi F4?

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto
  • Septi Riyani

Just For You