Comscore Tracker

Kembali ke Chart Musik, Inilah Top 10 Billboard Indonesia

Akan diupdate terus tiap minggu!

Sejak kehadirannya pada 30 November 2018, Billboard Indonesia mengadakan diskusi bersama sekaligus meluncurkan "Billboard Indonesia Top 100" pada (25/9). Dihadiri oleh beberapa tokoh penting dan perwakilan dari musisi Indonesia, acara ini berlangsung seru sekaligus bikin deg-degan karena ingin tahu nih siapa yang memegang peringkat teratas di chart musik Billboard Indonesia.

Sudah dibuat penasaran kira-kira siapa saja Top 10 dari Billboard Indonesia dan bagaimana cara untuk kamu update Top 100-nya? Simak dulu deh beberapa ulasan di bawah ini.

1. Menjadi titik awal untuk musisi Indonesia

Kembali ke Chart Musik, Inilah Top 10 Billboard IndonesiaIDN Times/Nadia Umara

Kembali hadirnya tangga lagu musik Indonesia, menjadi titik awal untuk kemajuan musisi Indonesia bagi Gumilang Ramadhan selaku ketua umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI). Billboard Indonesia Top 100 sendiri adalah daftar lagu-lagu terkini paling populer tiap minggu dari artis dan musisi Indonesia dari semua lintasan genre. 

Selain bertujuan untuk mengukur popularitas lagu sekaligus memotivasi para musisi tanah air supaya terus berkarya, Aldo Sianturi selaku Chief Operating Officer Billboard Indonesia menjelaskan harapannya. 

"Musisi Indonesia sangat beragam dan maju dengan banyak genre yang tiap hari rilis, kualitas musik yang dihasilkan juga luar biasa. Semoga kehadiran Billboard Indonesia Top 100 juga memberikan nilai ekonomi bagi industrinya," ucapnya.

2. Triawan Munaf mendukung penuh program ini

Kembali ke Chart Musik, Inilah Top 10 Billboard IndonesiaIDN Times/Nadia Umara

Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menceritakan sedikit kerinduannya ketika zaman dirinya masih sebagai anak sekolah, di mana saat itu masih cukup sulit untuk mengetahui tangga lagu Indonesia. " Kalau sekarang sudah ada Billboard Indonesia, teknologi udah maju. Saya mendukung penuh akan program ini," ucapnya.

"Billboard Indonesia Top 100 ini tentunya juga akan membantu sekaligus membuat musisi mengevaluasi karya-karya mereka," tambahnya.

Baca Juga: BTS hingga Drake, Daftar Musisi Pemenang Billboard Music Awards 2019

3. Skala pengukuran untuk Top 100

Kembali ke Chart Musik, Inilah Top 10 Billboard IndonesiaIDN Times/Nadia Umara

Sesuai tujuan dari Billboard Indonesia sendiri yaitu untuk selalu menjadi tangga lagu yang berbasis akurat dan transparan. Aldo Sianturi selaku Chief Operating Officer Billboard Indonesia menjelaskan bahwa posisi lagu di Billboard Indonesia Top 100 ditentukan dari beberapa data. Mulai dari platform streaming musik, posisi grafik mingguan, pemutaran radio mingguan, penonton platform streaming video, dan pemutaran mingguan di jaringan karaoke di Indonesia. 

Untuk bisa masuk ke Top 100, Aldo menambahkan bahwa ketentuan terpentingnya adalah penggunaan bahasa Indonesia dalam lirik lagu, "walaupun hanya satu kalimat atau sepatah dua kata, bisa saja masuk ke Top 100. Asal ada bahasa Indonesianya," ucapnya.

4. Sebagai pacuan untuk terus berkarya bagi Ryan dan Nagita Slavina

Kembali ke Chart Musik, Inilah Top 10 Billboard IndonesiaIDN Times/Nadia Umara

Mengetahui bahwa kembali adanya tangga lagu musik Indonesia, membuat Ryan d'Masiv dan Nagita Slavina sama-sama antusias dan senang. "Pastinya senang banget dan ini tuh menjadi sebuah kebanggaan buat aku dan label musik aku sendiri bisa masuk ke Top 100 Billboard Indonesia," ucap Nagita.

"Dulu pas Ryan belum ngeband kalau ngeliat lagu kesukaan kita ada di chart musik aja tuh udah senang. Dan sekarang sebagai musisi, ketika tahu ada chart musik Billboard ini juga senang banget. Itu bisa menjadi acuan juga, banyak yang respect lagu kita apa enggak," ungkap Ryan d'Masiv.

5. Ini dia Top 10 Billboard Indonesia!

Kembali ke Chart Musik, Inilah Top 10 Billboard IndonesiaIDN Times/Nadia Umara

Sudah makin gak sabaran ya siapa sih yang menempati posisi 10 teratas di Billboard Indonesia Top 100? Ini dia guys daftarnya per tanggal 25 September 2019.

1. Judika 'Cinta Karena Cinta'
2. Andmesh 'Hanya Rindu'
3. Andmesh 'Cinta Luar Biasa'
4. Marion Jola ft. Laleilmanio 'Rayu'
5. Yovie Widianto, Tulus dan Glenn Fredly 'Adu Rayu'
6. Marion Jola ft Rizky Febian 'Tak Ingin Pisah Lagi'
7. Sal Priadi ft Nadin Amizah 'Amin Paling Serius'
8. Budi Doremi 'Tolong'
9. Brisia Jodie 'Rekah'
10. Juicy Luicy 'Tanpa Tergesa'

Sudah dengar semuanya lagunya belum guys?

Itu dia lima fakta tentang " Billboard Indonesia Top 100". Jangan lupa untuk terus update Top 100 melalui website billboardid.com, dukung terus musik Indonesia ya!

Baca Juga: 7 Grup KPop yang Berhasil Menduduki 15 Besar Billboard Chart, Keren!

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo

Just For You