Comscore Tracker

Siap Berangkat ke LA Bareng 88rising, Ini 5 Fakta Tentang ICINC

Selamat untuk top 5!

Sempat dibuat kaget dengan kehadiran penyanyi rap fenomenal Rich Brian yang mengunjungi Presiden RI, ternyata ada kejutan menanti pasar musik Indonesia nih guys. April lalu, BEKRAF bersama dengan 88rising mengadakan audisi untuk Indonesia Creative Incorporated atau disingkat ICINC.

Sebanyak 536 penyanyi solois asal Indonesia diadu kemampuan menyanyinya untuk dipilih top 5 yang nantinya tanggal 19 Juli akan diberangkatkan ke Los Angeles, Amerika. Kamis (12/7) BEKRAF bersama dengan 88rising mengadakan press conference yang juga menghadirkan top 5 lho guys. Ini dia keseruannya!

1. Mulai memperhatikan potensi anak bangsa di bidang musik

Siap Berangkat ke LA Bareng 88rising, Ini 5 Fakta Tentang ICINCIDN Times/ Nadia Umara

ICINC ini merupakan program dari BEKRAF yang sudah diadakan audisinya pada bulan April lalu. Para pemenangnya berkesempatan bekerjasama dengan label rekaman Rich Brian dan NIKI, 88rising.

Program ini sendiri bertujuan untuk melakukan promosi karya dan pelaku kreatif unggulan agar dapat menembus pasar global. ICINC juga sepenuhnya didukung oleh BEKRAF dan juga Presiden Jokowi. Nantinya, peserta akan dilatih di Los Angeles, Amerika selama satu bulan untuk tampil di "Head in the Clouds Festival" bulan Agustus mendatang.

2. Tidak semua berjalan dengan mulus, ini dia kesulitannya

Siap Berangkat ke LA Bareng 88rising, Ini 5 Fakta Tentang ICINCIDN Times/ Nadia Umara

Sedikit bercerita di press conference kemarin, Wakil Kepala BEKRAF, Ricky Pesik dan Andi Sadha selaku Ketua Komite Indonesia Rising mengatakan bahwa ada kendala sebelum memberangkatkan keenam penyanyi berbakat ini.

"Sampai saat ini, kendalanya ada di masalah visa, ada dua nama yang visanya ditolak," ujar Ricky Pesik. Namun pihak BEKRAF dan 88rising sedang mengupayakan semaksimal mungkin agar kedua berangkat ke Los Angeles, Amerika. Kita doakan ya guys supaya semuanya bisa berangkat!

Baca Juga: Bikin Bangga, 10 Potret Rich Brian Bertemu Presiden Jokowi di Istana

3. Dari 536 solois, ini dia yang dicari 88rising!

Siap Berangkat ke LA Bareng 88rising, Ini 5 Fakta Tentang ICINCIDN Times/ Nadia Umara

Setelah melalui proses yang sangat panjang dan diskusi ketat yang dilakukan 88rising, terpilihlah top 5 dan 1 runner up yang siap mengikuti pelatihan khusus di Los Angeles. Ini dia guys keenam nama yang berhasil lolos:

1. Amanta Artadhia Siregar (Arta) dari Jakarta
2. Devinta Trista Agustina (Devinta) dari Sidoarjo
3. Monica Eva Sancti (Moneva) dari Banten
4. Nicholas Hardy (Nick Hardy) dari Jakarta
5. Steffani Baretta P. Murni (Steffani BPM) dari malang, dan
6. Marcello Laksono (Cellosux) runner up dari Jakarta

Artis 88rising, Oliver Zhang menceritakan bagaimana timnya kesulitan memilih 20 besar sampai ke top 5 lho guys. "Penyanyi solois di Indonesia bikin kita kaget, banyak sekali yang berbakat. Kita mencari mereka dengan karakternya yang unik."

Bukan hanya suara yang unik, namun faktor utama untuk lolos adalah kesiapan mental mereka untuk berkarier di Los Angeles.

Keenam nama ini diberikan kesempatan untuk menunjukkan suara-suara emas mereka pada Kamis lalu di hadapan media dan juga keluarga. Kerennya, beberapa dari mereka membawakan lagu ciptaannya sendiri! Udah siap banget debut nih di Los Angeles rupanya.

4. Sudah masuk top 5, perjuangan mereka akan dimulai di sini

Siap Berangkat ke LA Bareng 88rising, Ini 5 Fakta Tentang ICINCIDN Times/ Nadia Umara

Kalau kamu gak asing lagi denger kata trainee, keenam talent ini masih harus mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tahap talent development dari 88rising. Program tersebut selain latihan vokal, bakal ada latihan fisik, dance termasuk juga untuk rekaman hingga tur.

Menjalani tahap tersebut selama kurang lebih 1 bulan, mereka akan tampil di festival musik bergensi di Amerika yaitu "Head in the Clouds Festival".

"Nantinya mereka bersama dengan keluarga 88rising akan tampil di sana," Ujar Andi Sadha. Mereka akan bertemu dengan musisi terkenal lainnya seperti iKON dan juga Jackson Wang.

5. Menjadi harapan baru untuk Indonesia

Siap Berangkat ke LA Bareng 88rising, Ini 5 Fakta Tentang ICINCIDN Times/ Nadia Umara

Keenam talent berbakat ini, pastinya sudah dinantikan oleh banyak orang ya guys. Walaupun masih ada dua talent yang sedang diupayakan untuk berangkat, Ricky Pesik memberikan semangat kepada mereka. "Ini bukan akhir dari segalanya, jalan masih panjang. Kami akan berusaha sekeras mungkin untuk kalian," ungkapnya.

Sementara Andhi Sadha berpesan, "Ini bukan pencapaian. Ini adalah di mana kalian mulai dari nol lagi. Rich Brian bener-bener berusaha keras untuk bisa seperti sekarang, semuanya terjadi bukan karena kebetulan, ini karena kerja keras kalian."

Bukan hanya satu atau dua orang saja yang sudah menanti mereka ya guys. Semoga ke depannya industri musik Asia khususnya di Indonesia semakin berkembang pesat dengan adanya mereka. Banyak banget pelajaran yang bisa kamu ambil dari semua ini, pokoknya jangan patah semangat dan teruslah berkarya!

Baca Juga: Keluarkan EP Baru, 5 Fakta NIKI yang Harumkan Nama Indonesia

Topic:

  • Nadia Umara
  • Erina Wardoyo

Just For You