Comscore Tracker

6 Film Indonesia Bertema Politik yang Underrated Ini Wajib Ditonton

Penuh pesan moral yang menginspirasi lho

Apabila kalian mempunyai waktu luang tentu saja menonton film bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan yang dapat dilakukan. Pasalnya tidak hanya memberikan hiburan, dalam menonton film kalian juga akan mendapatkan beberapa pesan moral yang berharga dari berbagai tema film.

Salah satu tema yang penuh pesan moral tetapi jarang diminati penonton atau underrated adalah film bertema politik. Padahal tidak hanya melulu berbicara tentang hal-hal politik, biasanya dalam film tersebut juga diselipkan pesan moral berharga lainnya yang dapat dijadikan pelajaran hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Nah berikut ini ada beberapa film Indonesia bertema tentang politik yang underrated tetapi wajib ditonton karena kandungan pesan moralnya. Film Indonesia apa sajakah? Yuk, langsung cek ulasannya di bawah ini ya!

1. Caleg By Accident - 2014

https://www.youtube.com/embed/3bhtVe7GUPo

Bagi kalian yang ingin melihat realita politik yang sesungguhnya tentu saja harus menonton salah satu film Indonesia yang tayang pada tahun 2014 ini. Dalam film yang berjudul "Caleg By Accident" ini diceritakan bahwa beberapa orang mendadak mencalonkan diri sebagai wakil rakyat yang kemudian memang banyak poster serta mencoba merebut hati masyarakat.

Film ini dibintangi sederet artis populer Indonesia di antaranya yaitu Agus Kuncoro, Babe Cabita dan masih banyak lagi lainnya. Dikisahkan para karakter utamanya yang semula bersahabat akhirnya malah bersaing ketika mereka mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Meskipun underrated atau kurang diminati penonton, film bertema politik yang juga diselingi komedi segar ini bakal membuatmu tidak bosan saat menontonnya. Sudah nonton?

2. Negeri Tanpa Telinga - 2014

https://www.youtube.com/embed/OMrdGlbDx6k

Rilis pada tahun 2014, film yang berjudul "Negeri Tanpa Telinga" ini memberikan beberapa pengetahuan kepada kalian tentang seluk beluk politik mulai dari yang bersih sampai dengan yang kotor. Dikisahkan dalam film ini, Naga menjadi seorang tukang pijat para politikus. Oleh karena itulah, seringkali Naga secara tidak langsung mendengar beberapa proyek transaksional yang dilakukan oleh para politikus.

Naga merasa politik itu mengganggu hidupnya sehingga ia memilih untuk merusak gendang telinganya dan menjadi tuli. Walaupun mempunyai konsep cerita yang menarik tetapi film ini masih belum diminati penonton. Padahal film besutan sutradara Lola Amalia ini dibintangi sederet artis keren di antaranya Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana serta Ray Sehtapi lho. Harus nonton nih!

3. Moonrise Over Egypt - 2018

https://www.youtube.com/embed/9b9TNn_kgZc

Salah satu film Indonesia bertema politik yaitu "Moonrise Over Egypt" juga mendapatkan sedikit penonton meskipun memiliki konsep cerita yang menarik dan penuh inspirasi. Dalam film yang tayang pada tahun 2018 ini, tidak selalu membicarakan tentang pemilu namun mengisahkan tentang perjuangan diplomatik Indonesia di luar negeri.

Bahkan film "Moonrise Over Egypt" ini ternyata diangkat dari kisah nyata tentang perjuangan diplomatik Agus Salim ke Mesir agar Indonesia dapat diakui sebagai negara yang merdeka. Tentu saja kisahnya yang penuh inspirasi bisa menjadi pembelajaran hidup disamping kalian juga akan semakin mengetahui tentang hal politik lainnya.

Baca Juga: Selain Hotel Mumbai, 5 Film Armie Hammer Ini Juga Layak untuk Ditonton

4. 2014: Siapa di Atas Presiden?

https://www.youtube.com/embed/4KO6_e2lgpw

Digarap oleh Hanung Bramantyo serta Rahabi Mandra tentu saja konsep cerita dalam film ini tidak perlu diragukan lagi. Tetapi salah satu film Indonesia yang tayang pada tahun 2014 ini juga sepi oleh penonton. Dalam film "2014: Siapa di Atas Presiden?" ini, Bagas Notolegowo yang diperankan oleh Ray Sahetapy berambisi kuat untuk menjadi seorang Presiden Indonesia.

Berbagai intrik politik yang disajikan dalam film ini akan membuatmu lebih paham mengenai hal-hal politik terutama yang berkaitan dengan jabatan presiden. Meskipun menarik, namun film ini hanya mendapatkan skor 7 di IMDb. Kalian sudah nonton apa belum nih?

5. Suara April - 2019

https://www.youtube.com/embed/inTE-90yjbA

Mengiringi meriahnya pesta pemilu pada 17 April lalu, KPU juga bekerja sama dengan sutradara Emil Haradi serta Wisnu Legowo untuk menghadirkan film yang bertema tentang politik. Film tersebut berjudul "Suara April" yang berisi mengenai pentingnya dalam menggunakan hak suara dalam pemilu.

Dalam film tersebut, dikisahkan tentang perjuangan seorang guru serta beberapa relawan demokrasi dalam menggerakkan hati warga desa yang sudah lama tidak mengikuti pemilu. Tentu saja tujuan dari film ini agar membuat anak muda dari generasi milenial untuk selalu menggunakan hak suara yang dimilikinya dalam pemilu yang bisa menentukan masa depan Indonesia. Sudah nonton apa belum?

6. Di Balik 98 - 2015

https://www.youtube.com/embed/dYcfhC5eCFY

Film berjudul "Di Balik 98" yang tayang pada tahun 2015 ini juga menjadi salah satu film Indonesia bertema politik yang underrated tetapi wajib ditonton. Pasalnya, saat kalian menonton film ini kalian akan dibuat tersentuh dengan konsep cerita yang dikemas oleh sutradara Lukman Sardi.

Meskipun tidak menjelaskan secara detail tentang peristiwa apa saja yang terjadi di balik kekisruhan pada tahun 1998, pastinya dengan menonton film ini gambaran umum tentang kisah di balik 1998 dapat kalian tangkap. Tidak hanya tentang politik, ada beberapa pesan moral tersirat lainnya yang terkandung dalam film ini yang bisa diambil sebagai pelajaran hidup.

Itulah beberapa ulasan mengenai film Indonesia bertema tentang politik apa sajakah yang ceritanya bagus tetapi underrated atau kurang diminati penonton. Padahal ceritanya mengena banget ya!

Baca Juga: 6 Film Indonesia Tayang Mei 2019, Banyak Horor Nih!

Nanda Rista Noviati Photo Community Writer Nanda Rista Noviati

Punya hobi menulis cerpen dan membaca novel genre rom-com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You