Comscore Tracker

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nuril

Punya bakat sejak muda, gak aneh kalo jadi bintang ternama

Siapa yang kenal sosok Fachri di dalam film Surga yang Tak Dirindukan ini? Laki-laki penyayang keluarga yang poligami. Eits, itu hanya di film kok. Nyatanya artis yang memiliki nama lahir Fedrian Nuril ini merupakan seorang aktor yang juga penyayang keluarga dengan 1 istri dan 1 anak lelaki.

Nah, kali ini bukan tentang keluarganya yang akan dibahas, tapi tentang talenta dan prestasinya sebagai seorang pemain film. Gak tanggung-tanggung loh, udah 21 judul film ia bintangi. Baik menjadi pemain utama maupun pemain pendukung, Fedi Nuril selalu tampil dengan sangat total. Ini dibuktikan dari hampir setiap tahunnya ia mondar-mandir bermain film Indonesia. 

Kira-kira apa aja ya film yang pernah ia bintangi?

1. Mengejar Matahari (2004).

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilbanyubening17.blogspot.com

Salah satu yang genre film yang menjadi idaman penonton di Indonesia adalah tentang persahabatan dan kesungguhan dalam menggapai impian. Salah satu film yang sukses menarik jutaan penonton di tahun 2004 adalah Mengejar Matahari. Bercerita tentang persahabatan 4 pemuda miskin yang tumbuh bersama sejak kecil hingga remaja di Kota Jakarta. Mereka adalah pemuda yang gigih mencari filosofi hidup mereka. Dibintangi oleh Wingky Wiryawan (sebagai Ardi), Fedi Nuril (Nino), Udjo Project Pop (Apin) dan juga Fauzi Baadilla (Damar).

2. Janji Joni, Inikah Rasanya Cinta?, Garasi - 2005

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilmilesfilms.net

Di film Inikah Rasanya dan Janji Joni, Fedi Nuril memang tidak berperan sebagai pemeran utama. Ia berperan sebagai seorang pemain band bernama Jeffrey. Hal ini sejalan dengan film yang dibintangi oleh Bandnya sendiri yaitu Garasi di tahun 2005. Fedi Nuril selain dikenal sebagai pemain film, ia juga dikenal sebgaai pemain band. Bergenre Rock, Fedi Nuril membangun bandnya bersama tiga rekannya yaitu Higin Ayuga, Wembri Arlistha, dan Aries Budiman. 

3. Tentang Cinta, Ayat-Ayat Cinta - 2007,

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilfanpop.com

Menjadi sosok kekasih penyayang memang cocok diperankan oleh Fedi Nuril. Di film Tentang Cinta, Fedi Nuril berperan sebagai Ray, seorang pria yang sangat mencintai kekasihnya Sheren. Namun takdir berkata lain saat Ray harus pergi ketika mereka hendak bertunangan dan menikah.

Cap sebagai seorang pria yang penyayang sangat pantas disematkan kepada pria 35 tahun ini. Hal ini dibuktikan dengan film yang sangat fenomenal yaitu Ayat-ayat Cinta. Film besutan Hanung Bramantyo ini memang sangat menarik perhatian publik di tahun 2007. Di mana Fachri sebagai seorang mahasiswa Indonesia di Mesir, yang sangat cerdas dan sangat menjungjung tinggi derajat seorang wanita. Ia bermain bersama beberapa nama wanita cantik, namun pada akhirnya ia menjadi seorang laki-laki yang menikahi 2 orang istri yaitu Aisha yang diperankan oleh Rianti Cartwright dan juga Maria yang diperankan oleh Carissa Putri. 

Dari film inilah cap playboy sempat disematkan kepada Fedi Nuril. 

4. Aku atau Dia, Menebus Impian - 2010

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurillautanindonesia.com

Bermain bersama dengan aktris cantik yaitu Julie Estelle, Fedi Nuril berperan sebagai seorang anggota tim sebuah law firm yang membantu Julie atau Novi di dalam film Aku atau Dia, untuk kembali bersama kekasihnya. Film comedy romantis ini muncul di akhir tahun 2010. 

Selain itu, Fedi Nuril juga bermain di film Menebus Impian bersama Acha Septriasa. Film ini adalah film drama pertama yang mengetengahkan tema kehidupan praktisi pemasaran berjenjang atau yang populer disebut "MLM" di Indonesia, terutama di Jakarta.

5. Get Married 3 - 2011.

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilyoutube.com

Film comedy berseri ini memang sangat ditunggu-tunggu penggemarnya. Diperankan oleh empat orang yang bersahabat sejak kecil, yaitu  Nirina Zubir (Maemunah atau Mae), Amink (Eman), Ringgo Agus (Beni), Desta Mahendra (Guntoro), dan untuk tokoh Rendy diperankan oleh Fedi Nuril. Dari seri sebelum dan sesudahnya memang bukan Fedi Nuril yang berperan sebagai Rendy melainkan Nino Fernandez.

Di Film ini Fedi Nuril berperan sebagai suami Mae yang baru saja menikah dan dikaruniai 3 anak kembar. Meski terlihat bahagia, namun sebagai orangtua baru dengan 3 anak kembar, mereka memiliki konflik yang cukup pelik namun akhirnya mampu mereka selesaikan.

5. CM - 2012.

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilkapanlagi.com

Kembali memerankan film bertema persahabatan yaitu 5CM. Film ini menceritakan persahabatan 6 orang yang berjuang dengan seluruh tenaganya dan komitmen terhadap 1 tujuan besar mereka, yaitu menaklukkan puncak Mahameru pada tanggal 17 Agustus.

Di dalam film ini bukan hanya menceritakan kuatnya persahabat mereka sebagai anak muda, namun juga konflik hati yang menciptakan 2 kisah cinta diantara mereka. Film ini banyak menjadi inspirasi bagi anak muda di Indonesia untuk tidak mudah menyerah dalam menggapai impian mereka.

7. Moga Bunda Disayang Allah - 2013.

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilimdb.com

Bermain bersama dengan aktris cantik, sekali lagi film yang dibintangi oleh suami dari Calysta Vanny Widyasasti ini menarik banyak pujian. "Moga Bunda Disayang Allah" adalah film yang ia bintangi di tahun 2013. Ia berperan sebagai sosok yang sangat mencintai anak-anak. Namun mengalami trauma saat kecelakaan kapal laut terjadi dan Karang tidak dapat menyelamatkan anak-anak. Ia berusaha untuk menjauhi anak-anak karena rasa bersalahnya. Dan memutuskan hubungan dengan kekasihnya yaitu Kinarsih (Shandy Aulia).

8. Supernova - 2014.

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilkompasiana.com

Kembali disandingkan dengan Raline Shah dan Herjunot Ali. Film adaptasi novel Dewi Lestari ini memang sangat pas ditonton masyarakat Indonesia. Film dengan tema Romansa Sains ini memang baru pertama kali muncul di Indonesia. Dengan berbagai konflik di masyarakat dan cinta, film ini memberikan banyak pandangan tentang keteguhan dan kesetiaan. 

9. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir, Surga yang Tak Dirindukan, Doea Tanda Cinta, Heart Beat - 2015.

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilwww.kakaeynotes.com

Sepertinya tahun 2015 menjadi tahun yang sangat gemilang bagi Fedi Nuril, ia berhasil membintangi 4 judul film sekaligus. Mulai dari berperan sebagai seorang ayah yang mencintai anaknya yang menderita penyakit mematikan. Ia juga kehilangan istri dan harus berjuang sendirian.

Doea Tanda Cinta adalah film yang bertem militer pertama bagi Fedi Nuril. Ia berperan sebagai seorang siswa Sekolah Militer. Sebagai seorang anak kampung yang sering kesal dengan preman yang memakai pakaian TNI tapi sering berlaku kasar di kampung, Bagus peran yang dimainkan Fedi Nuril menjadi sosok yang tangguh dan ingin membuktikan serta menegakkan kebenaran dengan menjadi seorang anggota TNI. Di sini juga terlibat cinta segitiga dengan Mahesa (Rendy Kjaernett) dan Laras (Tika Bravani).

Heart Beat adalah film musikal yang ia bintangi bersama girl band Blink pada waktu itu. Berperan sebagai seorang produser eksekutif, Fedi Nuril sangat mendukung perkembangan girl Band tersebut.

Nah, film yang paling membuat public berdecak kagum adalah Surga yang Tak Dirindukan. Dimana Fedi Nuril berperan sebagai Prasetya. Seorang pria yang mandiri, cerdas dan baik hati. Ia bertemu dan akhirnya menikah dengan Arini yang diperankan oleh Laudya Chintya Bella. Cerita keluarga ini sangat harmonis dengan 1 putri cantik. Namun semua berubah saat Pras bertemu dan dengan kondisi yang sangat mendesak menikah dengan seorang wanita bernama Mei Rose yang diperankan oleh Raline Shah. Kisah cerita cinta ini memang sangat menyentuh. Tidak ada penonton yang tidak terharu dengan cerita dan kisah keikhlasan ketiganya dalam mempertahankan cinta dan merelakan cinta.

10. Shy Shy Cat, Surga yang Tak Dirindukan 2 - 2016.

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilindowarta.com

Selain film romantis, Fedi Nuril juga dikenal bermain film drama comedy. Salah satunya yaitu Shy Shy Cat. Dimana ia bermain bersama  Acha Septriasa, Nirina Zubir, dan Tika Bravani. Film besutan Starvision plus ini dirilis pada tahun 2016.

Begitupun dengan sekuel Surga yang Tak Dirindukan 2. Seolah ingin menjawab pertanyaan penonton tentang bagaimana kisah cinta dan kehidupan keluarga Prasetya, Arini dan Mei Rose. Maka muncul kembali film ini. Film yang berlatar belakang negara Eropa khususnya Budapest ini semakin membuat penonton terharu dengan kisah Arini yang menderita penyakit dan membuatnya meninggal dunia. Sehingga Pras dan Mei Rose menikah. Meski harus merelakan perasaan Dr. Syarief yang menyukai dan mencintai Mei Rose. Film ini berhasil membuat semua penonton merasa sangat tersentuh.

11. Ayat - Ayat Cinta 2 - 2017.

Sukses Bintangi Banyak Film, Ini Transformasi Peran Fedi Nurilayatayatcinta2.com

Nah, yang terakhir adalah film yang akan segera rilis 21 Desember 2017 ini. Film yang menjadi sekuel Ayat-ayat Cinta ini memang sangat ditunggu-tunggu penonton di Indonesia. Masih berperan sebagai Fachri, Fedi Nuril masih saja harus berhadapan dengan banyak wanita yang sangat mengaguminya. Ia memang dikenal sangat supel namun memiliki cinta yang sejati yaitu hanya kepada istrinya yaitu Aisha. 

Tapi bagaimana akhir dari perjalanan Fachri di Ayat-Ayat Cinta 2 ini? Jangan sampai kelewatan ya.

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You