Comscore Tracker

Menginjak Usia 50 Tahun, Ini Perjalanan Karier Musik Mariah Carey

Dari orang biasa menjadi diva internasional!

Di tanggal 27 Maret ini, Mariah Carey resmi menginjak usia setengah abad alias 50 tahun. Penyanyi yang dikenal berkat kemampuan whistle register-nya ini memiliki perjalanan karier bermusik yang panjang hingga menjadi seorang diva internasional seperti sekarang.

Tanpa perjuangan, dedikasi, integritas dan konsistensinya, mungkin Mariah Carey hanya akan menjadi orang biasa. Mau tahu, seperti apa perjalanan karier Mariah Carey?

1. Ibunya adalah penyanyi opera sekaligus pelatih vokal

Menginjak Usia 50 Tahun, Ini Perjalanan Karier Musik Mariah Careyarogundade.com

Mariah Carey dilahirkan dari ayah keturunan Afrika-Amerika dan Venezuela serta ibu yang berasal dari Irlandia. Ayahnya, Alfred, adalah seorang insinyur penerbangan dan ibunya, Patricia, merupakan penyanyi opera sekaligus pelatih vokal, ujar laman Marie Carie.

Lalu, setelah lulus dari sekolah menengah atas di tahun 1987, Mariah Carey pindah ke Manhattan untuk mengejar karier sebagai penyanyi. Awalnya, ia bekerja sebagai pelayan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi ia dipecat karena memiliki sikap yang buruk.

2. Lalu, Tommy Mottola, CEO Sony Music, menemukan bakatnya

Menginjak Usia 50 Tahun, Ini Perjalanan Karier Musik Mariah Careybillboard.com

Suatu malam di bulan November 1988, Mariah Carey hendak menuju ke pesta label rekaman di New York. Ia membawa kaset demo yang rencananya akan diberikan ke pencari bakat musik yang ada di sana. Naas, kaset itu diambil oleh orang asing dan Mariah Carey kecewa karena menganggap kesempatannya untuk tenar hancur, jelas laman Marie Claire.

Usut punya usut, orang asing yang mengambil kaset demonya adalah Tommy Mottola, CEO Sony Music Entertainment. Tommy memutar kaset itu di limusinnya dalam perjalanan pulang dan terpaku. Ia sadar kalau dirinya menemukan sosok superstar. Tommy memutuskan untuk cepat-cepat kembali ke pesta untuk menemukan Mariah Carey kembali.

Sesampainya di sana, ternyata Mariah Carey telah menghilang. Apalagi, kaset itu tidak diberi nama, sehingga menyulitkan pencarian. Tommy Mottola pun menyusuri kota sampai ia menemukan Mariah Carey. Sampai akhirnya, pada 12 Juni 1990 Mariah Carey merilis album studio debutnya dan berada pada naungan Columbia Records.

Baca Juga: Masuk Usia Setengah Abad, 10 Potret Mariah Carey Bukti Awet Muda!

3. Single perdananya 'Vision Of Love', memuncaki tangga lagu di Amerika Serikat

Menginjak Usia 50 Tahun, Ini Perjalanan Karier Musik Mariah Careyimdb.com

Beruntungnya, single perdana Mariah Carey, Vision Of Love, diterima dengan baik oleh masyarakat luas dan memuncaki tangga lagu Amerika Serikat di posisi pertama. Tak hanya itu, lagu ini berada di urutan ke-9 di tangga lagu Inggris. Tetapi, kritik pun mulai berdatangan kepadanya.

Vokal Mariah Carey disebut hanya terdengar bagus di studio rekaman. Ia melawan balik kritik itu dengan merekam sesi MTV Unplugged. Di situ, ia menunjukkan kalau ia bisa bernyanyi live dengan whistle register di depan penonton. Akhirnya, Mariah Carey kembali mendapatkan kepercayaan publik.

4. Namun, ia sempat mengalami masa-masa kelam

Menginjak Usia 50 Tahun, Ini Perjalanan Karier Musik Mariah Careygiphy.com

Berkat kedekatannya dengan Tommy Mottola, akhirnya mereka berdua memutuskan untuk menikah pada 5 Juni 1993 di New York. Padahal, mereka memiliki jarak usia 20 tahun dan Tommy baru saja bercerai dari istrinya. Mariah Carey sangat bahagia, bahkan ia memakai gaun pernikahan yang mirip dengan Lady Diana.

Tetapi, ternyata Mariah Carey menemukan fakta kalau menikah dengan Tommy Mottola tidak seperti saat bekerja dengannya. Laki-laki itu ternyata seorang diktator dan control freak. Bahkan, Mariah Carey perlu izin suaminya jika ingin keluar rumah dan mengatur gaya berpakaiannya, ungkapnya di laman Marie Claire.

Mariah akhirnya bercerai dari Tommy di tahun 1997. Lepas dari mantan suaminya, Mariah bergonta-ganti pasangan dan mengalami mental breakdown yang cukup parah. Bahkan, ia sempat dibawa ke rumah sakit saat ibunya menemukan Mariah di kamar hotel dalam kondisi berdarah akibat menyakiti diri sendiri (self harm).

5. Kini, ia menjelma menjadi diva internasional dengan sederet penghargaan

Menginjak Usia 50 Tahun, Ini Perjalanan Karier Musik Mariah Careyvariety.com

Tak terhitung ada berapa banyak penghargaan yang telah diterima oleh Mariah Carey. Misalnya, memenangkan penghargaan "Artis Wanita Pop/Rock Favorit" dari American Music Awards di tahun 1995 dan 1996, memenangkan penghargaan "Artis Wanita Soul/R&B Favorit" di tahun 1996, 1998 dan 2005.

Ia juga memenangkan penghargaan "Penyanyi Solo Internasional Terpopuler" di ajang American Heroes Awards pada tahun 2002. Album studionya, Daydream (1995), menjadi album dengan penjualan terbanyak, mencapai 7,7 juta album yang terjual. Di dalamnya, ada single yang sangat hit, yaitu "Always Be My Baby".

Nah, itulah perjalanan karier bermusik Mariah Carey, yang tahun ini menginjak usia 50 tahun. Lagu favoritmu dari Mariah Carey apa nih?

Baca Juga: Konser di Borobudur, Mariah Carey Memukau Ribuan Penonton

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya