Comscore Tracker

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong Anak

Tetap jadi ayah dan ibu hebat! #IDNTimesHype

Perilaku LGBT dianggap amoral oleh sebagian masyarakat tanah air. Pembahasan tentang orientasi seksual yang disebut-sebut "gak umum" ini masih tabu untuk dibicarakan, bahkan oleh kalangan dewasa. Kendati di Indonesia komunitasnya kian melonjak setiap tahun, mereka begitu tertutup.

Alih-alih mendapat penerimaan dan pembinaan, mereka justru diasingkan. Berbeda dengan negara barat yang mulai terbuka, komunitas tersebut diperlakukan selayaknya manusia. Banyak dari mereka yang dapat berkeluarga, seperti para artis LGBT berikut ini yang tetap bisa memiliki anak. Yuk, kita lihat potret hangat mereka!

1. Neil Patrick Harris

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakGideon Scott Burtka-Harris, Neil Patrick Harris, Harper Grace Burtka-Harris (instagram.com/nph)

Selebritas multitalenta Neil Patrick Harris menyatakan diri sebagai gay pada 2006 silam. Pria kelahiran 15 Juni 1973 ini telah menjalin hubungan dengan aktor David Burtka sejak 2004. Mereka menikah pada 8 September 2014 setelah Majelis dan Senat Negara Bagian New York melegalkan pernikahan sesama jenis 3 tahun sebelumnya.

Layaknya sebuah keluarga, Harris dan Burtka memutuskan untuk mempunyai anak dengan bantuan surogasi atau ibu pengganti. Mendonorkan sperma masing-masing, mereka dikaruniai anak kembar bernama Gideon Scott Burtka-Harris dan Harper Grace Burtka-Harris pada 12 Oktober 2010.

2. Cheyenne Jackson

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong Anakfoto kolase Willow Jackson-Landau, Cheyenne Jackson, Ethan Jackson-Landau | Cheyenne Jackson (instagram.com/jasonrlandau | instagram.com/mrcheyennejackson)

Masih asing bagi penikmat layar kaca Indonesia, wajah aktor Cheyenne Jackson dapat ditemui melalui serial Glee, American Horror Story, dan Julie and the Phantoms. Pria kelahiran 12 Juli 1975 ini terbuka sebagai gay sejak belia.

Ia pernah menjalin kasih hingga menikah dengan seorang ahli fisika bernama Monte Lapka. Gak berjalan sempurna, Jackson menikah kedua kalinya dengan aktor Jason Landau pada 2014. Ia resmi jadi ayah saat si kembar Willow dan Ethan lahir pada 7 Oktober 2016.

3. Ricky Martin

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong Anakfoto kolase Ricky Martin, Renn Martin-Yosef | Ricky Martin (instagram.com/ricky_martin | instagram.com/latinamas)

Dengan semakin canggihnya teknologi dan perkembangan pesat dunia medis, kita dapat memiliki anak meski tanpa pasangan. Di negara maju, membekukan sel telur atau sperma menjadi tren sejak era 80-an. Hal tersebut beriringan dengan maraknya bank donor sperma maupun telur.

Misalnya Ricky Martin, ia dikaruniai putra kembar tertuanya, Matteo dan Valentino, pada 2008 melalui surogasi kala masih bujangan. Saat ini, Martin telah menikah dengan seorang seniman bernama Jwan Yosef. Melalui proses kehamilan yang sama, ia kembali dikaruniai putri bernama Lucia yang lahir pada 2018 dan putra bernama Renn pada 2019.

4. BD Wong

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakB.D. Wong, Jackson Foo Wong (instagram.com/richertschnorr)

Gak banyak yang tau dan tersorot media, bintang film The Space Between Us (2017) dan waralaba Jurassic Park, BD Wong, adalah seorang gay. Ia pernah menjalin hubungan dengan produser Richie Jackson pada 1988. Sayangnya hubungan Wong dan Jackson berakhir setelah 16 tahun bersama.

Kala berpacaran dengan Jackson, ia menjadi ayah dari putra kembar yang lahir pada 2000. Salah satu putranya, Boaz Dov Wong yang lahir melalui surogasi, wafat setelah 90 menit dilahirkan. Sementara, putranya yang lain, Jackson Foo Wong, saat ini tengah menjalani studi di New York University.

5. Matt Bomer

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong Anakinstagram.com/mattbomer

Bintang film Papi Chulo (2016) dan serial White Collar (2009--2014), Matt Bomer, mengakui dirinya sebagai gay di depan publik pada 2012 silam. Ia pun baru terbuka tentang status pernikahannya bersama pebisnis Simon Halls pada 2014. Padahal, mereka telah mengikat janji suci sejak 2011.

Bersama Halls, Bomer membesarkan tiga putra yang semuanya lahir melalui ibu pengganti, yaitu Kit yang lahir pada 2005 dan si kembar Henry serta Walker pada 2008. Sibuk dengan karier masing-masing, mereka tetap memiliki waktu untuk anak-anak. Bomer selalu menemani Kit menonton pertandingan olahraga.

6. Elton John

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakKolase: Elijah Joseph Daniel Furnish-John, Elton John, Zachary Jackson Levon Furnish-John | Elton John (instagram.com/eltonjohn)

Tenar sebagai superstar, penyanyi legendaris Elton John tetaplah jadi ayah idaman di rumah. Bersama David Furnish, karib mendiang Princess Diana ini dikaruniai dua putra yang gak pernah mereka ekspos parasnya. Kedua putra John lahir dengan bantuan ibu surogasi yang sama.

Si sulung Zachary Jackson Levon Furnish-John lahir pada 25 December 2010. Sementara, bungsu Elijah Joseph Daniel Furnish-John lahir pada 11 January 2013. John dan Furnish sendiri menikah secara resmi setelah pernikahan sesama jenis legal di Inggris pada 2014. Namun, mereka telah menjalin kasih sejak 1993, lho!

Baca Juga: Lee Jong Suk dan 5 Aktor Korea Tenar ini Pernah Perankan Karakter LGBT

7. Denis O'Hare

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakKolase: Declan Redwood O'Hare, Denis O'Hare | Denis O'Hare (instagram.com/ohdenis)

Jika sebagian besar pasangan sejenis memilih bantuan surogasi atau ibu pengganti untuk memiliki anak, hal itu gak terjadi pada aktor Denis O'Hare. Bintang film J. Edgar (2011) dan serial True Blood ini justru mengadopsi seorang bayi yang masih berusia 2 minggu pada 2012 silam.

Bayi yang resmi secara hukum sebagai anak O'Hare pada 2014 ini bernama Declan Redwood O'Hare. Sang aktor mengadopsi Declan bersama suaminya, Hugo Redwood. O'Hare dan Redwood sudah menjalin hubungan sejak 2000. Mereka menikah pada 2011 setelah pernikahan sesama jenis legal di New York. 

8. Mark Feehily

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakMark Feehily, Layla Feehily (instagram.com/markusmoment)

Jagat dunia maya sempat dihebohkan pada 2019 kala salah satu pentolan boy band Westlife, Mark Feehily, mengumumkan kelahiran sang putri. Pasalnya, pemilik vokal countertenor ini seorang penyuka sesama jenis. Feehily sontak panen hujatan di akun media sosialnya.

Layla lahir dengan bantuan ibu pengganti pada 3 Oktober 2019. Feehily menyambut kelahiran sang putri bersama tunangannya, Cailean O'Neill. Genap berusia 2 tahun, Layla sukses mencuri atensi netizen. Cukup sering membagikan potret putri kesayangan, Feehily gak mengekspos wajahnya demi privasi.

9. Andy Cohen

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakAndy Cohen, Benjamin Allen Cohen (instagram.com/bravoandy)

Andy Cohen menjadi pembawa acara talk show Amerika pertama yang terbuka sebagai gay atau penyuka sesama jenis. Ia sempat digosipkan menjalin hubungan dengan salah satu jurnalis senior CNN, Anderson Cooper. Namun, hubungan mereka hanya sebatas pertemanan.

Meski gak memiliki pasangan, Cohen memutuskan jadi ayah di usia kepala lima. Pada 4 Februari 2019, putranya yang bernama Benjamin Allen Cohen lahir dengan bantuan ibu pengganti. Hingga kini, pria kelahiran 2 Juni 1968 ini masih berhubungan baik dengan perempuan yang mengandung Ben.

10. Cynthia Nixon

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakCynthia Nixon, Max Ellington Nixon-Marinoni (instagram.com/cynthiaenixon)

Bintang serial dan film Sex and the City, Cynthia Nixon, punya perjalanan cukup panjang soal orientasi seksualnya. Sebelum menyatakan diri sebagai biseksual atau penyuka laki-laki dan perempuan, Nixon sempat menjalin hubungan dengan seorang guru bernama Danny Mozes.

Hubungan yang telah berjalan sejak 1988 itu berakhir pada 2003. Nixon dan Mozes dikaruniai dua putra, yaitu Samuel Joseph Mozes pada 1996 dan Charles Ezekiel Mozes pada 2002. Kini, ia telah menikah dengan aktivis Christine Marinoni. Pada 2011, Marinoni melahirkan putra mereka yang diberi nama Max Ellington Nixon-Marinoni.

11. Caitlyn Jenner

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakKendall Jenner, Caitlyn Jenner, Kylie Jenner (instagram.com/kendalljenner)

Kini tenar sebagai calon Gubernur California dengan status transgender, Caitlyn Marie Jenner pernah mengharumkan nama Amerika di Olimpiade Internasional. Sebelum menyatakan diri sebagai trans pada 2015, ia memiliki nama asli William Bruce Jenner. Sosialita satu ini pun sempat menikah sebanyak tiga kali.

Dari pernikahannya bersama tiga perempuan, Jenner dikaruniai enam anak, yaitu Burt, Cassandra, Brandon, Brody, Kendall, dan Kylie. Ia juga menjadi ayah sambung bagi anak-anak klan Kardashian, yaitu Kourtney, Kim, Khloé, dan  Robert. Keputusan Jenner menjadi trans mendapat dukungan dari kedua putri kesayangannya, Kendall dan Kylie.

12. Amber Heard

Orangtua Idaman, 12 Potret Artis LGBT Momong AnakAmber Heard, Oonagh Paige Heard (instagram.com/amberheard)

Saat ini, Amber Heard sedang menikmati peran baru sebagai ibu di tengah kesibukannya membintangi sekuel film Aquaman. Dengan bantuan ibu pengganti, Heard dikaruniai putri bernama Oonagh Paige Heard yang lahir pada 8 April 2021. Ingin menjalani kehidupan ibu sendirian, ia gak melibatkan sang kekasih perempuan, Bianca Butti.

Perilaku LGBT dan memiliki anak dengan bantuan ibu pengganti seperti mereka memang gak dibenarkan oleh sebagian masyarakat tanah air. Namun, bukan berarti kita bebas menghujat mereka dengan sumpah serapah. Para artis di atas tentunya telah melewati berbagai pertimbangan sebelum bertindak.

Begitu pula jika ada orang terdekat kita yang mengalami masalah dengan orientasi seksualnya, stop menghujat dan mengasingkan mereka, ya! Jika gak bisa memberi solusi dengan baik dan bijak, cukup terima dan dengarkan keluh kesah mereka. Yuk, sebarkan cinta, bukan kebencian!

Baca Juga: Pejuang LGBT, 10 Artis Hollywood Ini Tak Segan Berikan Dukungan

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

edith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya