Comscore Tracker

5 Film Bollywood Terbaik yang Ajari untuk Move On dari Mantan

Lebih baik buka lembaran baru

Melupakan cinta lama memang sulit, apalagi kalau udah banyak kenangan manis yang tercipta antara kamu dan dia. Kisah-kisah tentang cinta yang gak sampai ke pelaminan, banyak diangkat dalam film, terutama film Bollywood yang jadi rajanya drama percintaan.

Buat kamu yang lagi galau karena sulit ngelupain kenangan alias mantan, mungkin kamu bisa menengok film yang punya kisah-kisah menyentuh ini. Kamu bisa belajar dari sosok-sosok di film ini, tentang bagaimana mereka bisa move on dan bahagia membuka cinta baru dalam ikatan yang baru.

1. Dhadkan

5 Film Bollywood Terbaik yang Ajari untuk Move On dari MantanBoxtv.com

Buat kamu yang mau move on dari mantan, film ini cocok banget! Ada sosok Anjali, yang meskipun awal mulanya sangat mencintai Dev, tapi bisa ikhlas melepasnya demi pernikahan suci antara dia dan Ram, lelaki yang dijodohkan kedua orangtuanya. Anjali memang anak pengusaha sukses, dimana keluarganya keberatan menerima Dev karena kondisinya yang miskin.

Anjali yang sangat patuh pada orangtua, mengalah dan rela dibawa pergi oleh Ram ke rumah barunya. Di rumah itulah konflik antara keluarga Ram dan Anjali terjadi, tapi dari permasalahan itu kebaikan sifat Ram begitu terlihat. Anjali menyadari bahwa Ram adalah pria berhati emas yang sangat mencintainya.

Anjali yang selalu sedih karena teringat Dev di awal pernikahan, akhirnya mulai membuka hati pada Ram dan melupakan Dev. Saat cinta pasangan itu tengah mekar, tiba-tiba Dev datang lagi dalam kehidupan Anjali dengan kondisi yang jauh berbeda. Dev telah menjadi seorang bisnismen yang kaya dan sangat berambisi mendapatkan Anjali kembali.

Namun cinta Dev ditolak oleh Anjali karena dia bukan lagi gadis yang dulu. Dev yang kecewa berat, meruntuhkan bisnis Ram sehingga pasangan itu jatuh miskin. Ram pun akhirnya tahu bahwa Dev adalah cinta lama istrinya.

Kamu bisa belajar dari sosok Anjali yang bisa move on seratus persen meski pun mantannya sudah bersinar dan jadi orang sukses. Anjali tetap memegang cintanya yang udah terajut dalam pernikahan suci dengan Ram. Kisahnya, happy ending kok! Dev akhirnya menyadari kesalahannya dan menemukan gadis lain untuk dinikahi.

2. Hum Dil De Chuke Sanam 

5 Film Bollywood Terbaik yang Ajari untuk Move On dari MantanWatchonlinemovies.pk

Film ini berkisah tentang gadis bernama Nandini yang ikhlas melepas cinta lama demi mencintai suaminya yang sah. Nandini adalah anak dari seorang musisi klasik india terkenal yang jatuh cinta pada Sameer. Dan kedatangan Sameer adalah untuk berguru kepada ayahnya Nandini.

Saat belajar itulah Sameer kerap bertemu dengan Nandini dan terjadi kejadian-kejadian lucu yang mendekatkan keduanya. Cinta pun bersemi, Sameer dan Nandini bahkan berjanji untuk setia sehidup semati. Tapi, rupanya ayah Nandini sudah menjodohkan putrinya dengan Vanraj, anak rekannya sendiri.

Ayah Nandini marah besar mengetahui hubungan itu, bahkan dia sampai mengusir Sameer dari kediamannya. Di tengah patah hati itu, pernikahan antara Nandini dan Vanraj pun terjadi. Di sinilah kamu bakal melihat kalau mempertahankan cinta lama gak sepenuhnya benar. Kamu harus move on, dan itulah yang Nandini lakukan.

Awalnya Nandini masih sulit melupakan perasaannya pada Sameer sampai surat-surat cintanya terbaca oleh Vanraj. Mengetahui istrinya sangat mencintai pemuda lain, Vanraj memutuskan untuk mempertemukan Nandini kembali bersama Sameer.

Dalam penjelajahan mencari Sameer itulah rasa cinta yang besar dari Vanraj begitu terlihat untuk Nandini, terutama saat tragedi penembakan oleh sekelompok pencuri. Cinta tulus Vanraj akhirnya berhasil meluluhkan hati Nandini. Saat takdir mempertemukannya kembali dengan Sameer, Nandini bisa teguh untuk mengatakan bahwa hatinya sudah menjadi milik Vanraj, suaminya sendiri. 

3. Rab Ne Bana di Jodi

5 Film Bollywood Terbaik yang Ajari untuk Move On dari MantanSantabanta.com

Tani, seorang gadis periang yang terpaksa menikah dengan Surinder atas keinginan terakhir ayahnya, juga masuk salah satu sosok yang ngajarin kamu untuk move on dalam film ini. Sebelumnya, Tani akan menikah dengan lelaki yang dicintainya. Namun naas, mobil penumpang calon pengantin lelaki mengalami kecelakaan.

Masih dalam suasana duka, ayah Tani yang sakit berat memercayakan putrinya pada Surinder untuk dinikahi. Ayahnya sangat hafal pada karakter Surinder yang sangat baik. Awal pernikahan, Tani memang mengurung diri dan sangat pendiam. Tapi dia mencoba untuk bangkit dan tersenyum demi menjaga nama baik Surinder di depan rekan-rekannya.

Surinder yang ingin mengembalikan senyum Tani, mencoba merubah penampilannya yang kaku dan berkumis menjadi macho sesuai selera Tani. Tapi ia malah mengubah identitasnya menjadi Raj saat bertemu Tani. Surinder merekaya pertemuannya dengan Tani dalam wujud Raj sebab Raj selalu berhasil membuat Tani tersenyum.

Konflik hati mulai membuat Tani galau. Ia bingung apakah harus lari bersama Raj yang tak lain adalah Surinder, atau tetap mengabdi pada suaminya seperti yang dipinta sang ayah. Tani berdoa pada Tuhan di tempat suci agar ia memilih yang terbaik. Lalu pada malam saat Raj ingin membawa Tani kabur dari rumahnya, Tani tiba-tiba berkata dengan teguh kalau dia akan tetap menemani suaminya.

Meskipun cinta untuk suaminya belum begitu mekar, namun Tani yakin untuk meninggalkan cinta Raj demi menjaga pernikahannya. Kamu bisa belajar dari sosok Tani yang bisa move-on dengan tulus demi menjaga hubungan baik dengan lelaki baik yang sudah ada di depan langkahnya. 

4. Mujhse Dosti Karoge

5 Film Bollywood Terbaik yang Ajari untuk Move On dari MantanJustdial.com

Dari film menarik satu ini, kamu bisa belajar move on dari sosok Tina yang merelakan Raj, cowok yang dicintainya untuk menikah dengan sahabatnya sendiri, Puja. Tina, Raj dan Puja adalah sabahat dekat sejak kecil, namun Raj dibawa pindah ke Amerika. Meski terpisah, Raj selalu mengirim email untuk bertukar kabar. Karena Tina cukup sibuk, email itu selalu berbalas dengan Puja.

Uniknya, Puja mengaku sebagai Tina dalam berkirim pesan selama belasan tahun. Saat Raj kembali ke India, dia langsung jatuh hati pada Tina karena mengira dialah gadis yang selalu bertukar kabar dengannya. Seiring waktu, Raj akhirnya tahu kalau gadis itu bukan Tina melainkan Puja lewat semua keganjalan yang terjadi.

Tapi terlambat, Raj sudah terlanjur menyatakan cinta pada Tina, bahkan berjanji bakal menikahinya. Padahal yang dia mimpikan selama ini adalah gadis yang selalu membalas pesannya. Karena gak mau bohongi hati sendiri, Raj ingin mengungkap kesalahpahaman ini. Apalagi Raj mulai mencintai Puja dan tahu kalau Puja juga mencintainya.

Sayangnya, Tina tengah mengalami kedukaan mendalam karena kematian ayah yang menjadi satu-satunya orangtua. Puja yang tak ingin menambah kesedihan Tina, meminta Raj supaya tetap menikahi Tina. Di sinilah kegalauan Raj terjadi. Tapi seiring waktu, Tina menyadari bahwa Raj sebenarnya mencintai Puja lewat berbagai drama yang terjadi.

Di hari pernikahan Tina dan Raj, kebenaran pun diungkap. Sambil menangis haru, Tina berkata bahwa dia sudah tahu kalau Raj dan Puja telah mengorbankan cinta demi dirinya. Tina meyakinkan kalau dia gak merasa kesepian dan bisa bahagia. Akhirnya, Tina pun tersenyum melihat Raj dan Puja menikah, ia bisa rela melepas cinta dan move on sepenuhnya.

5. Kal Ho Na Ho

5 Film Bollywood Terbaik yang Ajari untuk Move On dari MantanFilmibeat.com

Kalau kamu masih susah move on dari mantan padahal masih bisa lihat dia bahagia, coba deh kamu berkaca pada sosok Aman dalam film menyentuh ini. Karena tahu umurnya gak akan lama, Aman berbesar hati menjodohkan Naina dengan sahabatnya sendiri meski sebenarnya dia sangat mencintai gadis itu.

Yang lebih nyesek lagi, ternyata Naina pun mencintai Aman dan membuat Aman terpaksa berbohong kalau dia sudah menikah. Cukup sulit menjodohkan Naina dengan Rohit sahabatnya, padahal Naina dan Rohit sudah kenal sejak lama. Tapi berkat Aman, Rohit akhirnya berhasil meluluhkan hati Naina untuk diajak menikah.

Di hari pertunangan Rohit dan Naina, Aman jatuh pingsan dan dibawa ke rumah sakit. Akhirnya semua orang tahu kalau hidup Aman tinggal sebentar. Naina dan Rohit juga menyadari kalau ternyata Aman sangat mencintai Naina dan belum menikah sama sekali. Kenyataan itu hampir membuat keduanya batal untuk menikah.

Tapi Aman meyakinkan Rohit dan Naina untuk tetap menikah, sebab umur Aman tak akan lama. Cintanya pada Naina akan ia bawa sampai mati. Pernikahan pun berlangsung dengan penuh keharuan, baik Naina maupun Aman, keduanya menangis entah karena bahagia atau sedih.

Intinya, Naina rela melepas cintanya pada Aman, dan Aman pun rela melepas cintanya pada Naina untuk sahabatnya. Bikin baper banget kan kisahnya. Yang jelas, kamu bisa belajar untuk move on dan merelakan cinta lewat film ini. 

Nah, itu dia kelima film Bollywood yang rekomendasi banget buat kamu yang ingin move on dari mantan. Apalagi kalau kamu sudah diikat dalam tali pernikahan bersama seseorang yang baru. Itu artinya kamu harus membuka lembaran baru. Punya rekomendasi film Bollywood tema sejenis yang lain gak? Share di kolom komentar, ya!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You