Comscore Tracker

Jadi Sorotan, 5 Alasan Kuat JPop Semakin Eksis di Era Musik Digital

Tetap bertahan dan terus menarik peminat

Musik Jepang merupakan salah satu industri musik terbesar dengan penjualan album dan konser terlaris. Tak heran, jika banyak sekali fans dari luar negeri untuk datang ke Jepang dan menyaksikan konser maupun membeli album-album musik Jepang.

Pendapatan yang diperoleh industri ini pun cukup besar, sehingga selalu meningkat di setiap penjualannya.

Jika kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk menikmati konser sembari melepas penat, karena musik Jepang memiliki banyak sekali genre yang berbeda dan membuatu kagum ketika mengetahuinya.

Nah, berikut lima hal menarik yang wajib kalian ketahui tentang industri musik Jepang yang biasa dikenal sebagai JPop. Check this out!

1. Sangat anti dengan penjualan album bajakan 

Jadi Sorotan, 5 Alasan Kuat JPop Semakin Eksis di Era Musik Digitaljauce.com

Bajakan bukanlah hal yang wajar saat ini. Banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkan album bajakan untuk keuntungan pribadi.Tentu, ini akan berdampak pada industri musik yang penjualannya akan mengalami kemerosotan.

Jepang telah menerapkan hukuman bagi setiap orang yang dengan sengaja melakukan pembajakan album. Siapa yang berani melakukan hal tersebut akan mendapatkan hukuman yang setimpal.

2. Jarang menampilkan MV full version

Jadi Sorotan, 5 Alasan Kuat JPop Semakin Eksis di Era Musik Digitaltodayidol.com

Platform YouTube merupakan salah satu promosi utama untuk penjualan single maupun album yang akan menarik perhatian masyarakat, agar tertarik untuk membeli dan memilikinya secara original.

Untuk itu, Jepang tak mengunggah versi lengkap dari musik video yang mereka rilis, karena akan timbul pembajakan karya dan kontroversi, dimana ini dapat menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

Baca Juga: Pecinta Jpop, Masih Ingat Penyanyi Wanita Generasi 90an Ini?

3. Harus datang ke konser jika ingin mendengarkan lagu 

Jadi Sorotan, 5 Alasan Kuat JPop Semakin Eksis di Era Musik Digitalmoshimoshi-nippon.jp

Jepang juga memiliki hukum lain dalam mempromosikan lagu dan karya- karya mereka. Jika kalian ingin mendengarkan musik di Jepang, kalian harus mendatangi konser musik tersebut untuk menghargai karya musisi.

Hal tersebut juga dimaksudkan, agar para musisi bisa mendapat penghasilan yang setimpal dengan usaha mereka dalam menciptakan sebuah lagu. Meski tiket yang harus dibeli cukup mahal, kalian tak akan kecewa dengan penampilan para musisi kenamaan JPop.

4. Memiliki kualitas sound system terbaik

Jadi Sorotan, 5 Alasan Kuat JPop Semakin Eksis di Era Musik Digitalnexo-sa.com

Dunia entertaiment di Jepang juga tak kalah menarik untuk diulas. Festival musik yang selalu diadakan setiap tahun tak pernah sepi pengunjung, karena selalu dipadati oleh penonton yang hadir.

Hal tersebut membuat industri musik di Jepang mengusung konsep 3D audio bagi para pendengarnya, lho. Kalian akan merasakan suara yang nyaman saat mendengarkan lagu-lagu yang dibawakan oleh para musisi selama konser berlangsung.

5. Genre yang bermacam - macam

Jadi Sorotan, 5 Alasan Kuat JPop Semakin Eksis di Era Musik Digitalwe-xpats.com

Mengusung konsep yang unik dalam berbagai hal, musik Jepang juga tak kalah menarik dari segi genrenya. Berbeda dengan negara lain yang hanya menampilkan musik tertentu, di Jepang kalian dapat menyaksikan penampilan pameran musik tradisional dan campuran musik metal, serta pop yang selalu disatukan dengan pembawaannya yang menarik.

Hal itu lah yang membuat JPop dikenal memiliki genre musik yang unik.

Itulah lima alasan kuat yang membuat industri musik JPop bisa terus bersaing di kancah musik global. Tak heran, jika penggemar JPop setiap harinya terus bertambah.

Baca Juga: Suka Musik Jpop? 7 Lagu CNBLUE versi Jepang ini Wajib Kamu Dengar!

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya