Comscore Tracker

Bikin Adem! Inilah 5 Lagu Fourtwnty yang Mengajarimu Tentang Kehidupan

Dijamin easylistening!

Fourtwnty adalah band indie Indonesia yang sudah mulai berkarya sejak tahun 2010. Walau sudah hampir 10 tahun, Fourtwnty masih eksis hingga sekarang. Salah satu ciri khas lagu Fourtwnty yakni pemilihan tata bahasannya yang sangat bermakna di setiap liriknya.

Tidak seperti band lain yang mengambil tema lagu tentang cinta, Fourtwnty justru tidak ragu mengambil berbagai tema pada karyanya. Berikut adalah lima lagu Fourtwnty yang mengangkat tema kehidupan sebagai tema utamanya.

1. Aku Bukan Binatang

https://www.youtube.com/embed/2oqMyVaJ7qY

Lagu ini mempertegas bahwa tak ada satupun manusia yang sempurna, termasuk kita sebagai salah satunya. Diambil dari perspektif seseorang yang selalu disepelekan, menjadikan lagu ini memiliki makna mendalam bagi pendengar yang punya kisah masa lalu serupa. Dibawakan dengan penuh emosi, pesan kekecewaan tersampaikan dengan sangat baik.

Fourtwnty mengajak kita agar tidak merendahkan orang lain. Belajar memanusiakan manusia. Menghargai usaha orang lain sekecil apapun itu sebab kita tidak pernah tahu seberapa besar usaha yang sudah ia perjuangkan. 

2. Zona Nyaman

https://www.youtube.com/embed/OnfYLBNvrPw

Lagu Fourtwnty yang satu ini menjadi OST Film Filosofi Kopi. Selain musiknya yang ramah di telinga, lagu ini juga bermakna sangat mendalam. Lagu ini berisi ajakan kepada kita agar tidak ragu untuk keluar dari zona nyaman.

Lagu ini adalah seruan agar kita selalu melibatkan hati yang ikhlas dalam melakukan apapun. Jangan sampai kita justru terjebak di zona sama yang membuat kita merasa tidak nyaman. Setiap orang berhak untuk mendapatkan rasa bahagia yang merdeka.

Baca Juga: Fourtwnty Sajikan Suasana "Rammang-Rammang" di Lagu Terbaru Mereka

3. Kita Pasti Tua

https://www.youtube.com/embed/SmEcGbRDQS0

Lagu "Kita Pasti Tua" hadir menjadi pengingat bahwa tiap kita pasti akan menua pada waktunya. Tak ada satupun yang abadi, termasuk fisik rupawan di masa muda. Setampan atau secantik apapun kita ketika muda, maka pada akhirnya pasti akan keriput jua. 

Tidak hanya itu, kita pun akan mengalami kesulitan dalam ingatan dan penglihatan. Tentu sulit rasanya menyadari secara langsung, bahwa kemampuan kita akan menurun dari waktu ke waktu. Namun kembali lagi, Fourtwnty menyadarkan kita bahwa menua hanyalah soal waktu, tiap manusia pun pasti akan mengalaminya. 

4. Realita

https://www.youtube.com/embed/T_AmqX8Fklw

Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang selalu mengambil keputusan disaat yang tidak tepat. Jika dihubungkan, erat kaitannya dengan fenomena anak muda zaman sekarang, dimana kebanyakan dari kita lebih mengutamakan nafsu dibandingkan logika. Lagu ini mengajak anak muda agar tidak gegabah dalam mengambil keputusan, dan membiasakan diri untuk berpikir sebelum bertindak.

Seperti lagu-lagunya yang lain,  Fourtwnty sukses juga menjaga tata bahasa yang apik dalam lagu ini. Meskipun dibawa dengan nada sederhana, lagu 'Realita' berhasil menyindir anak muda dengan halus.

5. Diskusi Senja

https://www.youtube.com/embed/fgAOB4pV0dE

Bagi kamu yang sedang terbelenggu dalam masalah, lagu Fourtwnty yang satu ini cocok untuk kamu dengarkan. Lagu "Diskusi Senja" menyadarkan kita bahwa menceritakan masalah dengan orang terdekat bukanlah hal yang salah. Walau belum tentu mendapat solusi, tapi setidaknya kita akan merasa lega.

Lagu ini juga menyampaikan pesan bahwa setiap orang pasti memiliki masalah. Namun, jangan berlarut-larut dalam masalah, dan percayalah semua pasti akan usai pada waktunya. Pelan tapi pasti, segala masalah akan terlalui jua.

Fourtwnty memang tak pernah gagal dalam setiap karyanya. Alunan musik yang menenangkan serta lirik yang sarat makna menjadi ciri khas dari grup musik satu ini. Lagu-lagunya sukses menyentuh hati terdalam para pendengarnya, termasuk lima lagu di atas yang memiliki makna mendalam tentang kehidupan. Adakah yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Gen Z Ingin Lebih Kritis dan Kreatif? Vokalis Fourtwnty Beri 4 Rahasia

Caressa lina Photo Verified Writer Caressa lina

nothing special about me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya