Comscore Tracker

5 Film India tentang Eratnya Kasih Sayang Saudara Kandung

Memberikan pelajaran tentang arti kasih sayang sesungguhnya

Tak hanya hubungan percintaan antara dua sejoli saja yang bisa membuat penonton ikut terharu saat menontonnya. Namun, film tentang hubungan dalam persaudaraan kandung justru lebih kompleks dan pastinya memberikan banyak pelajaran tentang arti dari kasih sayang sesama saudara.

Berikut lima film India tentang eratnya kasih sayang dalam persaudaraan kandung yang cocok kamu tonton bersama saudaramu, dijamin nontonnya bikin mengharu biru! Yuk, simak judulnya berikut ini!

1. Sarbjit (2016) 

https://www.youtube.com/embed/q1kYpWU7apI

Sarbjit merupakan film yang mengusung genre drama biografi India, telah rilis pada 2016 silam. Film ini disutradarai oleh Omung Kumar dan dibintangi oleh Aishwarya Rai dan Randeep Hooda sebagai peran utama.

Film ini menyajikan kisah tentang seorang petani bernama Sarabjit Singh (Randeep Hooda) yang tingggal di daerah Bhikhiwind. Ia diduga sebagai teroris dengan nama Ranjit Singh hingga ia ditangkap oleh polisi Pakistan setelah memasuki daerah perbatasan. Sarabjit pun akhirnya dijatuhi hukuman mati oleh mahkamah agung Pakistan pada tahun 1991 hingga membuat dirinya harus menghabiskan waktu selama 22 tahun di penjara hanya karena dugaan terorisme dan mata-mata.

Di sepanjang, film ini menunjukkan betapa sayangnya Dalbir kepada saudara kandungnya, Sarabjit Singh. Hingga ia rela melakukan apapun dan membuat dirinya depresi lalu melakukan percobaan bunuh diri karena merasa tak mampu membantu saudara kandungnya bebas dari dugaan terorisme tersebut.

2. Josh (2000) 

https://www.youtube.com/embed/kqeSqGdvLno

Josh merupakan film yang bergenre aksi romantis, telah rilis pada 2000 silam. Film ini disutradarai sekaligus ditulis oleh Mansoor Khan. Dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Aishwarya Rai Bachchan, Chandrachur Singh, dan Sharad Kapoor.

Film yang berlatar tahun 1980 di kota Vasco, Goa ini menceritakan tentang dua geng yang saling bermusuhan, yaitu Geng Bichhoos dipimpin oleh Prakash Sharma (Sharad Kapoor) dan geng Eagles dipimpin oleh Max Dias (Shah Rukh Khan). Suatu hari, saudara laki-laki Prakash bernama Rahul yang berprofesi sebagai koki master di Mumbai datang mengunjungi Vasco hingga membuatnya terpesona dan jatuh cinta saat melihat wanita cantik bernama Shirley (Aishwarya Rai), yang merupakan saudara kembar Max.

Di film ini menunjukkan betapa protektifnya Max, sebagai saudara kandung Shirley yang selalu melindungi adiknya dari hal apapun yang dapat menganggu adiknya tersebut. Seperti, di saat Shirley diejek oleh beberapa pria, tak segan-segan Max pun langsung memberikan pelajaran kepada pria yang menganggu saudara kandungnya tersebut.

3. Dil Dhadakne Do (2015) 

https://www.youtube.com/embed/qfnJCv4_1Ts

Dil Dhadakne Do merupakan film yang bergenre drama komedi, telah rilis pada 2015 silam. Film ini disutradarai oleh Zoya Akhtar dan dibintangi oleh Anil Kapoor, Shefali Shah, Priyanka Chopra, Ranveer Singh, Anushka Sharma, dan Farhan Akhtar sebagai peran utama.

Film ini menceritakan tentang kisah keluarga dari seorang pebisnis miliarder di Delhi bernama Kamal Mehra (Anil Kapoor) yang mengundang keluarga dan teman-teman mereka untuk merayakan ulang tahun pernikahan ke-30 mereka di pesiar Laut Mediterania.

Di film ini menunjukkan eratnya hubungan saudara kandung di dalam keluarga seperti, Kabir Mehra (Ranveer) dengan Ayesha (Priyanka) yang saling mendukung satu sama lain dalam keluarga hingga di saat Kabir meminta orang tuanya untuk menyerahkan bisnis kepada saudara perempuannya Ayesha, mereka  saling mendukung dan menyemangati satu sama lain.

Baca Juga: 9 Film Bollywood Terbaik Sanjay Dutt Versi IMDb, Wajib Ditonton! 

4. Jaane Tu Ya Jaane Na (2008) 

https://www.youtube.com/embed/aDoYqRR1EgM

Selanjutnya, Jaane Tu Ya Jaane Na merupakan film yang mengusung genre komedi romantis, telah rilis pada 2008 silam. Film ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Abbas Tyrewala dan dibintangi oleh Imran Khan, Genelia D'Souza, Prateik Babbar, Manjari Fadnis, Ayaz Khan, dan Paresh Rawal.

Film ini menceritakan kisah cinta persahabatan antara Jai (Imran Khan) dengan Aditi (Genelia D'souza) yang telah menjalin hubungan persahabatan selama 5 tahun. Saat lulus kuliah, orang tua Aditi ingin ia menikah dengan Jai, namun keduanya menolak karena tidak memiliki rasa cinta satu sama lain.

Di sisi lain, di film ini menunjukkan betapa eratnya hubungan Aditi dengan kakak kandungnya, Amit. Walaupun keduanya kerap kali bertengkar, namun yang paling mengesankan di saat keduanya selalu ada satu sama lain saat sedang masa-masa terpuruk maupun bahagia. Seperti, ketika Amit mencurahkan isi hatinya, Aditi selalu siap menjadi pendengar yang baik untuk saudara kandungnya tersebut.

5. Iqbal (2005) 

https://www.youtube.com/embed/5OIco9k7KcE

Terakhir, film Iqbal merupakan film drama olahraga dewasa, telah rilis pada 2005 silam. Film ini ditulis sekaligus disutradarai oleh Nagesh Kukunoor. Film ini dibintangi oleh Naseeruddin Shah, Shreyas Talpade, Girish Karnad, Yatin Karyekar, Prateeksha Lonkar, dan Shweta Basu Prasad.

Film ini menceritakan kisah tentang seorang anak laki-laki tuli dan bisu, tinggal di sebuah desa terpencil di India bernama Iqbal (Shreyas Talpade). Ia memiliki mimpi untuk menjadi seorang pemain kriket. Sayangnya, ayahnya tidak mendukungnya untuk menjadi seorang pemain kriket dan menganggap mimpi Iqbal tersebut hanya buang-buang waktu.

Namun, di sisi lain ada Khadija (Shweta Basu Prasad), saudara kandung Iqbal yang menjadi saksi atas perjalanan Iqbal untuk meraih mimpinya. Khadija yang selalu siap membantu saudara laki-lakinya tersebut sebagai seseorang yang berkebutuhan khusus untuk bisa menjadi seorang pemain kriket nasional. Di setiap adegan keduanya selalu menyentuh karena saling menyayangi dan menyemangati satu sama lain.

Deretan film India di atas menceritakan kehidupan kakak beradik yang penuh akan pelajaran dan arti kasih sayang yang sebenarnya. Dan beberapa dari judul film di atas bisa menjadi referensi tontonanmu bersama saudara kandungmu, lho. Tertarik untuk menonton bersama?

Baca Juga: 5 Film dan Serial India yang Mengangkat Isu Rasisme 

Nur Irdawana Nasution Photo Verified Writer Nur Irdawana Nasution

Instagram @Irda_nasution17 "Let's learn new things every day"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya