Comscore Tracker

5 Penyanyi Legendaris Berdarah Batak yang Populer di Era 80-an

Siapa yang pernah dengar lagu-lagunya? #LokalIDN

Perkembangan industri musik tanah air kian pesat dan terus berkembang dari masa ke masa. Berbicara mengenai industri musik tentu tak lepas dari kontribusi dari para penyanyi tanah air. Termasuk para penyanyi legendaris yang sempat populer dan lagunya meledak di era tahun 80-an. Di antaranya adalah para penyanyi berdarah batak yang terkenal akan suara tingginya. 

Berikut ini merupakan para penyanyi legendaris berdarah batak yang populer dan mewarnai blantika industri musik tanah air. 

1. Eddy Silitonga

https://www.youtube.com/embed/Vbn9rEwl24I

Pemilik nama lengkap Charles Edison Silitonga ini lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Eddy merupakan penyanyi dengan suara tinggi yang mampu menyanyikan berbagai genre lagu. Ia sempat menjuarai lomba seriosa pada tahun 1967 dan juga mahir dalam menyanyikan lagu pop.

Berbagai jenis lagu mulai dari lagu batak, lagu minang, hingga lagu rohani kerap ia bawakan. Puluhan lagu dan album pun menjadi karyanya yang abadi hingga kini. Termasuk lagu "Biarlah Sendiri" yang mengantarkannya pada puncak ketenaran pada tahun 1976.

2. Victor Hutabarat

https://www.youtube.com/embed/CvASxobjXWU

Penyanyi yang memiliki darah seni dari sang ayah ini adalah salah satu penyanyi yang tenar di era 80-an. Baginya menyanyi adalah bagian dari hal yang sangat biasa di dalam tradisi keluarganya. Victor mampu membawakan banyak lagu tembang kenangan, lagu Batak, lagu pop yang pastinya laris di pasaran.

Semalam di Malaysia, Alusi Au, Sigulempong, OTano Batak dan Si Togol adalah beberapa lagu populer yang dinyanyikan olehnya. Ada yang pernah mendengar lagunya?

Baca Juga: 10 Artis Berdarah Minang yang Pesonanya Sukses Bikin Hati Berdesir

3. Diana Nasution

https://www.youtube.com/embed/9hP5BqkHnb4

Salah satu diva legendaris Indonesia ini tak diragukan lagu kemampuan vokalnya yang sangat tinggi. Ia bahkan memiliki grup duet sendiri bersama sang kakak yang dinamakan 'Nasution Sisters'. Diana kemudian menikah dengan penyanyi berdarah Maluku, Minggus Tahitoe. Kemudian bakat bernyanyinya menurun pada sang anak yang juga dikenal sebagai penyanyi pop tanah air, Marcello Tahitoe atau lebih akrab disapa Ello.

4. Christine Panjaitan

https://www.youtube.com/embed/2-pPplhwAw0

Christine Natalina Panjaitan yang akan genap berusia 60 tahun pada bulan Desember ini juga merupakan penyanyi populer era 80-an. Nama Christine Panjaitan adalah menjadi perbincangan hangat saat sukses menyanyikan lagu karya Rinto Harahap berjudul "Katakan Sejujurnya".

Penyanyi yang juga sebagai istri dari dokter kandungan ini mulai mengurangi aktivitas di industri musik sejak ia menikah. Namun hobi dan bakat menyanyinya masih terasah hingga kini seperti yang sering dibagikannya melalui media sosial.

5. Rinto Harahap

https://www.youtube.com/embed/ocFpvZSR1io

Nama Rinto Harahap pastinya sudah tak asing di telinga banyak orang. Penyanyi, pencipta lagu, dan produser ini merupakan orang dibalik kesuksesan banyak penyanyi terkenal tanah air. Sebut saja penyanyi seperti Nia Daniati, Betharia Sonata, Christine Panjaitan, Rita Butar-butar, dan juga Eddy Silitonga.

Tak terhitung berapa banyak karya yang dihasilkan, ia juga sempat mendirikan sebuah grup band The Mercy's di Medan. Bahkan sempat melakukan konser di dalam dan luar negeri. Meski sudah tiada, tetapi karyanya masih abadi hingga kini. 

Nah, itulah lima penyanyi legendaris berdarah Batak yang populer di era 80-an. Selain menenangkan, lagu-lagu mereka juga easy listening lho!

Baca Juga: 8 Grup Musisi Sumatra Utara yang Tak Asing Lagi bagi Masyarakat Batak

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya