Comscore Tracker

6 Lagu Barat yang Cocok untuk Dinyanyikan Sambil Bermain Gitar

Kalian suka lagu yang mana nih? #IDNTimesHype

Bermain musik adalah hobi yang paling menyenangkan. Semua orang di dunia ini pasti menyukai musik dan mungkin bisa memainkan alat musik. Alat musik yang biasanya dimainkan saat santai adalah gitar. Alat musik yang memiliki enam senar ini biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu.

Anak muda biasa sangat menyukai lagu-lagu yang berasal dari luar negeri atau yang biasa disebut dengan lagu barat saat bermain gitar dan bernyanyi. Berikut ada enam lagu barat yang cocok untuk dinyanyikan sambil bermain gitar.

1. Bread - "If"

https://www.youtube.com/embed/wjgJh0Nwbt4

Mungkin anak muda pada era saat ini sangat asing dengan lagu ini. Namun bagi penggemar lagu-lagu barat lama pasti tahu tentang lagu ini dan hafal dengan lagunya. Lagu ini adalah lagu miliknya grup musik dari Amerika Serikat, Bread.

Lagu "If" yang ditulis oleh David Gates ini dirilis pada tahun 1971 dalam album yang berjudul Manna. Lagu ini sangatlah easy listening dengan petikan gitar yang mungkin mudah untuk dimainkan. Jika kalian bisa memainkan lagu ini, maka kalian mungkin akan mendapatkan apresiasi lebih karena bisa memainkan lagu yang jarang diketahui oleh anak-anak muda.

2. The Beatles - "Ticket To Ride"

https://www.youtube.com/embed/SyNt5zm3U_M

Lagu ini juga tak kalah asyik jika dibawakan saat santai atau nongkrong di pos ronda sama teman. Dengan intro petikan gitar yang memukau dari George Harrison membuat lagu ini juga easy listening.

Lagu ini terdapat dalam album Help! yang dirilis pada tahun 1965. Jika kalian tidak tahu lagu ini, bisa nonton dulu film Warkop DKI yang berjudul Dongkrak Antik. Dalam film itu terdapat adegan mendiang Kasino menyanyikan lagu ini dalam sebuah acara yang diselenggarakan di hotel.

Baca Juga: Chord Kunci Gitar November Rain, Kisah di Balik Lagu Epik Guns N Roses

3. The Beatles - "Yesterday"

https://www.youtube.com/embed/NrgmdOz227I

Selain "Ticket To Ride", The Beatles juga memiliki lagu yang tak kalah keren untuk dibawakan sambil memainkan gitar, yaitu Yesterday. Lagu yang ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney ini masih ada dalam satu album dengan Ticket To Ride, yaitu Help!.

4. Eric Clapton - "Tears In Heaven"

https://www.youtube.com/embed/ZqtyQuXo9zM

Lagu ini sebenarnya adalah lagu yang sangat menyayat karena lagu ini ditulis oleh Eric Clapton setelah kematian anak semata wayangnya, Connor Clapton.

Connor Clapton yang saat itu berusia 4 tahun meninggal dunia pada tanggal 20 Maret 1991 setelah jatuh dari lantai 53 apartemen tempat tinggalnya. Kesedihan Eric Clapton pun akhirnya menjadi lagu yang berjudul "Tears In Heaven" dan dirilis pada tahun 1992, setahun setelah kematian putranya. Lagu ini juga tak kalah kerennya jika dimainkan dengan gitar.

5. Joan Baez - "Donna Donna"

https://www.youtube.com/embed/gQ5Jl4wGNG4

Bagi kalian yang pernah menonton film yang berjudul Gie, pasti mengetahui lagu ini. Lagu ini juga pernah dinyanyikan oleh salah satu teman Gie dalam filmnya. Karena menurut informasi yang penulis dapat, lagu ini adalah lagu yang sangat disukai oleh Soe Hok Gie.

Jika kalian ingin memainkannya dengan gitar, jangan lupa gitarnya dikasih kappo biar seperti pada lagu aslinya. Sangat nge-pop dan easy listening banget, deh pokoknya.

6. Scorpions - "Always Somewhere"

https://www.youtube.com/embed/RDjH4lQ6h-Y

Kalau lagu ini pasti semua anak muda mengenalnya. Lagu ini sangat familier bagi anak-anak muda ataupun orang tua karena sangat easy listening walaupun agak nge-rock. Selain easy listening, lagu ini juga sangat mudah jika dimainkan dengan gitar.

Maka tak heran jika kalian pernah melihat anak muda memainkan lagu ini saat memainkan gitar. Lagu ini dirilis pada tahun 1979 dalam album Scorpions yang berjudul Lovedrive.

Bermain gitar memang sangat menyenangkan apalagi jika memainkan lagu barat yang mudah untuk dimainkan. Lagu favorit kalian yang mana nih?

Baca Juga: Chord Gitar Gampang 5 Lagu Hits BTS, Yuk Latihan!

Nurrahman Fadholi Photo Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya