Comscore Tracker

5 Seleb Indonesia yang Meninggal Usia 20-an, Karyanya Abadi!

Karya mereka abadi di dunia hiburan tanah air

Meninggal adalah rahasia Ilahi yang tidak diketahui oleh makhluk hidup, terutama manusia. Setiap makhluk yang hidup pasti akan meninggal namun tidak diketahui kapan itu akan terjadi dan pada usia berapa mereka akan menemui ajalnya tersebut.

Seperti beberapa artis Indonesia ini, mereka meninggal pada usianya yang baru menginjak 20 tahun. Berikut lima selebritis yang meninggal di usianya yang baru menginjak 20-an tahun.

1. Nike Ardilla

5 Seleb Indonesia yang Meninggal Usia 20-an, Karyanya Abadi!potret Nike Ardilla (instagram.com/nikeardillaofficial)

Siapa yang tak kenal dengan penyanyi rock satu ini? Nike Ardilla adalah salah satu penyanyi yang populer pada akhir era 80-an hingga pertengahan 90-an. Penyanyi yang memiliki nama lengkap Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi ini menjadi penyanyi rock perempuan yang diperhitungkan kala itu berkat lagu 'Bintang Kehidupan' yang populer di tahun 1990. Lagu tersebut membuat namanya kian bersinar kala itu.

Namun karir gadis asal Bandung ini tidak bertahan lama karena kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawanya pada tanggal 19 Maret 1995. Nike Ardilla meninggal dalam usia 20 tahun. Seusai kepergiannya, beberapa penggemarnya pun turut mengenangnya hingga kini.

2. Ryan Hidayat

5 Seleb Indonesia yang Meninggal Usia 20-an, Karyanya Abadi!potret Ryan Hidayat (instagram.com/ryanhidayatofficial)

Ryan Hidayat adalah seorang aktor yang telah membintangi beberapa film di tanah air. Film pertamanya berjudul Anna Maria yang dirilis pada tahun 1979. Namanya semakin melambung saat ia membintangi film yang diadaptasi dari novel karya penulis Hilman Hariwijaya, Lupus I: Kejarlah Daku Kau Kujitak pada tahun 1987. Dalam film itu, ia berperan sebagai Lupus.

Selain bermain film, pria yang pernah dekat dengan mendiang Nike Ardilla ini juga mencoba peruntungannya di dunia tarik suara dengan merilis beberapa buah lagu. Salah satunya adalah 'Ketulusan Hati' yang dijadikan soundtrack film Anak-anak Gass - Elegi Buat Nana.

Karirnya di dunia hiburan terhenti saat ia meninggal pada tanggal 8 Februari 1997. Film Kuldesak menjadi film terakhir bagi aktor kelahiran 11 September 1970 ini karena dirilis sebelum sang aktor meninggal dunia. Ryan Hidayat meninggal pada usia 27 tahun. 

3. Alda Risma

5 Seleb Indonesia yang Meninggal Usia 20-an, Karyanya Abadi!potret Alda Risma (dok. youtube.com/GP Musikpedia)

Tanggal 12 Desember 2006 menjadi kabar duka bagi dunia hiburan kala itu. Alda Risma, penyanyi yang populer dengan lagu 'Aku Tak Biasa' meninggal dunia di usianya yang masih menginjak 24 tahun.

Penyanyi kelahiran Bogor ini meninggal dunia di kamar 432 Hotel Grand Menteng, Jakarta Pusat setelah mengonsumsi psikotropika dalam dosis tinggi. Saat itu, penyanyi ini sedang bersama Ferry Surya Prakasa. Setelah kematian Alda Risma, Ferry Surya Prakasa dijatuhi hukuman 14 tahun penjara.

Baca Juga: 14 Orangtua Artis yang Meninggal Dunia Semasa Pandemik COVID-19

4. Dylan Sahara

5 Seleb Indonesia yang Meninggal Usia 20-an, Karyanya Abadi!potret Dylan Sahara (instagram.com/dylan_sahara)

Masih ingat tragedi Tsunami Selat Sunda yang menimpa grup band Seventeen saat manggung di Pantai Tanjung Lesung? Tragedi tersebut telah menewaskan tiga personil Seventeen, yaitu Bani (bassist), Herman (gitaris), dan Andi (drummer). Selain para personil Seventeen, tragedi ini juga menewaskan Oki Wijaya (road manager), Ujang (crew), dan Dylan Sahara.

Dylan Sahara merupakan istri dari sang vokalis Seventeen, Riefian Fajarsyah atau Ifan. Ia juga dikenal sebagai model dan pemain sinetron. Ia meninggal dunia pada tanggal 22 Desember 2018 pada usia 26 tahun.

5. Ronny Setiawan

5 Seleb Indonesia yang Meninggal Usia 20-an, Karyanya Abadi!Ronny Setiawan dalam video klip Element (dok. youtube.com/Chickenatr)

Ronny Setiawan pada awalnya dikenal sebagai model dan pemain sinetron. Pada tahun 1999, ia bergabung dengan grup musik Element. Bersama Element, ia merilis album pertamanya yang berjudul Hanyalah Cinta. Setelah perilisan album itu, Ronny menyatakan mundur dari grup band yang telah membesarkan namanya.

Ia kemudian melanjutkan karirnya sebagai model dan pemain sinetron. Namun pada tanggal 5 September 2001, ia menghembuskan nafasnya yang terakhir akibat dari penyakit yang dideritanya. Ia meninggal pada usia 26 tahun.

Meninggalnya mereka menunjukkan bahwa tidak hanya orang yang telah berusia lanjut saja yang mengalami, namun juga orang-orang yang masih berusia muda. Namun, apa yang sudah mereka tinggalkan di Bumi ini berupa karya, tetap menjadi abadi di mata penggemar. 

Baca Juga: 10 Artis Indonesia Meninggal Dunia di Tahun 2021, Ada Koes Hendratmo

Nurrahman Fadholi Photo Verified Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya