Comscore Tracker

BTS Sapu Bersih Trofi Daesang dan Daftar Pemenang MAMA 2020

Ada Rizky Febian dan Tiara Andini juga! #WaktunyaKorea

Acara penghargaan bergengsi bagi para musisi di seluruh Asia, Mnet Asian Music Awards (MAMA) baru saja dilaksanakan pada Minggu kemarin, 6 Desember 2020 dengan menggandeng Song Joong Ki sebagai pembawa acara.

Karena adanya pandemik COVID-19, maka acara yang biasanya dirayakan secara meriah dan dihadiri oleh musisi dari seluruh Asia ini hanya dihadiri oleh pembawa acara serta diwakilkan oleh beberapa musisi yang berdomisili di Korea Selatan dengan tentunya mengutamakan protokol kesehatan dan disiarkan secara langsung di seluruh dunia.

Lalu, siapa saja musisi Asia yang berhasil meraih penghargaan MAMA 2020 tahun ini?

1. Daesang Awards, Best Male Group, Best Dance Performance-Male Group, Best Music Video, Worldwide Fans' Choice Top 10 diraih oleh BTS

https://www.youtube.com/embed/gdZLi9oWNZg

Kualitas dan kepopuleran Bangtan Boys memang tidak perlu diragukan lagi. Selama 2 tahun berturut-turut, boyband yang beranggotakan 7 orang ini berhasil menyabet semua kategori Daesang Awards yang terdiri atas Artist of The Year, Album of The Year ("Map of the Soul: 7"), Song of The Year ("Dynamite"), dan Worldwide Icon of The Year.

Seakan belum cukup, BTS juga menyabet 4 penghargaan lainnya. Mulai dari Best Male Group, Best Dance Performance-Male Group, dan Best Music Video untuk video klip lagu mereka yang berjudul "Dynamite", serta Worldwide Fans' Choice Top 10. Di platform YouTube sendiri, video klip "Dynamite" ini sudah ditonton lebih dari 665 juta kali!

Mana suaranya ARMY?

2. Best Female Group, Best Dance Performance-Female Group, Worldwide Fans' Choice Top 10 diperoleh BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/ioNng23DkIM

BLACKPINK yang baru saja merilis film dokumenter mereka yang berjudul BLACKPINK: Light Up The Sky pada Oktober lalu dan melakukan kolaborasi dengan Selena Gomez dengan lagu berjudul "Ice Cream" di tahun ini, berhasil menyabet 3 penghargaan. Di antaranya adalah Best Female Group, Best Dance Performance-Female Group untuk lagu mereka berjudul "How You Like That", dan Worldwide Fans' Choice Top 10.

Video klip "How You Like That" sendiri telah ditonton lebih dari 647 juta kali di platform YouTube! Tidak heran bila girlband yang beranggotakan Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa ini menjadi salah satu girlband Korea tersukses di tahun ini.

BLINK happy banget nih!

3. Best Male Artist diraih oleh Baekhyun EXO

https://www.youtube.com/embed/MtzLQJr-ddE

Leader dari SuperM sekaligus member EXO ini memang dikenal memiliki suara yang sangat merdu sehingga beberapa lagunya, seperti "My Love" dan "On the Road" dijadikan sebagai soundtrack dari drama Dr. Romantic 2 dan Hyena.

Meski EXO tidak berpartisipasi dalam ajang MAMA 2020 tahun ini, namun dalam kariernya sebagai penyanyi solo, Baekhyun berhasil memperoleh penghargaan sebagai Best Male Artist dan turut membawa harum nama EXO.

EXO-L tetap semangat ya!

4. Best Female Artist, Best Collaboration, Best Vocal Performance – Solo dibawa pulang oleh IU

https://www.youtube.com/embed/TgOu00Mf3kI

Penyanyi yang tidak hanya dikenal karena memiliki paras serta suara yang indah, namun IU juga dikenal karena kepiawaiannya dalam bermain musik dan menciptakan lagu.

Di tahun ini, IU berhasil memperoleh penghargaan Best Female Artist, Best Vocal Performance–Solo untuk lagunya yang berjudul "Blueming", dan Best Collaboration dengan Suga BTS untuk lagu mereka yang berjudul "eight" yang juga turut diproduksi oleh Suga.

Konsep video klip yang menggabungkan animasi dan kehidupan nyata ini memiliki makna mendalam tentang memori bahagia di masa lalu bersama seseorang yang dicintai dan berharap kenangan indah ini tidak berakhir seandainya ini adalah mimpi buruk sekalipun.

Dalam banget maknanya!

Baca Juga: NCT hingga BTS, 19 Potret Keren Idol KPop di Red Carpet MAMA 2020

5. Favorite Male Group, Worldwide Fans' Choice Top 10: NCT

https://www.youtube.com/embed/prSHJBqCTac

Boyband yang pada awal debutnya di tahun 2016 sudah beranggotakan 16 member dan kini telah menjadi 23 member serta memiliki 4 sub-unit, yaitu NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan WayV serta beberapa anggotanya yang juga turut tergabung dalam SuperM ini berhasil menyabet 2 penghargaan sekaligus dalam ajang MAMA 2020.

Dengan penghargaan yang mereka peroleh sebagai Favourite Male Group dan Worldwide Fans' Choice Top 10, NCT turut hadir dengan mengenakan masker saat menerima penghargaan dan mengucapkan terima kasih mereka kepada para fans yang senantiasa mendukung NCT.

Masing-masing sub-unit NCT juga turut tampil dalam MAMA 2020 dengan membawakan lagu mereka, seperti "Resonance" (NCT), "Kick It"(NCT 127), "From Home"(NCT U), "Ridin' "(NCT Dream), dan "Turn Back Time"(WayV). 

Kamu ikutan nonton gak kemarin?

6. Favorite Female Group: IZ*ONE

https://www.youtube.com/embed/FGVJhCH0iNg

Girlband yang merupakan bentukan dari acara survival Produce 48 yang terdiri atas 3 member yang berasal dari Jepang dan 9 member dari Korea Selatan ini berhasil menjaga eksistensinya di tengah-tengah ketatnya persaingan industri hiburan Kpop saat ini.

Setelah tahun 2018 sempat menyabet penghargaan Best New Female Artist dan New Asian Artist dan di tahun 2019 tidak memperoleh penghargaan di MAMA 2019. Akhirnya di tahun ini, IZ*ONE berhasil menyabet penghargaan Favorite Female Group dalam MAMA 2020!

Ini pasti karena dukungan WIZ*ONE yang pantang menyerah untuk membuat keajaiban bersama IZ*ONE, nih!

7. The Most Popular Artist, Worldwide Fans' Choice Top 10: TWICE

https://www.youtube.com/embed/z3FHbvMIkSA

Hadir dalam formasi lengkapnya di MAMA 2020, TWICE berhasil membuat ONCE (sebutan penggemar TWICE) bangga dengan berhasil memperoleh 2 penghargaan sekaligus yaitu The Most Popular Artist dan Worldwide Fans' Choice Top 10.

Tidak hanya itu, TWICE yang selalu tampil memukau dalam setiap penampilan mereka juga tampil menakjubkan dengan membawakan 3 lagu mereka yang berjudul "More & More", "I Can't Stop Me", dan "Cry for Me".

TWICE keren banget!

8. Best Asian Artist Indonesia: Rizky Febian

https://www.youtube.com/embed/-Bfdaz5DOOQ

Banyak yang mengira bahwa Rizky Febian baru melakukan debutnya pada tahun 2015 melalui lagu "Kesempurnaan Cinta", padahal sebetulnya Rizky telah memulai debutnya lebih awal di tahun 2011 saat baru berusia 13 tahun dengan menyanyikan lagu berjudul "Papa Telepon" berduet dengan Sule, ayahnya.

Penyanyi bersuara merdu yang juga cakap menulis lagu ini berhasil memperoleh penghargaan sebagai Best Asian Artist-Indonesia dalam MAMA 2020 tahun ini atas karya lagunya yang berjudul "Melawan Demi Dunia".

Ditunggu karya-karya selanjutnya ya, Kak Rizky.

9. Best New Asian Artist Indonesia: Tiara Andini

https://www.youtube.com/embed/UpQ-M_aLnOs

Tiara yang memulai karir debut sebagai penyanyinya melalui ajang pencarian bakat Indonesian Idol Season 10 dan berhasil menjadi runner-up dalam kompetisi tersebut berhasil mencuri perhatian seluruh masyarakat Indonesia melalui suaranya yang merdu dan wajah yang rupawan.

Di penghujung tahun 2020, Tiara juga mulai menapaki karier sebagai presenter ini juga berhasil mencuri perhatian acara bergengsi MAMA 2020 dan memperoleh penghargaan sebagai Best New Asian Artist Indonesia.

Semangat terus Tiara!

10. Best Composer of The Year: Yovie Widianto

https://www.youtube.com/embed/bxEmsKYADl8

Produser musik, komposer, penulis lagu, penyanyi kawakan Yovie Widianto yang telah berkiprah di industri musik lebih dari 30 tahun ini adalah salah satu maestro musik Indonesia yang masih terus menciptakan karya-karya lagu yang bikin baper dan disukai oleh semua kalangan, khususnya kalangan millenials di jaman ini.

Pada ajang bergengsi MAMA 2020, Yovie Widianto berhasil memperoleh penghargaan sebagai Best Composer of The Year atas karya lagunya "Maafkan Aku" yang dinyanyikan oleh Tiara Andini.

Tidak heran bila Yovie Widianto berhasil memperoleh penghargaan bergengsi ini karena ternyata di tahun 1991 lalu, beliau juga pernah memperoleh penghargaan yang sama sebagai The Best Composer dalam Young Star International Festival di Taipei.

Om Yovie Widianto memang the best, deh!

Rasanya bangga banget di MAMA 2020 tahun ini, ada 3 musisi berbakat asal Indonesia yang turut memperoleh penghargaan. Semoga di tahun depan, akan ada lebih banyak lagi musisi Indonesia yang mendunia serta memperoleh penghargaan dari acara penghargaan internasional lainnya seperti Mnet Asian Music Awards.

Semoga di tahun depan pandemik ini sudah berakhir supaya semua musisi yang diundang bisa hadir dan mempertunjukkan karya mereka secara langsung, Amin!

Baca Juga: Menang MAMA 2020, Intip 9 Potret Keren Rizky Febian di Atas Panggung

Debora Hana Maria Rachelina Photo Verified Writer Debora Hana Maria Rachelina

Make your life more beautiful with always thankful to God for everything that you have ^^ My instagram @auwrbora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya