Comscore Tracker

7 Aktor KDrama yang Sukses Bikin Penonton Kena Second Lead Syndrome

#WaktunyaKorea Pesonanya gak kalah dari main lead

Para pecinta drama Korea pasti paham dengan istilah second lead syndrome. Gak cuma paham, beberapa malah kerap mengalami kondisi ini ketika menonton serial drama kesayangannya. Hal ini gak lepas dari fakta bahwa tokoh yang mereka sukai ternyata bukan pemeran utama dan berakhir dengan patah hati.

Alhasil, para penggemar jadi terpecah belah antara kubu main lead dan second lead. Selain alur cerita, kepiawaian aktor yang jadi second lead pun sebenarnya patut diacungi jempol. Mereka mampu membawakan karakter dengan baik hingga mencuri perhatian para pecinta drama.

Bikin penonton baper saat jadi second lead, berikut beberapa aktor yang dijuluki sebagai pemicu second lead syndrome di kalangan pecinta KDrama. 

1. Yook Sung Jae - Gong Tae Kwang (Who Are You: School 2015)

7 Aktor KDrama yang Sukses Bikin Penonton Kena Second Lead SyndromeYook Sung Jae di School 2015 (Dok. KBS2 via soompi.com)

Drama School series memang selalu punya cerita tersendiri dan pastinya tetap memikat. Seperti Who Are You: School 2015, ada isu perundungan yang ikut diangkat sebagai tema utamanya. Namun, bumbu cinta segitiga di antara tiga pemeran utamanya, Kim So Hyun, Nam Joo Hyuk serta Yook Sung Jae, juga gak kalah mencuri perhatian, lho. 

Lee Eun Bi dan Ko Eun Byeol (Kim So Hyun) merupakan saudara kembar yang terpisah. Eun Byeol yang jadi korban bullying sempat mencoba bunuh diri hingga akhirnya bertukar peran dengan Eun Bi. Kisah persahabatan jadi cinta dengan Han Yi An (Nam Joo Hyuk) pun jadi romansa yang menarik, lho. Namun, sikap manis dan ingin melindungi dari Gong Tae Kwang (Yook Sung Jae) gak kalah membekas di hati penonton. 

2. Choi Siwon - Kim Shin Hyuk (She Was Pretty)

7 Aktor KDrama yang Sukses Bikin Penonton Kena Second Lead SyndromeChoi Siwon di She Was Pretty (Dok. MBC via soompi.com)

Aktor populer sekelas Siwon jadi second lead? Ada di serial drama She Was Pretty (2015) yang juga dibintangi oleh Hwang Jung Eum dan Park Seo Joon sebagai pemeran utamanya. Urusan chemisty antara Park Seo Joon dan Hwang Jung Eum sudah gak perlu diragukan lagi, pasti romantis. Namun, akting Siwon juga gak kalah menarik. 

Jadi second lead, bisa dibilang karakter yang diperankan Siwon, Kim Shin Hyuk, berbeda dari kebanyakan. Shin Hyuk adalah sosok yang ceria dan gak jarang agak konyol. Meski menaruh hati pada Kim Hye Jin yang telah menyukai Ji Sung Jun, tapi Shin Hyuk gak pernah memaksakan perasaannya dan justru berusaha selalu ada untuk mendukung Hye Jin. Duh, jadi sad boy, deh. 

3. Ryu Jun Yeol - Kim Jung Hwan (Reply 1988)

7 Aktor KDrama yang Sukses Bikin Penonton Kena Second Lead SyndromeRyu Jun Yeol di Reply 1989 (Dok. tvN via inikpop.com)

Jadi drama yang cukup populer di kalangan pecinta KDrama, Reply 1988 (2015) bercerita tentang kisah persahabatan lima remaja yang bertetangga. Kental dengan tema persahabatan, cerita dalam drama ini makin menarik dengan bumbu-bumbu cinta segitiga di antara Doek Sun (Hyeri), Choi Taek (Park Bo Gum) dan Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol).

Meski male lead dalam serial drama ini adalah Choi Taek, tapi karakter Kim Jung Hwan juga gak kalah mencuri perhatian. Sifatnya yang dingin tapi juga selalu perhatian pada Deok Sun sukses bikin penonton terpecah belah. Bahkan banyak yang berharap kalau cinta Deok Sun bisa berlabuh untuk Jung Hwan. 

Baca Juga: 10 Adu Peran Lee Do Hyun di Drama 'Sweet Home' dan 'Youth of May'

4. Jung Hae In - Han Woo Tak (While You Were Sleeping)

Para penggemar Bae Suzy dan Lee Jong Suk pasti pernah nonton While You Were Sleeping (2017), dong? Namun, bukan hanya kedua aktor dan aktris pemeran utama saja yang jadi fokus perhatian penonton, nih. Ada juga Jung Hae In yang memerankan tokoh Han Woo Tak, polisi baik hati yang selalu siap membantu Nam Hong Joo (Bae Suzy).

Alhasil, euforia second lead syndrome dalam drama ini pun sempat hangat diperbincangkan oleh publik. Bukan hanya sikap baik hati Woo Tak, tapi juga karena penonton paham perasaan cinta tersembunyi untuk Hong Joo lewat sikap hangat dan penuh kasihnya.

5. Lee Jae Wook - Baek Kyung (Extraordinary You)

7 Aktor KDrama yang Sukses Bikin Penonton Kena Second Lead SyndromeLee Jae Wook di Extraordinary You (instagram.com/krordinaryyou)

Second lead kesayangan penonton selanjutnya datang dari serial drama Extraordinary You (2019). Dibintangi Rowoon sebagai Ha Ru dan Kim Hye Yoon sebagai Eun Dan Oh, Lee Jae Wook pun didapuk jadi Baek Kyung tunangan Dan Oh yang tampak arogan dan agak menyebalkan. 

Meski sekilas tak punya perasaan pada Dan Oh dan kerap bersikap dingin, tapi sebenarnya Baek Kyung diam-diam jadi sosok yang penuh perhatian. Baek Kyung hanya gak menunjukkan secara gamblang perasaannya untuk Dan Oh. Pesona second lead semacam ini, nih, yang pada akhirnya bikin penonton gemas dan jatuh hati. 

6. Kim Seon Ho - Han Ji Pyeong (Start Up)  

7 Aktor KDrama yang Sukses Bikin Penonton Kena Second Lead SyndromeKim Seon Ho di Start-Up (instagram.com/tvn_startup)

Dramanya hits, pemeran prianya sukses jadi pemecah belah bangsa. Apa lagi kalau bukan Start-Up (2020). Meski banyak yang nge-ship Seo Dal Mi (Bae Suzy) dengan Nam Do San (Nam Joo Hyuk), tapi banyak juga yang kemudian jatuh hati dengan sosok Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho). Sosoknya yang tegas tapi diam-diam rapuh ternyata makin bikin penonton luluh dan bersimpati.

Alhasil, banyak pula penonton yang menginginkan akhir bahagia untuk Han Ji Pyeong bersama Dal Mi. Gak heran kalau sepanjang penayangan drama ini akhirnya ada dua kubu yang saling berseberangan, kubu Nam Do San dan kubu Han Ji Pyeong. Kalau kamu, tim siapa, nih?

7. Na In Woo - Kim Byeong In (Mr. Queen) 

7 Aktor KDrama yang Sukses Bikin Penonton Kena Second Lead SyndromeNa In Woo di Mr. Queen (instagram.com/10042n00)

Semakin menambah daftar second lead yang berujung jadi sad boy, nama Na In Woo muncul sebagai sosok yang penuh pengorbanan di Mr. Queen (2020). Dalam drama ini Na In Woo memerankan tokoh Kim Byeong In yang jatuh cinta pada Kim So Yong (Shin Hye Sun).

Bahkan saat So Yong sudah menjadi istri Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun), kasih sayang Byeong In gak pernah pudar. Byeong In juga sempat bersaing dengan Cheoljong demi membela So Yong. Berakhir tragis, Byeong In sampai rela bertaruh nyawa demi melindungi So Yong. 

Itulah tadi ketujuh second lead yang sukses bikin penonton terjebak second lead syndrome. Siapa, nih, aktor favoritmu? 

Baca Juga: 5 Aktor Terkenal yang Pernah Jadi Lawan Main Wan Peng di CDrama

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya