Comscore Tracker

Segera Tayang, 5 Fakta Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Superhero Asia pertama di MCU #IDNTimesHype

Film yang ditunggu-tunggu pencinta Marvel, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, akhirnya siap tayang pada 3 September mendatang. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings merupakan film Marvel pertama yang menghadirkan superhero Asia sebagai tokoh utama. 

Sambil menunggu tanggal rilisnya, mari simak cerita para pemain Shang-Chi, yakni Simu Liu, Awkfina, Zhang Meng'er, dan Ben Kingsley. Selain itu ada juga Produser Shang-Chi, Kevin Feige dan Jonathan Schwartz dan sutradara Shang-Chi, Destin Daniel Cretton dalam konferensi pers global Shang-Chi berikut ini. 

1. Dibalik pencarian pemeran Shang-Chi

Segera Tayang, 5 Fakta Shang-Chi and the Legend of the Ten RingsSimu Liu sebagai Shang-Chi (dok. Marvel Studios)

Menurut Jonathan Schwartz, salah satu produser Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, menemukan pemeran Shang-Chi tidaklah mudah. Hal tersebut dikarenakan film ini diangkat dari komik Marvel pada 1970-an sehingga ia dan tim harus mencari pemeran yang tepat agar disukai penonton. 

"Karakter Shang-Chi di komik tidak akan terasa relate dengan audiens baik yang berasal dari Asia dan Amerika atau audiens secara global karena Shang-Chi sangat eksotis,” ujarnya. 

Jonathan juga berkata bahwa karakter Shang-Chi aslinya dapat berbicara dengan bijak seperti seorang Zen Koan. Namun, ia ingin membuat karakter Shang-Chi seperti orang Asia pada umumnya yang biasanya kita lihat sehari-hari. 

Menurut Simu Liu, ia diberikan kesempatan untuk membaca naskah sebagai pemeran Shang-Chi dan dirinya merasa terharu. 

"Saya menangis karena hubungan Shang-Chi dengan karakter lain dan keluarganya sangatlah dekat. Saya sadar bahwa film ini merupakan film keluarga. Saya menangis karena kita melihat superhero Asia berperan sebagai superhero dan menyelamatkan dunia. Hal tersebut merupakan momen yang sangat mendalam bagi saya sebagai seorang penggemar, aktor, dan juga orang Asia. Sangat luar biasa," ujar Simu Liu. 

2. Superhero Asia pertama di Marvel Cinematic Universe

Segera Tayang, 5 Fakta Shang-Chi and the Legend of the Ten RingsShang-Chi and the Legend of Ten Rings (dok. Marvel Studios)

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings bercerita mengenai Shang-Chi (Simu Liu), pria yang tinggal di San Fransisco dan bekerja sebagai penjaga parkir valet. Suatu ketika, sekelompok pembunuh mengambil liontin Shang-Chi yang diberikan ibunya ketika ia masih kecil. Kemudian, Shang-Chi dan sahabatnya, Katy (Awkwafina) meninggalkan kehidupan mereka dan pergi ke Makau. Mereka pergi ke sana untuk memperingatkan saudara perempuan Shang-Chi, Xialing (Meng'er Zhang) bahwa akan ada bahaya datang. 

Shang-Chi harus menghadapi masa lalu yang telah ia tinggalkan, saat ia masuk ke dalam jaringan organisasi sepuluh cincin misterius yang dipimpin oleh ayahnya. Shang-Chi menyadari bahwa ia harus menghentikan ayahnya dan komplotan rahasia sepuluh cincinnya.

3. Menunjukan seni bela diri

Segera Tayang, 5 Fakta Shang-Chi and the Legend of the Ten RingsShang-Chi and the Legend of Ten Rings (dok. Marvel Studios)

Sama seperti film Marvel Studios lainnya, yakni Captain America: Winter Soldier dan Guardians of the Galaxy, film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings juga memperlihatkan indahnya seni bela diri.

"Mengambarkan seni bela diri dalam suatu film dapat membawa film tersebut berbeda dengan film lainnya. Hal ini juga dapat memberikan gambaran yang berbeda dari film-film Marvel sebelumnya yang pernah ada. Namun, film ini masih sama seperti yang penonton harapkan dari film Marvel," ujar Jonathan Schwartz.

Ia menambahkan bahwa Shang-Chi akan hadir dengan perspektif yang baru dan unik. Para pemainnya pun juga akan terasa dekat bagi penonton dunia. 

"Menurut saya, sangat jarang ada film yang dapat menggambarkan adegan pertarungan dengan indah dan emosional. Kata-kata tersebut mendeskripsikan hampir semua adegan pertarungan di Shang-Chi," ujar Destin Daniel Cretton, sutradara Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings

Baca Juga: 10 Potret Kedekatan Pemain Shang-Chi di Balik Layar, Akrab Banget!

4. Diperankan oleh aktor dan aktris hebat

Segera Tayang, 5 Fakta Shang-Chi and the Legend of the Ten RingsShang-Chi and the Legend of Ten Rings cast (dok. Marvel Studios)

Tim kreatif Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings mengumpulkan nama-nama utama dalam film Marvel. Sebagai besar dari mereka adalah keturunan Asia atau orang Asia asli.

Destin Daniel Cretton mengatakan bahwa pemain di film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings sebagian besar memiliki wajah Asia yang dapat mewakili baik budaya Amerika maupun budaya Tiongkok. 

“Melihat karakter Asia ini menjalani kehidupan merupakan hal yang saya dan teman-teman saya belum pernah lihat sebelumnya," ujarnya.

Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings diperankan oleh aktor dan aktris ternama, seperti Simu Liu, Awkwafina, Meng'er Zhang, Michelle Yeoh, Tony Leung, Fala Chen, Ben Kingsley, Ronny Chieng, dan masih banyak lagi. 

5. Proses syuting yang tidak akan pernah dilupakan

Segera Tayang, 5 Fakta Shang-Chi and the Legend of the Ten RingsShang-Chi and the Legend of Ten Rings (dok. Marvel Studios)

Awkwafina mengatakan bahwa dirinya harus belajar memahan dan drifting demi perannya sebagai Katy di film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings. Hal tersebut terlihat pada trailer film Shang-Chi di mana ia berada di situasi kejar-kejaran dan menunjukkan kemampuan drifting-nya. 

Selain itu, dirinya juga mengalami terkilir pada bagian leher saat menjalani proses syuting Shang-Chi. "Saya terjatuh dan leher saya sepertinya sedikit terlikir," ujarnya. 

Awkwafina menambahkan bahwa sejak awal dirinya tidak diberikan beban dengan menggunakan fisik untuk menjalani syuting. Namun, dirinya sempat kaget karena mendapatkan beberapa adegan yang menggunakan fisik. 

Itu tadi adalah lima fakta film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Jangan lupa saksikan Shang-Chi tanggal 3 September mendatang, ya!

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya