Comscore Tracker

6 Rekomendasi Anime Garapan Tatsuya Ishihara, Ada Clannad!

Anime karya Kyoto Animation semua, lho

Pada 12 Juli 1985 di Kyoto, Jepang, pasangan suami istri Hideaki Hatta dan Yoko Hatta mendirikan sebuah studio anime yang dinamakan Kyoto Animation. Hampir 40 tahun kemudian, Kyoto Animation atau KyoAni telah menjadi salah satu studio anime ternama dan tersukses dengan merilis karya-karya brilian secara konsisten.

Di balik kesuksesan KyoAni, tentunya ada segudang tokoh yang berkontribusi besar, salah satunya Tatsuya Ishihara. Telah berkarya bersama KyoAni selama lebih dari tiga dekade, Ishihara adalah salah satu sutradara kawakan terdepan di industri anime. Berikut adalah enam rekomendasi anime garapan Tatsuya Ishihara yang wajib kamu tonton.

1. Clannad (2007)

https://www.youtube.com/embed/9ZseZTshl2k

Setelah mengadaptasi video game Kanon dan Air menjadi anime, KyoAni kembali mengangkat game karya Key untuk dijadikan anime, kali ini Clannad. KyoAni juga memercayai sutradara anime Kanon dan Air, Tatsuya Ishihara, untuk menggarap anime Clannad. Ishihara bahkan juga menyutradarai sekuel Clannad, yakni Clannad: After Story.

Merupakan siswa bandel, Tomoya Okazaki sama sekali tak punya tujuan hidup. Suatu hari, ia bertemu Nagisa Furukawa, siswi pendiam yang ingin mendirikan kembali klub drama sekolah. Merasa tak ada kerjaan lain, Tomoya lantas setuju untuk membantu Nagisa. Ia lantas dibantu oleh empat gadis lain yang juga punya masalah masing-masing.

2. The Melancholy of Haruhi Suzumiya (2006-2009)

https://www.youtube.com/embed/VHsABMVtBDk

Diadaptasi dari serial novel berjudul Haruhi Suzumiya karangan Nagaru Tanigawa, anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya diproduksi KyoAni dan disutradarai Tatsuya Ishihara. Memiliki dua musim, anime ini bahkan memiliki sekuel berupa film layar lebar bertajuk The Disappearance of Haruhi Suzumiya dengan Ishihara kembali duduk di kursi sutradara.

Kyon adalah siswa yang santai dan pemalas. Suatu hari, teman sekelasnya, Haruhi Suzumiya mengajaknya dengan Yuki Nagato, Mikuru Asahina, dan Itsuki Koizumi untuk mendirikan klub bernama SOS Brigade yang menyelidiki fenomena supernatural. Namun, Kyon perlahan menguak rahasia terkait identitas asli Suzumiya, Yuki, Mikuru, Itsuki.

3. Love, Chunibyo & Other Delusions! (2012)

https://www.youtube.com/embed/USgrD2Dqsa0

Sama seperti Haruhi Suzumiya, KyoAni dan Ishihara kembali mengadaptasi novel menjadi anime. Adaptasi serial anime dari Love, Chunibyo & Other Delusions! karya Nozomi Ōsaka dirilis pada 2012. Sukses besar, anime ini lantas mendapat sekuel berupa musim kedua dan film layar lebar. Tak hanya itu, Ishihara juga menggarap beberapa proyek spin-off Chunibyo.

Malu akan masa lalunya sebagai chuunibyou, siswa Yuuta Togashi mengasingkan diri dari teman SMA-nya. Namun, semuanya berubah setelah siswi baru bernama Rikka Takanashi pindah ke kelas Yuuta. Merupakan seorang chuunibyou, Rikka langsung mendekati Yuuta sebab ia tahu masa lalunya. Petualangan mereka berdua di SMA lantas dimulai.

Baca Juga: 5 Anime Terbaik Karya Kyoto Animation, Ada The Silent Voice!

4. Nichijou (2011)

https://www.youtube.com/embed/3bMAMumxt6Q

Setelah selesai dengan proyek anime Haruhi Suzumiya, KyoAni langsung memberi Tatsuya Ishihara proyek selanjutnya. Proyek yang dimaksud adalah mengadaptasi manga Nichijou karya Keiichi Arawi menjadi anime. Tak hanya itu, Ishihara juga menggarap OVA (Original Video Animation) prekuel Nichijou yang bertajuk Nichijou Episode 0.

Nichijou menggambarkan kehidupan sehari-hari tiga sahabat masa kecil bernama Yuuko Aioi, Mio Naganohara, dan Mai Minakami. Mereka kerap bergaul dengan si jenius Hakase Shinonome, robot Nano, dan kucing yang bisa ngomong bernama Sakamoto. Bersama, kehidupan mereka dipenuhi dengan momen dan pengalaman yang konyol dan kocak.

5. Sound! Euphonium (2015)

https://www.youtube.com/embed/KxowSlinlb0

Diangkat dari serial novel berjudul serupa milik Ayano Takeda, anime Sound! Euphonium diproduksi oleh KyoAni pada 2015. Untuk Sound! Euphonium, KyoAni memasangkan Tatsuya Ishihara dengan Naoko Yamada, sutradara anime K-On! dan A Silent Voice. Mereka jugalah yang nantinya menyutradarai sekuel dan spin-off dari anime satu ini.

Klub band Kitauji High School dulunya sangat populer dan mampu bersaing di kompetisi tingkat nasional. Namun setelah ditinggal mentor mereka, klub band Kitauji kini mulai terpecah belah dan bahkan tak mampu ikut festival lokal. Dengan bantuan mentor baru, beberapa murid ambisius lantas berusaha untuk mengangkat klub mereka kembali.

6. Miss Kobayashi's Dragon Maid S (2021)

https://www.youtube.com/embed/hvoih3krbY4

Setelah diserang oleh seorang pembakar pada Juli 2019, KyoAni harus kehilangan beberapa figur penting, seperti Yasuhiro Takemoto. Mendiang Takemoto sendiri dikenal sebagai sutradara adaptasi anime Miss Kobayashi's Dragon Maid. Ishihara sebagai sutradara musim kedua lantas memiliki tanggung jawab besar untuk melanjutkan warisan Takemoto.

Dragon Maid S melanjutkan kisah Kobayashi dengan dua naga kesayangannya, Tooru dan Kamui. Suatu hari, sebuah longsor terjadi sebagai tanda kekuatan seekor naga. Rupanya naga pelaku longsor tersebut adalah Ilulu, seekor Chaos Dragon yang punya kekuatan menyaingi Tooru.

Telah berkecimpung di dunia animasi selama lebih dari 30 tahun, Tatsuya Ishihara tentunya kini tidak hanya menjadi figur penting untuk Kyoto Animation, tetapi juga untuk industri anime. Dari enam anime garapan Tatsuya Ishihara di atas, mana yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 7 Anime Terbaik Garapan WIT STUDIO, Ada SPY x FAMILY!

Rakha Alif Photo Verified Writer Rakha Alif

run like a chocobo and stab like a tonberry

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya