Comscore Tracker

Isi OST Film Suzume, 10 Lagu RADWIMPS yang Paling Populer di Spotify

Didominasi sejumlah lagu soundtrack film, lho!

Jika kamu penggemar anime, pasti kamu tahu band yang satu ini. Yaps! RADWIMPS adalah band beraliran rock yang berasal dari Kanagawa, Jepang. Dibentuk pada 2001, mereka sukses menembus pasar musik global pada 2016 berkat kontribusi mereka mengisi slot soundtrack untuk film anime bertajuk Your Name karya Makoto Shinkai.

Tiga tahun setelahnya, Shinkai mengajak RADWIMPS lagi untuk menyumbang musik untuk film Weathering with You. Hasilnya tentu saja RADWIMPS kembali meroket dan sukses memecah berbagai rekor di industri musik Jepang.

Pada 20 September lalu, RADWIMPS mengumumkan akan kerja bareng Makoto Shinkai lagi dalam film terbarunya, Suzume no Tojimari yang bakal rilis pada 11 November 2022. Sembari menunggu, mari kita mengenal RADWIMPS lebih jauh dengan mendengarkan sepuluh lagu terpopuler mereka di platform Spotify. Jangan lupa masukkan ke playlist, ya!

1. "Sparkle - movie ver" kukuh di singgasana posisi puncak dengan didengar 84 juta kali di Spotify

https://www.youtube.com/embed/-J9FuvPmMoI

Posisi puncak diduduki oleh lagu "Sparkle - movie ver." dari album Your Name. Sesuai tajuk albumnya, "Sparkle" ini adalah salah satu dari empat lagu tema dari film Your Name yang dirilis pada 2016.

Merupakan lagu favorit para fans, tak heran "Sparkle" menempati posisi pertama dalam lagu paling populer RADWIMPS di Spotify. Bahkan, MV dari "Sparkle" telah ditonton lebih dari 149 juta kali di YouTube.

2. Berasal dari album yang sama, "Zenzenzense - movie ver." mengekor "Sparkle - movie ver." dengan melampaui 79 juta kali pemutaran

https://www.youtube.com/embed/PDSkFeMVNFs

Sama dengan "Sparkle", "Zenzenzense" juga merupakan lagu tema dari Your Name. Merupakan salah satu dari dua lagu rock di Your Name, "Zenzenzense" dipasang saat montage Taki dan Mitsuha mulai sadar bahwa mereka bertukar tubuh.

Merupakan lagu alternative rock dengan nada yang uplifting, "Zenzenzense" merupakan lagu yang sangat populer tak hanya dari RADWIMPS, tetapi juga dari permusikan Jepang. Video klip "Zenzenzense" telah mencapai lebih dari 284 juta penayangan di YouTube dan menjadi MV RADWIMPS yang paling banyak ditonton.

3. Bereksperimen dengan genre EDM, RADWIMPS membuat single "NINGEN GOKKO" yang telah diputar tiga juta kali di Spotify

https://www.youtube.com/embed/Q-Mha5rJGKc

Baru dirilis pada 22 Juli lalu, tak heran masih sedikit orang yang sudah mendengar lagu ini. Merupakan theme song dari serial TBS yang bertajuk Ishiko and Haneo: You're Suing Me?", RADWIMPS bereksperimen dengan nuansa EDM di lagu ini.

Sementara itu, jumlah pemutaran MV "NINGEN GOKKO" di YouTube juga tak terpaut terlalu jauh daripada di Spotify. Sejak diluncurkan pada 19 Agustus, MV lagu ini telah dilihat 2,5 juta kali.

4. Merupakan theme song dari film The Last Ten Years, "Ms. Phenomenal" berada di posisi keempat dengan 11 juta kali pemutaran di Spotify

https://www.youtube.com/embed/W0C_VJqjtpw

Kalau "Sparkle" dan "Zenzenzense" merupakan soundtrack dari film anime, "Ms. Phenomenal" beda sendiri. Lagu ini adalah theme song dari film romansa drama bertajuk The Last Ten Years yang dirilis di Jepang pada 4 Maret 2022 lalu.

Mengandung lirik yang emosional, para fans menganggap "Ms. Phenomenal" adalah salah satu lagu tersedih yang pernah RADWIMPS buat. Telah ditonton 7,6 juta kali di YouTube, MV lagu ini juga video klip ketiga RADWIMPS yang menampilkan aktris Nana Komatsu setelah MV "Kimi to Hitsuji to Ao" dan "Sokkenai".

Baca Juga: 10 Fakta RADWIMPS, Kembali Isi OST Film Makoto Shinkai

5. Salah satu lagu favorit para fans, "Nandemonaiya - movie ver." duduk di peringkat kelima dengan meraih 76 juta pendengar

https://www.youtube.com/embed/n89SKAymNfA

Lagi-lagi soundtrack Your Name! Lagu "Nandemonaiya - movie ver." tak ketinggalan untuk menjadi salah satu lagu RADWIMPS paling populer di Spotify. Hal tersebut harusnya tak mengejutkan mengingat betapa banyak orang yang mencintai lagu ini.

Diputar saat ending, "Nandemonaiya" sangat populer di kalangan fans karena melodi dan liriknya benar-benar mendukung dan menambah nuansa haru untuk penutup film. Tak hanya di kalangan fans RADWIMPS dan Your Name, tetapi juga penikmat industri hiburan Jepang juga menikmati lagu ini.

6. Terpaut tak terlalu jauh, "Dream lantern" nyaman di posisi keenam dengan mencapai 71 juta pendengar di Spotify

https://www.youtube.com/embed/MtLHwqbE1eI

Dengan "Dream lantern" di posisi keenam, berarti semua theme songs Your Name termasuk dalam sepuluh lagu RADWIMPS paling populer di Spotify. "Dream lantern" sendiri diputar sebagai lagu opening.

Meski berdurasi pendek, "Dream lantern" tetap sangat populer. Hal itu karena Yojiro Noda dkk. berhasil mengemas lirik yang dapat menggambarkan tema filmnya ke dalam lagu yang hanya berdurasi dua menit itu.

7. Memiliki vibe yang menenangkan, "Sokkenai" yang telah diputar 26 juta kali bisa menjadi lagu pengantar tidurmu

https://www.youtube.com/embed/R1vmfVpINbk

Berasal dari album Anti Anti Generation, "Sokkenai" adalah lagu pertama yang bukan soundtrack sebuah film atau serial di daftar ini. Lirik lagu ini berkisah tentang seseorang yang capek dengan sikap dingin pasangannya.

Untuk video klipnya sendiri, "Sokkenai" adalah salah satu MV lagu RADWIMPS terpopuler di YouTube dengan 49 juta views sejak 18 November 2018. Sama seperti "Ms. Phenomenal" dan "Kimi to Hitsuji to Ao", video musik "Sokkenai" juga dibintangi oleh Nana Komatsu.

8. Mumpung masih di bulan September, lagu "September-san" yang telah didengar 18 juta kali bisa kamu masukkan ke playlist, nih!

https://www.youtube.com/embed/GNYdh5k2VDk

Mumpung masih bulan September, pas banget rekomendasi lagu RADWIMPS berjudul "September-san", nih. "September-san" sendiri merupakan track kedua dari album Radwimps 3: Mujintō ni Motte Ikiwasureta Ichimai.

Bermelodi dan berinstrumentasi simpel, "September-san" merupakan salah satu lagu yang amat disukai para fans. Bahkan, penyanyi Aimer mengaransemen ulang lagu ini dalam album Hoshino Kieta Yoruni.

9. Hasil kolaborasi dengan Toko Miura, lagu "Grand Escape" telah menarik 27 juta pasang telinga di Spotify

https://www.youtube.com/embed/saDmN2f3HI0

Kembali ke soundtrack film anime, kali ini dari Weathering with You. "Grand Escape" adalah salah satu dari lima lagu tema Weathering with You. Untuk lagu ini, RADWIMPS menggandeng penyanyi Toko Miura untuk turut menyumbang suara.

Memiliki melodi yang tepat dengan adegan klimaks film, "Grand Escape" secara instan menjadi lagu favorit para fans dari Weathering with You. Perpaduan antara suara Toko Miura dan Yojiro Noda di bagian chorus juga hal yang luar biasa dari lagu ini.

10. Terakhir ada "Seikai - 18Fes Version" yang telah meraih lebih dari 11 juta pemutaran

https://www.youtube.com/embed/rITmvWCM4DU

Terakhir, ada "Seikai - 18Fes Version". RADWIMPS menulis dan memproduksi lagu ini dan lagu "Banzai Sensho" untuk acara NHK 18Fes. Mengandung lirik yang menceritakan perpisahan dengan teman sekolah, lagu ini cocok buat sing along atau sekadar mengenang momen-momen indah saat sekolah dulu.

Akan kembali berkolaborasi dengan Makoto Shinkai di Suzume, RADWIMPS diprediksi akan meroket lagi mengingat dua kolaborasi terdahulu mereka sangat sukses. Bagaimana? Kamu excited enggak untuk bertemu RADWIMPS lagi di bioskop, nih?

Baca Juga: RADWIMPS Lagi-lagi Isi OST Film Makoto Shinkai, Suzume no Tojimari

Rakha Alif Photo Verified Writer Rakha Alif

run like a chocobo and stab like a tonberry

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya