Comscore Tracker

Resmi Bubar, Intip Perjalanan Band Naif di Industri Musik Indonesia

Kilas balik Band Naif sebelum bubar #IDNTimesHype

Teman-teman generasi 80an dan 90an pasti kenal dengan Band Naif. Band beranggotakan 4 orang ini muncul dengan gaya retro dan lagu-lagunya yang easy listening. Namun, saat ini ada kabar kurang baik datang dari mereka. Setelah beberapa bulan terakhir banyak yang mempertanyakan apakah band Naif akan bubar, dapat dipastikan 2 personel telah resmi sudah mengundurkan diri. 

Sang bassist, Mohammad Amil Husail Alhajri alias Emil, dan drummer Franki Indrasmoro Sumbodo atau Pepeng resmi sudah memutuskan untuk meninggalkan band Naif. Bersama hengkangnya 2 penggawa tersebut, dengan berat hati Naif telah resmi mengumumkan bahwa mereka telah bubar. Bagaimanapun juga, Band yang melejit lewat single 'Mobil Balap' ini telah menorehkan sejarah dalam dunia permusikan Indonesia. Yuk, kita sedikit kilas balik perjalanan Naif sebelum bubar!

 

1. Band Naif sudah berumur 26 tahun

Resmi Bubar, Intip Perjalanan Band Naif di Industri Musik IndonesiaNaif Band (Instagram.com/naifband)

Band Naif mulai dibentuk pada bulan Oktober 1995 dan beranggotakan 4 orang yaitu David, Pepeng, Emil dan Jarwo. Keempat personil Band Naif adalah mahasiswa dari Institut Kesenian Jakarta, jadi memang kemampuan mereka dalam menciptakan lagu sudah tidak diragukan lagi. Perjalanan Band Naif selama 26 tahun pasti sangat meninggalkan banyak memori dan kesan bagi kita. Apalagi Band Naif selalu membawakan lagu yang tak lekang oleh masa dengan tema cinta hingga kritik sosial. 

2. Naif tak pernah mengklaim sebagai band indie dan memiliki genre musik tertentu

Resmi Bubar, Intip Perjalanan Band Naif di Industri Musik IndonesiaNaif Band (Instagram.com/naifband/)

Meskipun pada akhirnya Band Naif masuk kategori band indie, ternyata mereka tak pernah mengklaim diri mereka sebagai band dengan aliran tertentu. Lagu-lagu yang dibawakan oleh Band Naif sebenarnya cukup pop dan nada yang sederhana namun tetap harmonis. Mereka juga sangat tidak suka mengotak-kotakkan musik, karena bagi mereka pada dasarnya semua jenis musik adalah sama. 

Baca Juga: Emil dan Pepeng Keluar dari Naif, 10 Kenangan Kekompakan Mereka

3. Lagu 'Posesif' salah satu single yang paling berani dan melejit

https://www.youtube.com/embed/AuFaOdaW_88

Siapa sih yang gak hafal dengan lirik “Mengapa Aku Begini”? Lagu Posesif adalah salah satu lagu mereka yang sangat populer, karena berani membawa konsep video klip tentang kehidupan transpuan yang diperankan oleh almarhum Avi. Lagu yang diciptakan tahun 2000 ini bahkan menembus ke dalam daftar 150 Lagu Indonesia Terpopuler Sepanjang Masa Versi Rolling Stone.

4. Pernah ditinggal personelnya

Resmi Bubar, Intip Perjalanan Band Naif di Industri Musik IndonesiaNaif Band (Instagram.com/naifband)

Ternyata Band Naif sebelumnya memiliki lima anggota, lho! Band Naif memiliki satu keyboardist bernama Chandra. Tahun 2003, Candra keluar karena ingin mengembangkan karier sesuai bidang akademiknya.

5. David, sang vocalist pernah demam panggung

https://www.youtube.com/embed/7rIg5L7mVZs

Percaya gak sih, David selaku vokalis pernah mengalami demam panggung? Hal ini diungkapkan oleh David melalui kanal Youtube Vincent and Desta, hingga dulu ia pernah dimarahi oleh Pepeng! Namun sekarang David sudah tidak demam panggung lagi, bahkan selalu tampil luwes saat membawakan lagu-lagunya. Wah, pasti bakalan kangen dengan momen ini yah!

Band Naif tentu sangat melegenda dengan lagu-lagunya yang tak lekang oleh waktu. Setelah resmi pamit dari industri musik tanah air, para penggemar setia Naif pasti akan merindukan karya musik dan penampilan mereka di panggung. Namun apapun keputusannya, Naif akan selalu menjadi band legendaris Indonesia yang memiliki tempat istimewa di hati para pendengar setianya. 

Baca Juga: Deretan Lagu Naif Era 2000an, Bikin Terngiang-ngiang Sampai Sekarang

Rayi H Photo Writer Rayi H

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya