Comscore Tracker

Mendukung Feminisme, Ini 5 Fakta Film 'Kim Ji-young: Born 1982'

Gong Yoo kembali beradu akting dengan Jung Yu-mi lho

Kim Ji-young: Born 1982 merupakan film keluarga yang menceritakan kehidupan pribadi dan keluarga seorang wanita bernama Kim Ji-young. Film dengan genre melankolis ini bercerita tentang Kim Ji-young yang dipaksa keluar dari pekerjaannya karena hamil. Setelah itu, Ia harus menjadi Ibu Rumah Tangga sepenuhnya.

Dalam film ini, Gong Yoo kembali beradu akting dengan aktris Jung Yu-mi. Gong Yoo sendiri memutuskan untuk kembali berakting setelah berhenti akting selama hampir tiga tahun. Sebelumnya, Gong Yoo telah berhasil berakting di beberapa drama dan film Korea yang populer seperti Train To Busan dan Goblin.

Bagaimana? Apakah kalian penasaran dengan film ini? Yuk, simak lima fakta film Kim Ji-young: Born 1982 yang diperankan oleh Gong Yoo dan Jung Yu-mi ini.

1. Adaptasi dari novel best seller

Mendukung Feminisme, Ini 5 Fakta Film 'Kim Ji-young: Born 1982'bestkoreanbooks.com

Kim Ji-young: Born 1982 merupakan adaptasi dari novel terlaris di Korea Selatan yang berjudul sama. Novel fiksi terlaris karya Cho Nam-joo ini sendiri diterbitkan pada 14 Oktober 2016 lalu. Sedangkan filmnya sendiri, dikabarkan akan tayang pada 23 Oktober 2019 mendatang. Selain itu, film ini juga sempat viral karena seorang politikus yang memberikan novel ini kepada Presiden Moon Jae-in sebagai hadiah.

2. Bertemakan kesehatan mental dan feminisme

Mendukung Feminisme, Ini 5 Fakta Film 'Kim Ji-young: Born 1982'soompi.com

Film Kim Ji-young: Born 1982 mengangkat isu kesehatan mental dan feminisme. Tak jauh beda dengan cerita di novelnya, film ini menceritakan seputar kehidupan pribadi Kim Ji-young. Ceritanya sendiri berawal dari Kim Ji-young yang bertingkah tidak seperti biasanya.

Usut punya usut, ternyata Kim menderita penyakit mental. Penyakit mentalnya ini diakibatkan oleh rentetan perilaku seksisme yang diterima Kim. Selain itu, lingkungan sekitar Kim yang masih berpegang teguh pada konsep patriarki membuat Kim semakin tertekan.

Baca Juga: 10 Pesona Jung Yu Mi, Istri Gong Yoo di film 'Kim Ji Young: Born 1982'

3. Mendapat penolakan keras dari sejumlah masyarakat Korea Selatan

Mendukung Feminisme, Ini 5 Fakta Film 'Kim Ji-young: Born 1982'soompi.com

Sama seperti novelnya, film Kim Ji-young: Born 1982 juga mendapat penolakan keras dari berbagai pihak. Pasalnya, film ini dinilai menjadi simbol perjuangan perempuan di tengah masyarakat Korea Selatan yang masih berpegang teguh pada konsep patriarki.

Para antifeminisme di Korea Selatan menilai film ini terlalu menyamaratakan bahwa kaum pria adalah kaum penindas. Padahal menurut mereka, kaum pria juga korban dari ketidaksetaraan gender seperti wajib militer yang hanya dibebankan kepada kaum pria saja.

4. Jung Yu-mi diserang oleh netizen di media sosialnya

Mendukung Feminisme, Ini 5 Fakta Film 'Kim Ji-young: Born 1982'dramacool.info

Sejak diumumkan menjadi pemeran utama dalam film ini, Jung Yu-mi menerima sejumlah serangan di media sosial. Serangan ini berupa komentar-komentar negatif yang ditulis oleh warganet di kolom komentar akun media sosial milik Jung Yu-mi.

Hal ini sendiri disebabkan oleh penolakan yang terjadi pada film ini. Akibatnya, artis-artis yang mendukung atau terlibat dalam film ini diserang oleh warganet.

5. Film ketiga Gong Yoo dan Jung Yu-mi

Mendukung Feminisme, Ini 5 Fakta Film 'Kim Ji-young: Born 1982'asiangrup.com

Ffilm ini menjadi penanda kembalinya Gong Yoo di dunia perfilman. Selain itu, film ini juga menjadi film ketiga yang diperankan oleh Gong Yoo dan Jung Yu-mi. Sebelumnya, mereka sudah beradu akting di film Silenced (2011) dan Train To Busan (2016).

Itulah fakta-fakta dari film Kim Ji-young: Born 1982. Bagaimana? Apakah kalian makin penasaran dengan film ini? Yuk, kita nantikan dan tonton film ini di bioskop-bioskop terdekat kalian saat sudah rilis di Indonesia.

Baca Juga: 7 Fakta Kim Ji Young: Born 1982, Film Baru Gong Yoo yang Patut Dinanti

Reza Firnanto Photo Verified Writer Reza Firnanto

Mahasiswa aktif prodi Akuntansi di Universitas Pekalongan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You